Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Italia Terjebak 24 Jam Bersama Jenazah Saudara Perempuanya yang Terinfeksi Corona

Baca di App
Lihat Foto
Facebook/Luca Franzese
Aktor Italia terjebak bersama jenazah kakaknya yang meninggal akibat corona
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Aktor asal Italia, Luca Franzese terkurung selama lebih dari 24 jam bersama jenazah saudara perempuannya yang meninggal karena virus corona di kediamannya saat menjalani masa isolasi.

Aktor yang bermain dalam serial Netflix Gomorrah, menyampaikan kabar itu melalui sebuah video yang ia unggah melalui Facebook-nya pada Minggu (8/3/2020) pukul 20.00 waktu setempat.

Dikutip dari Independent (11/3/2020), Franzese mengaku ia tidak berhasil memperoleh bantuan dari pemerintah meskipun sudah mencoba menghubungi sejumlah badan atau pihak terkait.

Franzese mengungkapkan melalui video itu bahwa tidak dapat menemukan rumah duka yang bersedia menguburkan saudara perempuannya itu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, ia hanya bisa membuat video tersebut sembari menunjukkan jenazah saudara perempuan yang terbaring di tempat tidur dengan kondisi ditutup selimut.

"Saya memiliki saudara perempuan saya di tempat tidur, mati, saya tidak tahu harus berbuat apa," kata Franzese dalam videonya. 

Baca juga: Para Akademisi Dunia tentang Corona: Dari Pandemi, Isolasi hingga Reaksi

Meninggal sehari sebelumnya

Franzese yang merupakan warga Naples mengaku tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan dalam situasi tersebut.

Berdasarkan keterangan yang disampaikannya saudaranya itu sudah meninggal sejak sehari sebelumnya, yakni pada Sabtu (7/3/2020) malam.

"Kami dalam kondisi kacau dan Italia meninggalkan kita. Mari kita tetap kuat bersama. Tolong bagikan video ini ke mana saja," ucapnya.

Hingga Sabtu (13/3/2020) siang, video tersebut sudah disaksikan lebih dari 9,7 juta kali.

Berdasarkan keterangan saudara laki-lakinya, saudara perempuanya yang bernama Teresa Franzese (47) diketahui juga menderita epilepsi.

Ia mengaku mengunggah video tersebut karena putus asa tidak mendapat bantuan. Sebelum saudaranya meninggal, ia mengaku berupaya melakukan apapun untuk menyelamatkan nyawa Teresa.

Salah satunya dengan melakukan resusitasi mulut ke mulut, sebagaimana dilansir dari The Sun (11/3/2020).

Baca juga: Mengenal Alat Tes Virus Corona dari Singapura dan Jepang

3 saudaranya positif corona

Sementara itu, Franzese menyebut 3 saudaranya yang lain sudah terdeteksi positif terkena virus SARS-CoV-2 yang saat ini merebak di Italia itu.

Beruntung, setelah videonya viral, ada rumah duka yang bersedia mengurus jenazah sang kakak, setelah sebelumnya banyak ditolak, karena meninggalnya berkaitan dengan corona. 

Hal itu terjadi setelah seorang politisi lokal menghubungi Franzese setelah melihat video yang diunggahnya.

Saat ini, Italia memang menjadi negara dengan temuan Covid-19 terbesar ke dua di dunia setelah China yang merupakan asal dari virus berasal.

Berdasarkan data dari Center for Systems Science and Engineering (CSSE), Johns Hopkins University (JHU) per Sabtu (13/3/2020) pagi, total kasus infeksi yang terkonfirmasi di Italia sebanyak 12.462 kasus.

Kasus kematian sudah mencapai 827 kejadian, dan angka kesembuhan ada di 1.045 kasus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi