Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pemimpin Redaksi Kompas.com
Bergabung sejak: 21 Mar 2016

Wartawan Kompas. Pernah bertugas di Surabaya, Yogyakarta dan Istana Kepresidenan Jakarta dengan kegembiraan tetap sama: bersepeda. Menulis sejumlah buku tidak penting.

Tidak semua upaya baik lekas mewujud. Panjang umur upaya-upaya baik ~ @beginu

Editor's Letter untuk Langkah Lebih Efektif Mengatasi Covid-19

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/HERU SRI KUMORO
Petugas medis bersiap di ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo yang telah melakukan peninjauan tempat ini memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang, sedangkan saat ini sudah disiapkan untuk tiga ribu pasien. ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool/aww.
Editor: Amir Sodikin

KOMPAS.com - Hari ini, saya dan sebagian dari kita sudah #dirumahaja untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah. Kita memasuki pekan ketiga untuk upaya baik memutus rantai penyebaran virus corona.

Apakah rantai penyebaran Covid-19 terputus? Tidak sepenuhnya memang. Terlihat dari kurva jumlah kasus positif Covid-19 masih naik dari hari ke hari dan belum melandai seperti setiap hari diupdate pemerintah.

Lantas, apakah upaya kita bersama memutus rantai penyebaran virus corona dengan #dirumahaja sia-sia?

Saya merasa tidak sia-sia juga. Kita perlu upaya lebih gigih lagi, lebih disiplin lagi, lebih serentak lagi dan lebih terkoordinasi untuk hasil yang lebih baik mengatasi Covid-19.

Karena itu, usulan sejumlah daerah untuk melakukan karantina wilayah perlu kita dukung dengan persiapan matang. Banyak satuan lebih kecil di daerah sudah menerapkan dengan kearifannya sendiri-sendiri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah tengah berkoordinasi untuk memungkinkan hal ini. Peraturan Pemerintah tengah disiapkan agar segala sesuatunya bermanfaat baik untuk melindungi warga dari bahaya, bukan sebaliknya.

Pengalaman banyak negara yang menerapkan karantina atau lockdown membuat kita punya referensi untuk menerapkan aturan yang sesuai dengan kekhasan masing-masing daerah. Dalam pekan ini, semoga langkah lebih efektif untuk mengatasi Covid-19 bisa diambil, dijalankan, dan dampaknya signifikan.

Oya, apa kabarmu sepekan lalu? Menerapkan hal-hal baru terus-menerus selama dua pekan pasti ikut mengubah perilaku juga. Perilaku hidup bersih, misalnya.

Selama dua pekan ini, kamu pasti lebih peduli kesehatan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kamu pasti lebih mengenali tubuhmu sendiri karena intensitas perhatiannya meningkat.

Kamu juga pasti lebih sadar soal perlunya menjaga jarak fisik dengan orang lain saat harus keluar rumah untuk kebutuhan mendasar seperti belanja kebutuhan pokok dan alat-alat kesehatan dasar.

Semua ini tentu baik. Tidak hanya karena upaya kita bersama melawan virus corona, tapi untuk menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. 

Terkait bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah, kamu pasti mendapati satu titik di mana kebosananan memuncak. Lumrah alias manusiawi sekali. Saya dan banyak teman saya mengalaminya juga.

Saat kita sanggup mengatasi titik kebosanan itu, kemampuan kita mengatasi kebosanan berikutnya akan naik tingkatnya.

Sambil meningkatkan kemampuan mengatasi bosan sambil tetap di rumah dan mempraktikkan hal-hal baik untuk melandaikan kurva, saya bantu update beberapa berita pekan lalu.

Seperti kita ketahui, berita duka datang dari Rumah Sakit Slamet Riyadi, Solo. Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo (77) meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker sejak 4 tahun lalu.

Mendapati kabar duka itu, Presiden Jokowi yang berada di Bogor, Jawa Barat lantas menuju Solo untuk pemakaman ibundanya. Sekitar satu jam kemudian, Presiden Jokowi tiba di rumah duka.

Mempraktikkan seruan menghindari kerumunan untuk mencegah penyebaran Covid-19, Jokowi meminta para menteri dan mereka yang berduka mengirim doa saja dari tempat masing-masing sambil melaksanakan tugas-tugas negara.

Pemakaman Eyang Noto lantas dilakukan sangat sederhana, minim kerumunan dan menerapkan standar pencegahan penyebaran virus corona di antara yang hadir.

Selesai pemakaman, sekitar pukul 15.00, Presiden Jokowi kembali ke Istana Bogor untuk tugas-tugas negara mengatasi pendemi covid-19.

Turut berduka cita mendalam, Pak. 

Pekan lalu, diputuskan juga soal Ujian Nasional2020 yang dibatalkan. Keputusan diambil pada 24 Maret 2020 sebagai implementasi dari social distancing karena Covid-19 yang belum ada tanda-tanda mereda. Keputusan yang baik dan memerlukan langkah lanjutan untuk implementasinya.

Keputusan baik lain terkait covid-19 adalah pemerintah menangguhkan cicilan selama satu tahun untuk tukang ojek dan sopir taksi. 

Namun, sekali lagi, implementasinya jadi soal. Keputusan saja tidak membuatnya terimplementasi. Cerita tukang ojek ini salah satunya. Semoga hari-hari ini, keputusan ini terimplementasi dengan baik sehingga upaya mengurangi kekhawatiran sungguh mewujud.

Pekan lalu, ditegaskan juga soal tidak akan ada lockdown. Instruksi Presiden Jokowi ditegaskan lagi oleh Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. 

Namun, pemerintah tengah menyiapkan peraturan pemerintah untuk dimungkinkannya karantina wilayah. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjadi penjuru untuk keputusan ini.

Sambil menanti bagaimana upaya bersama kita untuk lebih efektif mengatasi sebaran Covid-19, mari kita dukung upaya pemerintah lewat aparatnya.

Kita mendapati, aparat kepolisian kesulitan mengimbau sampai membubarkan kerumunan yang membandel. Diperingatkan untuk mencegah penularan Covid-19, massa malah tertawa.

Kalau kamu mendapati temanmu seperti itu, tolong diingatkan ya. Peringatan itu tidak hanya untuk temanmu itu, tetapi untuk orang lain yang kemungkinan tertular dari temanmu itu.

Selain berita duka yang membuat perasaan kita pilu, ada juga berita gembira terkait upaya kita bersama mengatasi covid-19. Di Malang, Jawa Timur, semua pasien Covid-19 sembuh. Ketiganya mendapatkan pengobatan yang baik dan memiliki imunitas tubuh yang mampu melawan virus.

Kabar baik berikutnya adalah dimasifkannya rapid test di beberapa tempat. Dengan tes ini, data pasien dan peta sebaran yang mengikuti akan memudahkan upaya penanganan.

Di awal, mungkin kita akan tercengang dengan melonjaknya jumlah pasien. Namun, ini menjadi lebih baik lantaran isolasi lebih terukur dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Terakhir, Gunung Merapi meletus. Letusan dengan kolom sekitar 5 kilometer ke atas ini membuat hujan abu di radius 15-20 kilometer arah barat daya sekitar Kecamatan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Tidak ada korban jiwa karena letusan ini.

Kabar baik yang kita harapkan dari sebaran abu Merapi adalah menjadi kesuburan bagi bumi. Semesta yang melingkupi kita tengah mencari keseimbangan baru lewat berbagai peristiwa akhir-akhir ini.

Salam seimbang,

Wisnu Nugroho

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi