Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Daftar 7 Negara yang Umumkan Darurat Nasional karena Virus Corona

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Shutterstock
Ilustrasi virus corona
|
Editor: Virdita Rizki Ratriani

KOMPAS.com - Peningkatan jumlah kasus yang masih terus terjadi di berbagai negara menyebabkan pemerintah melakukan sejumlah langkah untuk mengendalikan penyebaran virus.

Beberapa waktu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi untuk mendeklarasikan darurat nasional virus corona. 

Merespons hal tersebut, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, pemerintah Indonesia menyatakan penyebaran virus corona sebagai bencana nasional.

"Bukan darurat nasional. Ini sudah bencana nasional. Darura nasional gimana? Kalau dipegang BNPB kan sudah bencana nasional ini," kata Yuri, Sabtu (14/3/2020).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski demikian, sejumlah negara yang telah terjangkit Covid-19 dengan status darurat nasional terkait dengan wabah virus corona ini.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

Baca juga: Cegah Infeksi Corona, PNS KKP Boleh Kerja dari Rumah

Spanyol

Pada hari Sabtu (14/2/2020), pemerintah Spanyol mengumumkan bahwa mereka memberlakukan pembatasan ketat pada pergerakan orang-orang hingga penutupan restoran atau perusahaan di wilayahnya.

Melansir CNBC, kebijakan ini merupakan bagian dari dampak status darurat selama dua minggu yang ditetapkan untuk memerangi peningkatan tajam infeksi virus corona. 

Status darurat negara ini juga memungkinkan pemerintah pusat untuk secara legal mengambil alih kendali industri maupun fasilitas swasta, termasuk rumah sakit swasta untuk meningkatkan sistem publik yang kuat. 

Hingga Minggu (15/3/2020) sore, total kasus yang telah dikonfirmasi di Spanyol adalah sebanyak 6.391 kasus dengan 196 kematian dan 517 pasien sembuh.

Baca juga: Usai Tes Virus Corona, Mahfud MD Langsung Diperbolehkan Pulang

Kazakhstan

Melansir Al Jazeera, Presiden Kazahstan Kassym-Jomart Tokayev mendeklarasikan darurat nasional atas virus corona yang telah mencapai negara-negara Asia Tengah.

Dekrit ini berisi kebijakan pembatasan keluar dan masuknya orang dari Kazakhstan bagi semua orang kecuali diplomat dan mereka yang diundang oleh pemerintah.

Hingga Minggu (15/3/2020), jumlah kasus infeksi Covid-19 adalah sebanyak 6 orang.

Amerika Serikat

Pada Jumat (13/3/2020), Presiden Trump menandatangani deklarasi darurat atas pandemi virus corona. 

Melansir Business Insider, lebih dari 30 negara di AS telah mengumumkan darurat nasional sebagai respons atas wabah ini.

Negara pertama yang menyatakan status ini di AS adalah Washington setelah adanya kasus kematian pertama di wilayahnya.

Hingga Minggu (15/3/2020) sore, total kasus Covid-19 yang dilaporkan di AS adalah sebanyak 2.952 kasus dengan 57 kasus kematian dan 12 pasien sembuh.

Baca juga: Bagaimana Memperlambat Penyebaran Virus Corona? Beberapa Langkah Ini Bisa Dilakukan...

Hungaria

Melansir Bloomberg, pemerintah Hungaria juga telah mendeklarasikan status darurat nasional atas wabah virus corona di negaranya.

Mereka meliburkan universitas dan melarang adanya pertemuan besar.

Pemerintah juga melakukan pembatasan perjalanan, yaitu melarang perjalanan ke Hungaria dari Italia, China, Korea Selatan, dan Iran.

Hingga Minggu (15/3/2020), ada 30 kasus infeksi virus corona yang telah dilaporkan di Hungaria dengan 1 pasien sembuh.

Bulgaria

Melansir Reuters, parlemen Bulgaria menyatakan darurat nasional hingga 13 April 2020. Negara ini mengonfirmasi kematian pertama akibat virus corona pada Rabu (11/3/2020) lalu.

Sekolah dan universitas diliburkan hingga 29 Maret mendatang. Kemudian, kunjungan ke gym, bioskop, bar, restoran, dan toko dilarang, kecuali ke supermarket atau apotek.

Perdana Menteri Boyko Borissov meminta warga untuk mengikuti peraturan ini. Ia memberikan ancaman satu tahun penjara bagi mereka yang tidak mematuhi karantina.

Hingga Minggu (15/3/2020), jumlah kasus Covid-19 di Bulgaria adalah sebanyak 41 kasus dengan dua kasus kematian.

Baca juga: Tepis Isu Corona, Sri Mulyani: Saya, Alhamdulillah Tetap Sehat...

Republik Ceko

Melansir Business Insider, Republik Ceko mengumumkan status darurat nasional atas wabah virus corona pada Kamis (12/3/2020).

Pemerintah melarang wisatawan dari 15 negara setelah virus corona menyebar di Eropa. Penduduk juga tidak dapat melakukan perjalanan ke beberapa negara termasuk Inggris, Italia, Perancis, dan Jerman.

Hingga Minggu (15/3/2020), 189 kasus Covid-19 telah dilaporkan di Ceko.

Italia

Melansir South China Morning Post (SCMP), pada akhir Januari lalu, Italia mendeklarasikan status darurat nasional atas wabah virus corona di negaranya. Pengumuman ini menjadikan Italia sebagai salah satu negara pertama yang menetapkan status ini atas negaranya.

Sebelumnya, negara ini juga telah menghentikan seluruh penerbagnan dari dan ke China setelah dua wisatawan China diuji positif virus corona. 

Kemudian, Italia pun telah memberlakukan penutupan seluruh wilayahnya untuk mencegah penyebaran virus corona lebih luas.

Hingga Minggu (15/3/2020), jumlah kasus di Italia merupakan yang terbanyak setelah China, yaitu mencapai 21.157 kasus dengan 1.441 kematian dan 1.966 pasien sembuh.

Baca juga: Minggu Sore, Jokowi Tes Virus Corona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi