Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Bentuk Satgas Rafico 2020 di Tengah Pandemi Corona, Apa Itu?

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/OKY LUKMANSYAH
Petugas melakukan pengisian BBM di kios BBM tol fungsional Pejagan-Pemalang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (18/6/2018). Untuk antisipasi kelangkaan BBM pada arus balik PT Pertamina MOR IV Jawa Tengah/DIY menyiapkan 23 titik kios BBM di jalur tol fungsional, karena hingga H+2 konsumsi BBM mengalami peningkatan 291 persen.
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menjamin terpenuhinya pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji bagi masyarakat selama Ramadhan hingga Idul Fitri di tengah pandemi virus corona.

Selain memastikan stok tersebut, Pertamina juga membentuk satuan tugas Ramadhan, Idul Fitri, dan Covid-19 Tahun 2020 (Rafico 2020).

VP Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, satgas ini berlaku di Pertamina seluruh Indonesia.

"Satgas meliputi seluruh Indonesia. Anggotanya di antaranya level Direksi, para GM operasional di masing-masing wilayah seluruh Indonesia dan tim," kata Fajriyah saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/4/2020).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Viral Struk Pengisian BBM Tidak Sesuai dengan Jumlah Aslinya

Kepastian layanan distribusi BBM

Satgas akan bertugas memastikan kehandalan dan keselamatan layanan distribusi energi baik bahan bakar minyak (BBM) atau LPG ke masyarakat. Tugas diemban hingga 8 Juni 2020 mendatang.

"Tim selalu dibentuk setiap tahun. Biasanya Satgas Rafi (Ramadhan dan Idul Fitri). Namun tahun ini ditambahkan Co (Covid)," ujar dia.

Selain bertugas memastikan kelancaran penyaluran BBM dan LPG, satgas juga akan melakukan penanganan penyebaran Covid-19 di masing-masing lingkungan Pertamina di wilayahnya.

"Koordinasi dari pusat. Implemantasi masing-masing wilayah Pertamina," katanya lagi.

Baca juga: Pertamina Buka Beasiswa untuk Mahasiswa Terdampak Covid-19, Simak Persyaratannya...

Pertamina MOR I

Sementara itu, berbagai persiapan terus dilakukan untuk memastikan terpenuhinya stok BBM dan elpiji yang disalurkan kepada masyarakat.

Kehandalan armada mobil tangki, aktivitas penerimaan dan penyaluran BBM dan elpiji di fuel terminal (FT) dan SPBE, semuanya dilaksanakan dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Marketing Operation Region (MOR) I Muhammad Roby Hervindo mengatakan, pencegahan Covid-19 dilakukan dengan melakukan disinfektasi ke seluruh lokasi operasi dan mewajibkan penggunaan masker.

"Seluruh pekerja termasuk awak mobil tangki (AMT) juga melaksanakan pemeriksaan Fit To Work (FTW) rutin sebelum memulai pekerjaan," kata Roby.

FTW dilakukan untuk memeriksa kondisi pekerja tetap sehat dan fit.

Adapun ini meliputi pemeriksaan suhu tubuh, pernapasan, tekanan darah, denyut nadi, tes mata dan tes keseimbangan.

Roby menambahkan, satgas Rafico MOR I memprediksi adanya peningkatan konsumsi BBM jenis bensin yang meliputi Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo untuk wilayah Sumatera Barat selama masa satgas, sebesar 24 persen dari rata-rata konsumsi normal.

Ini setara dengan kebutuhan dengan jumlah mencapai 2,2 juta liter per hari.

Baca juga: Pertamina, Skema Baru Pengisian BBM dan Pembayaran Nontunai...

Konsumsi BBM turun

Sementara untuk BBM jenis diesel, seperti Biosolar, Dexlite dan Dex, diprediksi mengalami penurunan sekitar 15 persen dibandingkan konsumsi normal.

Pertamina mengestimasi konsumsi BBM diesel selama Ramadhan dan Idul Fitri di Sumatera Barat mencapai 912 ribu liter per hari.

Jumlah ini turun dibandingkan konsumsi normal, yaitu 1,07 juta liter per hari.

"Untuk elpiji, kami estimasi peningkatan konsumsi pada Ramadan dan Idul Fitri 2020 sebesar delapan persen dari rata-rata konsumsi normal. Jumlahnya mencapai 120 ribu tabung per hari, meningkat dari rata-rata konsumsi normal 111 ribu tabung per hari," ujar Roby.

Meski memperkirakan sedikit kenaikan di sektor elpiji, Pertamina memastikan stok tersedia mencukupi.

Sedangkan di sektor penerbangan, walaupun mengalami penurunan konsumsi akibat pembatasan mobilisasi, Pertamina tetap menjaga ketersediaan Avtur guna melayani kebutuhan maskapai.

Baca juga: Viral Video Petugas SPBU Layani Pembelian BBM dengan Tandon Air

Pertamina delivery service

Sebelumnya, PT Pertamina telah membuat layanan Pertamina Delivery Service (PDS) untuk pembelian produk BBM, elpiji dan Pelumas.

Layanan ini membuat masyarakat bisa tetap berada di rumah meskipun membutuhkan BBM, elpiji, dan Pelumas.

Fajriyah menjelaskan, sebelum merebaknya Covid-19, layanan ini telah ada terutama untuk pemesanan Bright Gas.

"Kini layanan tersebut kami tingkatkan sehingga bisa juga melayani pemesanan BBM dan Pelumas. Selain itu, jangkauan wilayahnya pun kami perluas ke kota-kota lain di Indonesia," kata Fajriyah.

Layanan delivery service dibuka setiap hari untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan berbagai produk Pertamina, tanpa harus keluar dari rumah.

"Cara pemesanan produk ini sangat mudah, yaitu hanya dengan menghubungi Pertamina Call Center Pertamina 135 atau melalui chat Whatsapp di nomor 0811 135 0135," tambahnya.

Baca juga: Mulai 2020, SPBU Pertamina Terapkan Pembayaran Nontunai

Beberapa kota yang telah menyediakan layanan ini di Pulau Jawa adalah wilayah Jabodetabek, Bandung, Cianjur, Tasikmalaya, Sukabumi, Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Kebumen, Temanggung, Surabaya dan Malang.

Sementara di Bali, layanan tersedia untuk wilayah Denpasar, Gianyar, Badung dan Buleleng.

Di Sumatera, layanan antar pesan tersedia di Medan, Binjai, Deliserdang, Pekanbaru, Palembang, Banyuasin, Jambi, Bengkulu dan Lampung.

Sedangkan di Kalimantan, kota-kota yang menyediakan layanan pesan antar antar lain Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak dan Palangkaraya.

Untuk wilayah Sulawesi, layanan tersedia di Makassar, Kendari, Palu, Manado, Bitung, Gorontalo dan Mamuju.

Adapun produk yang masuk dalam layanan delivery service ini adalah BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina DEX dan Dexlite.

Untuk LPG, layanannya adalah Bright Gas dan untuk produk pelumas antara lain Fastron Gold, Fastron Techno, Fastron Diesel dan Fastron Eco.

Pemesanan akan diantar pada hari yang sama jika dilakukan sebelum pukul 17.00 waktu setempat.

Namun jika di atas jam tersebut, pengiriman akan dilakukan hari berikutnya mulai pukul 08.00–20.00 waktu setempat.

Baca juga: Viral Atap SPBU di Ambarawa Porak-poranda Diterjang Puting Beliung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi