Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Grab dan Pemerintah Pastikan Masyarakat Mudah Peroleh Bahan Pangan Saat PSBB

Baca di App
Lihat Foto
Grab Indonesia
Merchant mitra GrabFood sedang memeriksa suhu tubuh pengemudi.
|
Editor: Virdita Rizki Ratriani

KOMPAS.com - Implementasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah dimulai sejak 10 April 2020 di Jakarta membuat aktivitas masyarakat di luar rumah menjadi terbatas.

Aturan tersebut membuat masyarakat diimbau untuk tetap tinggal di rumah agar dapat melandaikan kurva penyebaran virus COVID-19.

Hal itu turut mengubah kebiasaan masyarakat yang harus beradaptasi untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.

Grab bekerja sama dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia serta berbagai mitra usaha retail besar memastikan kebutuhan masyarakat akan bahan pangan sehari-hari dapat terpenuhi dengan mudah melalui GrabExpress, yang siap mengantarkan ke rumah mereka.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: PSBB di Bodebek Dimulai Besok, KRL Masih Beroperasi

Nota Kesepahaman telah ditandatangani antara Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Grab dan 6 Mitra Usaha di Indonesia yakni, PT. CPI (Prima FreshMart), PT. Japfa Comfeed Indonesia (Best Meat), PT. Tri Putra Panganindo (Juragan Ayam), PT. Cimory (Cimory), PT. Indoguna (Indoguna), dan PT Agro Boga Utama (Meat n Fresh).

Para mitra usaha yang merupakan perusahaan penyedia daging sapi, ayam, ikan, susu dan juga produk lainnya akan memastikan inventaris mereka yang bervariasi tersedia bagi pelanggan Grab.

Baca juga: PSBB di Depok, Pengemudi yang Langgar Aturan di Perbatasan Disuruh Putar Balik

Selain itu, pengiriman juga menjangkau berbagai provinsi di Indonesia yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung, Bali dan Sulawesi Selatan dengan layanan GrabExpress.

Sementara, dengan GrabExpress, konsumen dapat memperoleh barang belanjaan mereka pada hari itu juga.

Kementerian Pertanian akan memfasilitasi pengiriman yang lebih cepat dengan menyediakan pusat distribusi di area Kementerian Pertanian. Kementan juga akan menyiapkan berbagai lokasi tambahan untuk masing-masing mitra usaha.

Dengan menambah titik distribusi, konsumen dapat memperoleh barang belanjaan mereka dengan lebih cepat dikarenakan lokasi pusat distribusi yang lebih dekat.

Baca juga: Bupati Bekasi Minta Tiap Desa Siapkan Lumbung Cadangan Pangan Selama PSBB

Cakupan skema layanan 

Adapun skema layanan yang disediakan oleh Grab mencakup:

GrabMart: Beberapa toko Mitra Usaha akan terdaftar sebagai mitra usaha di GrabMart. 

Konsumen di Jakarta, Bogor, Depok dan sekitarnya dapat melakukan pemesanan serta pengantaran langsung melalui GrabMart di aplikasi Grab mereka.

GrabExpress Nalangin: Alternatif lainnya, konsumen di Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bali dapat melakukan pemesanan melalui toko mitra usaha melalui GrabExpress Nalangin kemudian toko tersebut akan menyiapkan pesanan dan mengirimnya via GrabExpress.

Mitra Pengantaran akan membayarkan biaya belanjaan terlebih dahulu kepada mitra usaha, dan pelanggan dapat langsung mengganti biaya tersebut kepada mitra pengantaran saat barang diterima.

Baca juga: Pemprov DKI: 200-an Perusahaan Besar Diizinkan Beroperasi Saat PSBB oleh Kemenperin, Seharusnya Tutup

Tersedia juga layanan GrabExpress Nalangin Car yang akan melayani pelanggan dengan armada GrabCar untuk belanjaan dalam jumlah besar.

Pemesanan via WhatssApp: Mitra usaha yang memiliki akun Grab For Business sehingga konsumen dapat melakukan pemesanan kepada mereka lewat WhatsApp dan kemudian memilih pilihan pengiriman via GrabExpress.

Fitur ini akan tersedia di 234 kota di Indonesia. Beberapa mitra swalayan yang menawarkan layanan ini termasuk Giant, Indomaret, Ranch Market, Farmer’s Market, Carrefour/Transmart, dan lainnya.

Baca juga: Meski Kemenhub Beri Izin, Gojek dan Grab Masih Enggan Tampilkan Fitur Ojek Online

Kesempatan penghasilan bagi mitra pengemudi

Meskipun pergerakan di berbagai kota di Indonesia telah dibatasi, Grab terus mencari berbagai cara untuk menciptakan kesempatan mendapatkan penghasilan bagi mitra pengemudi dan mitra pengantaran.

Grab telah meluncurkan GrabMart, layanan pengiriman barang-barang kebutuhan sehari-hari di Jakarta dan GrabExpress Nalangin, yang membantu pelanggan di 234 kota untuk berbelanja dari rumahnya.

Lebih lanjut, Grab juga telah meluncurkan Program Bantuan Mitra, GrabCare, yang akan menyediakan bantuan finansial dan medis, mendistribusikan ribuan paket sembako, serta memberikan masker dan hand-sanitizer gratis untuk mendukung kebutuhan Mitra Pengemudi dan Pengantaran dalam masa yang sulit ini.

Baca juga: Grab Indonesia: Cobaan Pandemi Menguatkan Kami untuk Memastikan Mitra Pengemudi Mendapat Kelayakan dan Keberlangsungan Hidup

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi