Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Biaya Pemesanan di Layanan GrabFood, Ini Penjelasan Pihak Grab

Baca di App
Lihat Foto
Dok. GrabFood
Ilustrasi GrabFood
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com -Layanan pesan antar makanan secara online beberapa tahun belakangan menjadi pilihan masyarakat yang ingin menikmati makanan dari restorann kesukaan namun tidak bisa atau enggan untuk pergi ke lokasi secara langsung.

Di Indonesia, salah satu layanan tersebut bisa diperoleh melalui GrabFood.

Biasanya, konsumen hanya perlu membayar harga makanan beserta dengan ongkos kirimnya untuk bisa mendapatkan makanan kesukaan diantar hingga ke depan pintu rumah.

Untuk restoran tertentu, biasanya memang diterapkan pajak resto yang besarannya 10 persen dari harga makanan yang dipesan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun, saat ini ada biaya tambahan lain yang akan muncul saat konsumen memesan GrabFood. Biaya tambahan itu adalah "Fee" sebesar Rp 3.000 atau lebih.

Fee ini memang tidak ditemukan pada semua restoran, tetapi jika Anda membeli makanan pada sejumlah restoran yang bermitra dengan GrabFood akan dikenai biaya tambahan ini.

Meskipun tidak banyak, namun bagi para pelanggan pesan makanan online hal ini mulai dipertanyakan.

Baca juga: Social Distancing Disebut Bisa Tekan Penularan Corona, Bagaimana Praktiknya?

Penjelasan Grab

Ditanya soal adanya biaya tambahan ini, Head of Marketing GrabFood, Hadi Surya Koe membenarkan hal itu.

"Setelah mempertimbangkan dengan seksama dan meninjau praktik pesan-antar makanan di Indonesia, kami memperkenalkan Biaya Pemesanan mulai dari Rp 3.000 yang akan berlaku untuk pesanan yang dilakukan di beberapa restoran," sebut dia kepada Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Hadi menyebut pengenaan biaya pemesanan ini diberlakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada para konsumen yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

"Biaya pemesanan ini akan membantu GrabFood dalam memberikan layanan berkualitas dan meningkatkan teknologi kami dalam memberikan pelanggan pengalaman yang lebih profesional dan kenyamanan lebih melalui fitur-fitur inovatif yang baru saja diluncurkan seperti GrabFood Ambil Sendiri dan Pemesanan Terjadwal," jelas Hadi.

Tidak hanya itu, dengan biaya tersebut Grab juga mengaku akan meningkatkan kualitas Mitra Pengantar terlatih melalui berbagai program dan fasilitas pelatihan dengan kualitas lebih baik.

Hadi menyebut, besaran pemesanan akan disesuaikan mulai dari Rp 3.000.

Baca juga: Begitu Mudah Menyebar, Ini yang Dilakukan Virus Corona pada Tubuh Pasien

Ia juga menyebut, peningkatan layanan GrabFood sudah dilakukan perusahaannya sejak 2018. Muai dari penggunaan data untuk menciptakan menu GrabFood Signature hingga membuat peningkatan teknologi sebanyak 130 kali dalam setahun terakhir.

"Kami telah berupaya penuh untuk melayani pengguna kami dengan lebih baik," sebut dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi