Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Virus Corona, Maskapai Ini Hentikan Rute Penerbangan ke Malaysia

Baca di App
Lihat Foto
Hafid Kustantyo/Wings Air
Wings Air ATR 72-500 PK-WFW untuk penerbangan Surabaya-Labuan Bajo PP.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Wings Air dari Lion Air Group akhirnya menghentikan sementara satu-satunya rute internasional yang mereka operasikan, yakni dari Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak ke Bandar Udara Internasional Kuching, Kuching, Malaysia. 

Penerbangan tersebut memiliki kode IW-1378 untuk rute Pontianak-Kuching dengan jadwal terbang setiap pukul 09.45 WITA dan penerbangan kode IW-1373 untuk rute Kuching-Pontianak yang terbang setiap pukul 11.55 waktu setempat.

Informasi penghentian penerbangan ini disampaikan oleh Corporate Communicagions Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulis, Minggu (15/3/2020).

"Penundaan sementara ini dilakukan sesuai rekomendasi perusahaan (Direktorat Operasi; Keselamatan, Keamanan dan Kualitas Wings Air) serta berdasarkan situasi saat ini, dalam upaya menangkal masuk penyebaran corona virus disease (Covid-19)," kata Danang dalam keterangannya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Sempat Rawat Suspect Corona, Ini yang Selanjutnya Dilakukan RS Dr. Oen Solo

Penghentian sementara penerbangan ini juga sebagai tindakan preventif dan proaktif untuk mengupayakan faktor keselamatan semua pihak, baik penumpang, awak kabin maupun pihak lain yang turut terlibat.

Belum ada kepastian hingga kapan operasionalisasi rute ini dihentikan.

"Wings Air menghentikan atau penundaan sementara (suspend) sampai pemberitahuan lebih lanjut," ujar dia. 

Terkait pengumuman penghentian penerbangan ini, Danang menyatakan pihaknya telah menginformasikan perkembangan yang ada kepada semua calon penumpang.

Calon penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket pun akan mendapatkan fasilitas pengembalian dana penuh atau refund mengacu pada ketentuan yang berlaku. 

Selain penghentian penerbangan ke Kuching Malaysia dari Wings Air, sejumlah maskapai juga bandara di Indonesia telah menghentikan sejumlah rute penerbangan internasionalnya. 

Misalnya penutupan seluruh penerbangan dari dan ke China, sebagai pusat persebaran virus, oleh Maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Bandara I Gusti Ngurah Rai, dan Bandara Soekarno-Hatta, pada awal Februari lalu.

Baca juga: Bagaimana Memperlambat Penyebaran Virus Corona? Beberapa Langkah Ini Bisa Dilakukan...

Ada pula pembatalan penerbangan ke Malaysia dan Singapura yang dilakukan oleh Bandar Udara Husein Sastranegara, Bandung, pada waktu yang kurang lebih bersamaan di awal Februari 2020.

Dengan penambahan 190 pasien positif baru, pada Minggu (15/3/2020) Malaysia kini memiliki 428 kasus positif virus corona. Sedangkan Indonesia, dari update terakhir memiliki 117 kasus virus corona. 

Perkembangan sejumlah negara ASEAN di antaranya Singapura saat ini tercatat 212 kasus virus corona, Filipina (140 kasus), Thailand (114 kasus), Vietnam (53 kasus), dan Brunei Darussalam (50 kasus). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi