Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemda DIY, Siapkan Gedung untuk Tempat Tinggal Sementara Tenaga Medis

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Warga menggunakan masker saat melintas di depan mural tentang pandemi virus corona atau COVID-19 di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Selasa (7/4/2020). Mural tersebut ditujukan sebagai bentuk dukungan kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

 

KOMPAS.com – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyediakan tempat tinggal sementara bagi tenaga medis yang berada di garda depan penanganan pasien virus corona Covid-19.

Adapun lokasi yang digunakan sebagai tempat tinggal sementara para tenaga medis berada di komplek Balai PPSDM Kemendagri yang terletak di Jalan Melati No.1, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Penyediaan tempat tinggal sementara itu berdasarkan arahan Gubernur DIY Hamengku Buwono X setelah menerima masukan dari para tenaga medis. 

Kabag Humas Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji mengatakan, tempat tingga sementara itu diadakan Pemda DIY bekerjasama dengan Balai PPSDM Kemendagri wilayah Yogyakarta. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Ada dua gedung utama dan beberapa rumah paviliun (yang disediakan),” ujar Aji saat dikonfirmasi Kompas.com Senin (13/04/2020).

Terkait dengan tempat tinggal sementara yang disediakan, Aji menuturkan fasilitas di tempat tersebut sudah cukup lengkap. Di antaranya adalah fasilitas keamanan 24 jam.

Selain itu juga tersedia laundry serta fasilitas makan dan minum.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Seseorang yang Terinfeksi Virus Corona hingga Dinyatakan Sembuh?

Cara mengakses

Adapun bagi tenaga medis yang menghendaki untuk tinggal di tempat tersebut dapat terlebih dahulu melakukan pendaftaran dengan menghubungi hotline Covid-19 di nomor 08112764800.

“Gedung sudah bisa dimanfaatkan sejak Minggu (12/4/2020 kemarin, tetapi memang belum ada yang mendaftar,” terangnya lebih lanjut.

Meski demikian, Aji menuturkan untuk minggu ini sudah ada beberapa orang yang mendaftar.

“Kalau tidak salah untuk minggu ini sudah ada 9 orang yang mendaftar, dan bisa mulai digunakan,” jelasnya.

Penyediaan Gedung untuk tempat tinggal sementara tenaga medis DIY ini juga disampaikan oleh akun resmi Humas Pemda DIY @humas_jogja

“Pemda DIY menyediakan tempat tinggal sementara yakni di Gedung Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri, Jl. Melati Kulon, Baciro yang diperuntukkan bagi tenaga medis yang aktif melayani pasien positif COVID-19 DIY #JogjaElinglanWaspada” tulis akun tersebut.

Baca juga: Bikin Masker Sendiri di Rumah, Ini Bahan yang Paling Baik Menurut Penelitian

Dalam video berdurasi satu menit tersebut juga terlihat mengenai fasilitas gedung yang nantinya dapat digunakan oleh tenaga medis.

“Fasilitas ada sekitar 200 bed yang siap untuk menampung tenaga medis yang membutuhkan tempat akomodasi untuk menginap,” terang Sekretariat Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 DIY, Danang Syamsurizal dalam video tersebut.

Danang juga menyampaikan tujuan penyediaan fasilitas gedung tersebut adalah untuk memberikan dukungan pada para tenaga medis yang sedang menangani covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi