Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 22 Tokoh Dunia dan Indonesia yang Positif Virus Corona

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Kasus virus corona dilaporkan mencapai lebih dari 1 juta kasus di dunia
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

 

KOMPAS.com - Infeksi virus corona mencapai angka satu juta orang. Virus penyebab penyakit Covid-19 itu menyebar ke hampir seluruh negara di dunia sehingga kemudian ditetapkan sebagai pandemi global.

Virus ini juga dapat menyerang siapa saja, tanpa membedakan apakah itu orang kaya atau miskin. Bisa menjangkit warga biasa, pengusaha, bangsawan bahkan pejabat negara.

Berikut daftar sejumlah tokoh dunia yang terinfeksi virus corona sejak Februari dikutip dari South China Morning Post:

1. Antonio Vieira Monteiro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua unit Santander Bank bagian Portugal, ini dilaporkan meninggal karena Virus Corona pada 18 Maret.

2. Hadi Khosrowshahi

Mantan Duta Besar Iran untuk Vatikan, Hadi Khosrowshahi, meninggal pada Kamis (27/2/2020) karena virus corona.

3. Masoumeh Ebtekar

Wakil Presiden Iran Bidang Keluarga dan Perempuan Masoumeh Ebtekar dikonfirmasi positif corona pada 28 Februari 2020.

4. Mohammad Mir-Mohammadi

Penasehat Pemimpin Tinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei yaitu Mohammad Mir Mohammadi (71) diketahui meninggal 2 Maret 2020 setelah positif Covid-19 pada 2 Maret 2020.

5. Nicola Zingaretti

Pemimpin Partai Demokrat Italia, Nicola Zingaretti, dinyatakan positif mengidap virus corona pada 7 Maret 2020. Dia menjadi politisi Italia pertama yang terjangkit Covid-19.

6. Franck Riester

Menteri Kebudayaan Perancis Franck Riester positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 pada 9 Maret 2020. Riester sebelumnya melakukan kontak dengan orang-orang terinfeksi virus corona di Parlemen Perancis.

7. Jaroslaw Mika

Dikutip dari Reuters, Rabu (11/3/2020) petinggi militer Polandia Jenderal Jaroslaw Mika terinfeksi corona setelah pulang dari konferensi militer Defender-Europe 20 di Jerman pada 6 Maret 2020 untuk membahas latihan dan penempatan pasukan AS.

8. Nadine Dorries

Menteri Kesehatan Junior Inggris, Nadine Dorries mengonfirmasi bahwa dia terinfeksi Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona, Selasa (10/3/2020)

Dalam keterangan tertulisnya, Menkes Inggris asal Partai Konservatif itu langsung melakukan langkah pencegahan. Termasuk mengarantina dirinya sendiri.

9. Irene Montero

Dilansir adari AFP (12/3/2020) Menteri Kesetaraan Spanyol, Irene Montero, positif terinfeksi virus corona. Montero kemudian menjalani karantina bersama kekasihnya, wakil perdana menteri sekaligus pemimpin partai Podemos, Pablo Iglesias.

10. Sophie Grégoire Trudeau

Istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Sophie Grégoire Trudeau, dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada Jumat (13/3/2020).

Melansir Bloomberg, PM Kanada Justin Trudeau dan Sophie kemudian menjalani isolasi selama 14 hari.

11. Roberto Stella

Dr. Roberto Stella (67) dokter Italia, meninggal pada Selasa malam (10/3/2020) di Rumah Sakit Como karena gagal pernafasan akibat virus corona.

Dr Stella diduga telah tertular virus saat bertugas, di garis depan merawat pasien dan mengarahkan mereka ke perawatan yang tepat. Kematiannya dikonfirmasi oleh Wali Kota Como Mario Landriscina.

12. Francis Suarez

Walikota Miami Francis Suarez (42) dinyatakan positif Covid-19 pada 13 Maret 2020. Melansir miami Herald, empat hari sebelumnya wali kota menghadiri sebuah acara lokal dengan seorang pejabat pemerintah Brasil yang kemudian dites positif terkena virus.

13. Peter Dutton

Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton dinyatakan positif terinfeksi virus corona, Jumat (13/3/2020).

Dilaporkan BBC, Dutton, yang juga Komite Keamanan Nasional, mengatakan, dia bangun dengan merasa demam serta sakit tenggorokan. Dia segera menghubungi departemen kesehatan setempat di Queensland dan kemudian dirawat di rumah sakit.

14. Begona Gomez

Istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Begona Gomez, dinyatakan positif virus corona hanya beberapa jam setelah suaminya mengumumkan "lockdown".

Dilansir AFP dan BBC Sabtu (14/3/2020), pemerintah Negeri "Matador" memutuskan menutup museum, pusat kebudayaan, hingga kegiatan olahraga.

15. Pere Aragones

Wakil kepala pemerintahan Catalan mengumumkan pada 15 Maret 2020 bahwa ia juga dinyatakan positif virus corona.

"Hari ini saya dinyatakan positif Covid-19 . Saat ini saya dalam keadaan sehat. Saya akan tinggal di rumah, mengikuti instruksi medis, dari mana saya akan terus bekerja. Kita harus bertindak dengan pencegahan dan tanggung jawab penuh," katanya melalui Twitter.

16. Quim Torra

Presiden Catalan, Quim Torra, dinyatakan positif mengidap Covid-19. Dilansir dari Catalannews (16/3/2020), dia mengumumkan berita itu dalam pernyataan resmi setelah mengalami gejala termasuk batuk dan demam.

17. Michal Wos

Menteri Lingkungan Hidup Polandia Michal Wos dinyatakan positif virus corona pada Senin (16/3/2020). Dikutip dari Anadolu, Wos kemudian menjalani karantina untuk penyembuhannya.

18. Torbjorn Roe Isaksen

Menteri Tenaga Kerja dan Inklusi Sosial Norwegia ini dinyatakan positif memiliki virus corona, setelah wakilnya dipastikan memiliki virus tersebut.

19. Augusto Heleno

Menteri Keamanan Nasional Brasil Augusto Heleno dikonfirmasi positif terpapar virus corona. Melalui akun Twitternya, seperti dikutip AFP, Rabu (18/3/2020) dia menyebutkan bahwa hasil tesnya menyatakan positif.

20. Pangeran Charles

Putra tertua Ratu Elizabeth II sekaligus ahli waris takhta Kerajaan Inggris, Pangeran Charles, dilaporkan positif terkena virus corona.

Dikutip dari CNN, Rabu (25/3/2020), saat ini Putra Mahkota bergelar Prince of Wales tersebut kemudian menjalani karantina di Skotlandia.

21. Boris Johnson

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson dinyatakan positif virus corona. Dia dilaporkan mengalami gejala ringan virus corona pada 26 Maret 2020 setelah menghadiri acara di dewan rakyat.

Melalui akun Twitternya dia mengatakan mengalami batuk dan suhu tubuh yang meningkat. Dia kemudian menjalani isolasi mandiri di rumahnya sambil tetap menjalankan tugasnya dari rumah melalui sambungan video.

22. Peg Broadbent

Peregrine "Peg" Broadbent, kepala keuangan Jefferies Group LLC, meninggal akibat komplikasi virus corona pada 29 Maret 2020.

Dikutip dari Bussines Insider, Peg meninggal pada usia 56 tahun dan telah menjabat sebagai CFO sejak 2007 hingga kematiannya.

Indonesia

Sementara di Indonesia sejumlah pejabat yang dikonfirmasi positif corona di antaranya Menteri Perhubungan budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Zulfikri, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi