Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Suara Dentuman Misterius di Jabodetabek, BNPB: Belum Tahu dari Mana Asalnya

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/BISNIS INDONESIA/NURUL HIDAYAT
Foto udara letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Minggu (23/12/2018). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda pada Sabtu, 22 Desember 2018 pukul 17.22 Wib dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak (sekitar 1.838 meter di atas permukaan laut).
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menegaskan belum mengetahui secara persis asal muasal suara dentuman yang sempat dipertanyakan para warganet.

Terlebih sejauh ini, belum ada laporan yang masuk terkait dengan suara dentuman misterius yang diduga berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau tersebut.

"Itu (suara dentuman) saya yang belum dapat laporan. PVMBG tidak melaporkan hal itu juga. Saya masih belum tahu dari mana asal suara tersebut," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Meletus Jumat Malam, Warganet Kisahkan Suara Dentuman Aneh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk diketahui, Gunung Anak Krakatau yang berada di Lampung mengalami erupsi pada Jumat (10/4/2020) malam sekitar pukul 21.58 WIB.

Hal itu pertama kali dilaporkan oleh KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau yang dikutip oleh Twitter BNPB, @BNPB_Indonesia.

Bersamaan dengan itu, tepatnya pada Sabtu (11/4/2020) pukul 01.40-03.00 WIB, terdengar pula suara dentuman misterius di Jakarta dan sekitarnya.

Sejumlah warganet di akun Twitter BNPB melaporkan mendengar dentuman aneh tersebut, yang diduga berkaitan dengan meletusnya Gunung Anak Krakatau.

Pemilik akun Twitter @wulanCnt misalnya, ia mengaku mendengar suara dentuman di Jabodetabek.

"Halo, min. Please kasih rilis terkait dentuman yang barusan terjadi di daerah Jabodetabek dong. Apa bener ini karena erupsi krakatau? Atau gimana?," cuitnya.

Baca juga: Erupsi Merapi dan Sejarah Letusannya...

Masih diselidiki

Lebih lanjut, Agus menegaskan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) juga tidak melaporkan mengenai suara dentuman tersebut.

Terlebih lagi, Agus yang bertempat tinggal di Bogor, Jawa Barat, juga mengaku tidak mendengar suara dentuman aneh tersebut.

Namun, rekan-rekannya yang tinggal di Depok mengatakan kepadanya bahwa suara dentuman tersebut terdengar sangat jelas dan keras.

"Di beberapa tempat ada yang melaporkan suara dentuman sangat keras, tapi saya belum tahu sumbernya dan belum ada info," jelas Agus.

Dihubungi terpisah, Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana mengaku masih menyelidiki sumber suara dentuman yang diduga dari letusan Gunung Anak Krakatau tersebut.

"Kami masih cek dari mana sumbernya," kata Taufan.

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Erupsi, Status Masih Level II Waspada

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi