Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Virus Corona di ASEAN 5 April: Malaysia, Filipina, dan Thailand Catatkan Kasus Terbanyak

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi virus corona, Covid-19
|
Editor: Virdita Rizki Ratriani

KOMPAS.com - Perkembangan pandemi virus corona masih terus terjadi di berbagai belahan dunia. Data per Minggu (5/4/2020) malam menunjukkan ada 1,2 juta kasus infeksi Covid-19 yang telah dilaporkan di seluruh dunia.

Dari jumlah tersebut, 65.652 orang meninggal dunia dan 252.391 pasien dinyatakan sembuh.

Kasus-kasus tersebut tersebar di ratusan negara di dunia, termasuk negara-negara anggota ASEAN.

Hingga kini, seluruh negara ASEAN telah melaporkan adanya kasus infeksi Covid-19 di negaranya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun demikian, tiap-tiap negara memiliki jumlah kasus maupun kebijakan penanganan yang berbeda-beda.

Melansir laman ASEAN Briefing, berikut adalah perkembangan terbaru soal wabah virus corona di negara-negara ASEAN per Minggu (5/4/2020):

Baca juga: Pemotongan Gaji Atlet Juga Terjadi di Dunia Balap Sepeda

1. Brunei Darussalam

Hingga kini, jumlah kasus virus corona yang telah dikonfirmasi sebanyak 135 kasus dengan 73 pasien telah dinyatakan sembuh.

Sementara, kasus kematian yang terjadi berjumlah satu. 

Sebelumnya, untuk menekan penyebaran virus lebih luas, pemerintah Brunei telah melarang warga negaranya maupun warga negara asing yang berada di Brunei untuk meninggalkan wilayahnya.

Kasus pertama di Brunei dilaporkan terjadi pada seorang laki-laki setempat berusia 53 tahun yang baru kembali dari Kuala Lumpur dengan tiga orang temannya.

2. Kamboja

Total kasus Covid-19 yang dilaporkan di Kamboja mencapai 114 kasus. Dari jumlah tersebut, 50 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Hingga kini, Kamboja belum mencatatkan adanya kasus kematian di negaranya yang disebabkan oleh pandemi virus corona ini.

Perdana Menteri Kamboja sendiri telah memerintahkan penutupan seluruh kasino di negaranya.  Sebelumnya, telah dilakukan penutupan sekolah di ibu kota, Phnom Penh, dan tujuan wisata populer Siem Reap. 

Selain itu, pemerintah juga mengumumkan pelarangan masuk bagi warga negara asing dari Italia, Jerman, Spanyol, Perancis, dan AS selama 30 hari.

Baca juga: WN Bulgaria PDP Corona di Lombok Kabur dari RS, Ditangkap di Villa

3. Indonesia

Hari ini (5/4/2020), jumlah kasus infeksi Covid-19 di Indonesia kembali meningkat sebanyak 181 kasus.

Total kasus per hari ini pun menjadi sebanyak 2.273 kasus. Dari jumlah tersebut, 198 orang meninggal dunia dan 164 pasien telah dinyatakan sembuh.

Pada 2 April lalu, untuk menekan penyebaran virus lebih luas, bandara internasional terbesar di Indonesia Soekarno-Hatta melarang kedatangan pendatang asing. Selain itu, transit juga tidak diperbolehkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah mengumumkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar sebagai respons dari status darurat nasional yang telah ditetapkan. 

4. Laos

Jumlah kasus infeksi virus corona di Laos berjumlah 11. Hingga kini, Laos belum mengumumkan adanya kasus kematian maupun pasien sembuh dari seluruh pasien yang positif terinfeksi.

Pemerintah Laos pun telah menutup seluruh kedatangan internasional untuk menghentikan para penumpang yang masuk atau pun keluar dari wilayah negara.

Adapun dua kasus pertama di Laos dikonfirmasi pada seorang laki-laki berusia 28 tahun yang bekerja di hotel dan perempuan berusia 36 tahun yang bekerja sebagai pemandu wisata.

Baca juga: Bertambah 8, Jumlah Pasien Positif Corona di Papua Jadi 26 Orang

5. Malaysia

Hingga kini, Malaysia masih mencatatkan jumlah terbanyak untuk infeksi Covid-19 di antara negara-negara ASEAN lainnya.

Per Minggu (5/4/2020), jumlah kasus virus corona yang dilaporkan di negara ini sebanyak 3.662 kasus. Dari jumlah tersebut, terjadi 61 kematian.

Sementara, 1.005 pasien telah dinyatakan sembuh.

Untuk meminimalisir dampak ekonomi yang ditimbulkan dari wabah ini, pemerintah Malaysia telah mengumumkan paket stimulus kedua sejumlah 58 miliar dollar AS. 

6. Myanmar

Myanmar telah mengonfirmasi 15 kasus virus corona di negaranya. Selain itu, pemerintah juga telah melaporkan satu kasus kematian akibat Covid-19.

Saat ini, Myanmar telah menangguhkan penerbitan visa masuk yang dimulai pada Minggu (29/3/2020) sebagai bentuk upaya untuk menekan penyebaran virus.

Sebelum dilaporkan adanya kasus pertama, Kementerian Kesehatan Myanmar telah mempersiapkan dana sebesar 200.000 dollar AS untuk mendanai pembelian peralatan laboratorium, obat-obatan dan alat pelindung dalam melawan virus ini.

Pemerintah juga telah membatasi perjalanan dan meningkatkan pemeriksaan kesehatan sepanjang perbatasannya dengan China.

Baca juga: Dua Pasien Positif Corona di RSUP Kandou Manado Mulai Membaik

7. Filipina

Setelah Malaysia, jumlah kasus infeksi Covid-19 yang dilaporkan di Filipina juga cukup banyak. Hingga hari ini (5/4/2020), ada 3.246 kasus yang telah dikonfirmasi positif di Filipina.

Dari jumlah tersebut, terjadi 152 kematian. Sementara, 64 pasien telah dinyatakan sembuh.

Duta Besar Filipina untuk Lebanon, Bernardita Catalla juga dilaporkan meninggal dunia akibat Covid-19 ini. 

Sebelumnya, Kepala Angkatan Bersenjata Filipina Felimon Santos Jr. juga dikonfirmasi positif terinfeksi virus corona.

8. Singapura

Singapura telah melaporkan 1.189 kasus infeksi virus corona yang terjadi di wilayahnya. Dari jumlah tersebut, 297 pasien telah sembuh.

Sementara, kasus kematian yang terjadi adalah sebanyak 6 kasus.

Perdana Menteri Singapura mengumumkan bahwa sebagian besar tempat kerja akan ditutup mulai Selasa (7/4/2020) dan seluruh sekolah akan mengaplikasikan pembelajaran di rumah.

Sebelumnya, negara ini juga telah memberlakukan denda sebanyak 10.000 dollar Singapura atau 7.000 dollar AS dan hukuman penjara hingga 6 bulan bagi orang yang melanggar aturan social distancing.

Pemerintah juga mengeluarkan paket stimulus sebesar 48 miliar dollar Singapura untuk mempertahankan kondisi ekonominya selama wabah.

Baca juga: Dalam 2 Hari, 3 PDP Virus Corona di Kota Tegal Meninggal Dunia

9. Thailand

Hingga kini, ada 2.169 kasus infeksi virus corona yang dilaporkan di Thailand. Sebanyak 23 pasien meninggal dunia dan 673 orang telah dinyatakan sembuh.

Pemerintah telah mengumumkan pemberlakuan jam malam nasional yang tidak terbatas. Warga tidak akan diizinkan untuk meninggalkan rumah mereka antara pukul 10 malam hingga pukul 4 pagi.

Sebelumnya, Thailand juga telah mengumumkan status darurat yang memberikan otoritas lebih kepada pihak berwenang untuk menangani pandemi ini.

10. Vietnam

Ada 241 kasus infeksi virus corona yang telah dilaporkan di Vietnam. Dari jumlah tersebut, belum ada kasus kematian yang dilaporkan.

Sedangkan jumlah pasien sembuh mencapai 90 orang.

Departemen Imigrasi Vietnam akan mengizinkan warga negara asing dengan visa bebas yang tidak dapat meninggalkan negara itu, untuk memperpanjang hingga  30 hari.

Sebelumnya, Kementerian Tenaga Kerja Vietnam mencari hingga 8.500 ahli asing untuk masuk ke negara tersebut dan mengerjakan proyek-proyek nasional utama. Jika disetujui, mereka akan menjalani karantina selama 14 hari terlebih dahulu sesuai pedoman kesehatan.

Otoritas Kota Hanoi juga telah mengatur social distancing dan imbauan tidak keluar rumah untuk alasan yang tidak penting.

Baca juga: Putin Lanjutkan Karantina Seminggu, Kremlin Bantah akibat Kontak dengan Dokter Positif Corona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi