Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemungkinan Salah Diagnosis: Gejala Awal Infeksi Virus Corona Mirip Demam Berdarah

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi
|
Editor: Virdita Rizki Ratriani

KOMPAS.com - Sebuah laporan oleh para dokter yang berbasis di Singapura di The Lancet telah memperingatkan kemungkinan adanya kesalahan dalam diagnosis virus corona dengan demam berdarah lantaran kemiripan gejala di antara keduanya.  

Melansir South China Morning Post (11/3/2020), Singapura, Malaysia dan Filipina saat ini sedang menderita wabah penyakit demam berdarah dan virus corona yang baru.

Wabah demam berdarah dan Covid-19 yang terjadi bersamaan di Asia Tenggara akan menimbulkan tantangan bagi pihak berwenang dan petugas kesehatan untuk mengidentifikasi virus corona.

Kekhawatiran mereka dipicu oleh laporan 4 Maret dalam jurnal medis The Lancet yang menunjukkan kesamaan gejala antara penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dan virus corona.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serta bagaimana hal ini dapat menghasilkan diagnosis positif palsu untuk demam berdarah.

"Penyakit dengue dan virus corona 2019 (Covid-19) sulit dibedakan karena mereka berbagi fitur klinis dan laboratorium," tulis kelompok penulis dari Sistem Kesehatan Universitas Nasional Singapura, Rumah Sakit Umum Ng Teng Fong, dan Institut Kesehatan Lingkungan.

Baca juga: Kajian Terbaru Virus Corona, Periode Inkubasi 5 hingga 12 Hari

Potensi kesalahan diagnosis

Laporan tersebut mengutip kasus dua warga Singapura yang pada awalnya dites positif terkena demam berdarah setelah tes serologis secara cepat, istilah yang biasanya digunakan untuk tes antibodi.

Tetapi kemudian ditemukan terinfeksi oleh Covid-19.

Di sisi lain, tidak ada pasien yang melakukan perjalanan ke daerah yang terkena virus corona, tetapi menunjukkan gejala seperti demam dan batuk.

"Gejala ini sangat umum dalam semua penyakit virus," kata ahli penyakit menular Leong Hoe Nam dari Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena.

Dia menambahkan bahwa nyeri otot adalah gejala lain yang ditunjukkan oleh pasien yang menderita influenza,demam berdarah, Zika atau Chikungunya.

Leong mengatakan jika hasil tes dengue kembali positif, dokter dapat langsung mengambil kesimpulan bahwa seorang pasien memiliki penyakit, terutama jika mereka tinggal di daerah yang merupakan lokasi wabah tersebut.

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, Saudi Berlakukan Denda Rp 1,9 M bagi Siapa Pun yang Menyembunyikan Penyakit

Tetapi, dia menambahkan, identifikasi tersebut tidak membantu jika kedua wabah terjadi secara bersamaan di Asia Tenggara.

Jeremy Lim, dari perusahaan konsultasi global Oliver Wyman, mengatakan virus Covid-19 bisa menjadi "bunglon" pada tahap awal infeksi, dan dapat menyebabkan beberapa kasus virus corona yang didiagnosis sebagai demam berdarah.

“Yang rumit adalah ketika orang datang ke dokter umum atau ke rumah sakit dengan gejala yang tidak spesifik, Anda sekarang harus khawatir tentang keduanya,” katanya.

Lim menjelaskan bahwa tes imunoglobulin (atau antibodi) untuk demam berdarah melihat "lonjakan protein tertentu pada permukaan virus ini".

“Ini seperti kunci dan gemboknya, dan jika (virus) memiliki pola yang cocok dengan kunci, itu akan cocok. Untuk demam berdarah dan virus corona, mereka memiliki pola umum yang cukup sehingga Anda bisa mendapatkan hasil positif palsu,” kata dia.

Baca juga: Wabah Corona dan Upaya Meredam Kecemasan Publik

Virus yang sama sekali berbeda

Menanggapi pertanyaan dari South China Morning Post, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menekankan bahwa demam berdarah dan Covid-19 adalah dua virus yang sama sekali berbeda.

 

WHO menyebutkan bahwa demam berdarah adalah flavivirus sedangkan yang terakhir adalah virus corona.

"Sementara gejala awal kedua penyakit bisa serupa, kita dapat membedakan antara keduanya ketika penyakit ini berkembang," katanya.

"Keputusan untuk memesan (tes untuk kedua penyakit) dibuat oleh dokter dan didasarkan pada presentasi klinis dan informasi lainnya termasuk hubungan epidemiologis dan paparan lainnya," kata dia.

Baca juga: Update Terbaru Virus Corona Seluruh Dunia: Meluas ke 113 Negara, 118.596 Sembuh, 4.262 Meninggal

Kasus virus corona di Asean

Telah ada peningkatan kasus virus corona baru di Asia Tenggara selama seminggu terakhir.

Ada 160 kasus yang dikonfirmasi di Indonesia, Singapura, sementara Malaysia dan orang Filipina masing-masing memiliki 117 dan 35.

Indonesia dan Brunei Darussalam telah melaporkan infeksi pertama mereka selama sepekan terakhir, dengan para ahli memperkirakan angka di sana akan terus bertambah.

Negara-negara ini juga bergulat dengan wabah demam berdarah, yang juga dikenal sebagai “demam patah tulang”.

Ada sekitar 390 juta infeksi demam berdarah di seluruh dunia setiap tahun, menurut perkiraan yang dikutip oleh WHO.

"Meskipun ada risiko infeksi di 129 negara, 70 persen dari beban aktual ada di Asia," kata organisasi itu di situs webnya.

Badan Lingkungan Nasional Singapura mencatat bahwa negara kota itu telah memiliki 1.723 kasus demam berdarah dalam lima minggu pertama tahun 2020, naik 63 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Diduga Khawatir Virus Corona, 27 Orang Tewas akibat Keracunan Alkohol di Iran

Pentingnya alat tes virus corona di Asia

Lim dari Oliver Wyman mengatakan prevalensi infeksi demam berdarah dan ketersediaan alat tes yang sesuai membuatnya jauh lebih mudah untuk menguji penyakit Covid-19 di Asia. 

“Kami menekankan kebutuhan mendesak untuk tes diagnostik yang cepat, sensitif, dan dapat diakses untuk (Covid-19), yang harus sangat akurat untuk melindungi kesehatan masyarakat,” kata mereka.

Leong dari Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena mengatakan virus Covid-19 telah "meningkatkan standar menjadi seorang dokter".

“Demam berdarah memiliki sejumlah besar tanda dan gejala dan (kita harus) menggunakan semua indera, pengalaman, dan logika kita untuk menanyakan apakah itu tipikal dengue,” katanya, menjelaskan bahwa tidak cukup menggunakan tes dengue sebagai satu-satunya.

Kriteria untuk menentukan apakah pasien telah tertular penyakit.

Baca juga: Mengenal Pulau Galang, Kamp Pengungsian yang Akan Dibangun RS Khusus Corona

Ooi Eng Eong, wakil direktur program penyakit menular Duke-NUS Medical School yang baru muncul, setuju dengan pendapat ini, dan menambahkan bahwa pilihan tes diagnostik harus dipandu oleh presentasi klinis pasien.

Oliver Wyman Lim mengatakan laporan Lancet adalah pengingat yang baik bagi petugas kesehatan bahwa tes laboratorium tidak pernah 100 persen akurat.

“Kita harus mempertahankan indeks kecurigaan yang tinggi ketika gambaran klinis tidak sesuai dengan temuan lab,” kata dia.

Dia menyarankan bahwa klinik dan rumah sakit menindaklanjuti pasien dan terus memantau mereka setelah diagnosis awal.

"Jika gejalanya berubah dan menjauh dari apa yang kita harapkan, maka kita harus kembali ke diagnosis pertama dan bertanya pada diri sendiri (apakah) itu bisa menjadi sesuatu yang lain," kata Lim.

Baca juga: Bagaimana Risiko Penyebaran Virus Corona di Angkutan Umum? Ini Penjelasannya...

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi