Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Ini Galang Donasi Bantu Satwa di Bonbin Bandung yang Makannya Berkurang

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/AGIE PERMADI
Tampak duo jerapah, Satwa Afrika yang bernama Kemal (2) dan Tania (2,7) tengah bercengkrama di area zona Afrika di Bazoga atau Kebun Binatang Bandung.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

 

KOMPAS.com- Pihak Kebun Binatang Bandung tengah melakukan efisiensi dengan mengurangi pakan untuk satwa koleksinya. Hal ini dikarenakan dampak dari kondisi tidak adanya pengunjung akibat pandemi Covid-19.

Sejak pandemi virus corona, Kebun Binatang Bandung mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan menutup bonbin sejak 21 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.

Dengan kondisi tersebut, pihak kebun binatang tidak mendapatkan pemasukan dari tiket pengunjung.

Akibatnya, beberapa hewan terpaksa harus makan dengan makanan yang tidak sebanyak hari-hari biasa. Petugas pun bergantian menyediakan pakan satwa dan mengecek kesehatan satwa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kebun Binatang Bandung Terancam Potong Rusa untuk Pakan Satwa

Galang donasi

Berangkat dari hal itu, sebuah video singkat yang memperlihatkan kompilasi sejumlah artikel yang membahas kondisi di Kebun Binatang Bandung viral di media sosial, Jumat (1/5/2020).

Dalam unggahan tersebut dijelaskan perihal kondisi Kebun Binatang Bandung yang tengah berjuang di tengah pandemi virus corona.

Adapun video tersebut diunggah oleh akun Twitter deskajeun @dibawaribet pada Jumat (1/5/2020).

Baca juga: Viral Video Aksi Jambret hingga Seret Korbannya di Jambi

Terkait kondisi satwa di Kebun Binatang Bandung, pada akhir video, terdapat informasi mengenai penyaluran donasi yang digalang oleh Ananda Putri Solihah.

Hingga kini, unggahan tersebut telah di-retwit sebanyak lebih dari 18.700 kali dan telah disukai sebanyak 23.300 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Viral Polsuska Turunkan Paksa Diduga Anak Punk dengan Pistol, Ini Penjelasan PT KAI

Penjelasan penggalang dana

Terkait unggahan tersebut, Kompas.com mengonfirmasi kepada pihak penggalang donasi, Ananda Putri Solihah (27).

"Kemarin aku sudah kontak untuk marcom Kebun Binatang Bandung, Sulhan Safei, dan mereka oke," ujar Ananda saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (2/5/2020).

Ananda mengungkapkan, penggalangan donasi sementara memang masih menggunakan rekening pribadi sembari menunggu akun KitaBisa tayang.

"Untuk donasi, di sini aku masih pakai rekening aku pribadi, tapi nanti begitu KitaBisa tayang, aku mau kumpul semua di satu pintu saja di KitaBisa," ujar Ananda.

Ananda mengatakan, ia berencana memberikan uang hasil galang dana ke rekening resmi Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKKBSI).

Sebab, pihak PKKBSI memiliki supllier makanan untuk pakan hewan.

Baca juga: Kebun Binatang di Indonesia Menghadapi Krisis

Meski begitu, Ananda juga dengan tangan terbuka menerima donasi berupa pakan satwa dari para donatur.

Berikut rincian jenis pakan yang dapat disumbangkan:

  • Buah: pepaya, pisang, ubi, jangung muda, nanas, semangka, tomat, timun, kelapa muda
  • Sayur: kangkung, sawi, selada, kacang panjang
  • Ikan: mujaer, dencis
  • Daging: sapi, kambing, babi, ahti sapi, hati kambing, tanpa jeroan
  • Daging putih: ayam potong
  • Unggas hidup: ayam dan bebek
  • Pakan unggas: pellet co5, pur, jagung giling, padi burung, kuaci
  • Pakan ekstra: susu cair, susu kental manis, gula merah, telur ayam

Terkait daftar kategori pakan satwa yang dibutuhkan di Kebun Binatang Bandung, Ananda mengaku mendapat referensi tersebut dari mengutip dan menyamakan dari yang menggalang dana untuk Medan Zoo.

"Untuk yang donasi pakan akan kita kumpulkan mungkin segimana dapetnya ya, sementara ini sudah ada 3 orang yang mau kasih pakan, Senin kita baru bisa sekalian kasih ke pihak Kebun Binatang Bandung," ujar Ananda.

Baca juga: Mati Surinya Sejumlah Kebun Binatang di Tengah Pandemi, Ada yang Hendak Korbankan Rusa untuk Pakan Harimau

Ajak teman-teman

Sementara itu, penggalangan donasi ini tidak dilakukan Ananda sendirian, dia bersama Komunitas Anak Bandung, di mana komunitas ini sering mengadakan penhgalangan dana untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

"Sebenernya enggak ada persiapan apa-apa sih, awalnya dengar dari radio, terus bismillah ngajak temen-temen akhirnya jadi deh galang dana ini. Cuma paling Kitabisa-ya saja masih ke-pending," ujar Ananda.

"Teman-temanku, Alhamdulillah bantu bikin video berita terkait Kebun Binatang Bandung, bikin poster juga untuk donasi ini," lanjut dia.

Terkait penggalangan dana, Ananda mengaku tidak ada target pengumpulan. Dia sempat mendengar di berita bahwa KBB membutuhkan Rp 300 juta per bulan untuk pakan satwa.

Mengetahui hal itu, Ananda tidak "ngoyo" dan hanya ingin membantu meringankan pihak Kebun Binatang Bandung untuk ke depannya.

"Dana sementara aku pegang, biar gampang dicek. Nah, setiap hari aku save data donatur di google sheet yang aku share untuk semua orang agar transparan dananya ke mana dan bagaimana," ujar Ananda.

Baca juga: Stok Pakan dan Vitamin di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta Cukup

Sejauh ini, Ananda mengungkapkan baru akan ke Kebun Binatang Bandung untuk mengetahui berapa banyak satwa yang memerlukan makanan secepatnya dan memberikan donasi pakan yang telah disumbangkan oleh donatur.

Bagi Anda yang ingin mengirim donasi, dapat menyalurkannya melalui rekening BCA 8470298775 dan Bank HSBC 099059610844.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi