Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Palang Merah Sedunia, Melihat Peran Palang Merah dalam Perang Melawan Virus Corona...

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyemprotkan disinfektan di Rumah Susun Petamburan, Tanah Abang di Jakarta Pusat, Sabtu (4/4/2020). Penyemprotan disinfektan dalam rangka mitigasi pencegahan virus corona (COVID-19).
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Hari Palang Merah Sedunia diperingati pada 8 Mei setiap tahunnya.

Maka, hari ini, Kamis (8/5/2020), kita memperingati Hari Palang Merah Sedunia.

Peringatan tahun ini bersamaan dengan masih terjadinya pandemi virus corona. Palang Merah pun berperan besar di berbagai negara.

Pada peringatan Hari Palang Merah Sedunia hari ini, mari melihat peran palang merah di tengah perang melawan virus corona.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran palang merah

Di Amerika Serikat, bantuan yang diberikan palang merah beragam seperti penanganan saat terjadi kebakaran, membantu pengungsi, hingga memberi pelatihan menyelamatkan jiwa.

Melansir Redcross, Kamis (30/4/2020), sejak Februari 2020, Palang Merah Amerika Serikat telah membantu lebih dari 53.000 orang dari 13.000 kebakaran yang terjadi.

Untuk membantu menjaga semua orang aman dan mengikuti pedoman jarak sosial, relawan Palang Merah bekerja sama dengan departemen pemadam kebakaran setempat yang terhubung melalui telepon atau video.

Palang Merah Amerika juga menyediakan lebih dari 17.500 penginapan di hotel darurat untuk pengungsi dari bencana sejak 16 April 2020.

Terkait karantina dan isolasi lokal, Palang Merah Amerika telah memenuhi lebih dari 200 permintaan.

Mereka juga telah memberikan 40.000 barang bantuan seperti dipan, selimut dan perlengkapan kesehatan, di California, Oregon, Texas, Washington.

Untuk membantu memastikan orang yang rentan tidak kelaparan selama krisis, mereka bekerja sama dengan masyarakat untuk menyediakan makanan.

Baca juga: Palang Merah Indonesia Terima Tiga Unit Bilik Sterilisasi

Makanan-makanan tersebut dipesan oleh pemerintah atau orang yang tinggal di rumah dan tidak bisa ke mana-mana. Protokol jarak sosial dilakukan oleh mereka.

"Ini termasuk beberapa permintaan sukarelawan untuk mendukung misi pemberian makan kritis untuk beberapa daerah yang paling parah dilanda, seperti Los Angeles dan New York City," demikian yang tercantum dalam website Palang Merah AS.

Selain itu, Palang Merah Amerika juga menyediakan layanan kesehatan dan layanan kesehatan mental.

Kegiatan yang dilakukan relawan seperti ikut membantu menjawab telepon soal Covid-19 di bagian hotline, memeriksa kesehatan, dan sebagainya.

Selain di Amerika, palang merah di berbagai negara juga melakukan hal serupa.

Dilansir dari International Committee of the Red Cross (ICRC), Kamis (23/4/2020), di Afganistan, mereka menjadi bagian dari gugus tugas Covid-19 yang dipimpin Kementerian Kesehatan Masyarakat.

Respons operasional mereka terhadap Covid-19 berfokus pada pencegahan dan pengendalian infeksi di tempat-tempat penahanan dan mendukung fasilitas kesehatan.

Mereka membantu kesiapan ruang isolasi dengan menyumbang termometer, telepon, dan peralatan lain. Akses air minum juga dipastikan aman.

ICRC juga menjaga pasokan obat di apotek, merekrut perawat, dan melatih perawat untuk ditempatkan di daerah perbatasan.

Di Bangladesh, ICRC meningkatkan kesiapan 68 penjara di seluruh negeri dalam menghadapi kemungkinan wabah.

Mereka juga membantu kelangsungan hidup 3.000 pengungsi dari Rakhine yang tinggal di kamp Konarpara. Mereka diberi makan dan alat kebersihan selama sebulan.

Di Filipina, ICRC bekerja sama dengan Palang Merah dan pihak berwenang untuk melindungi kesehatan para tahanan dan staf penjara.

Mereka memberikan 4 unit isolasi, pelatihan tentang praktik pengendalian infeksi, peralatan medis. Tak hanya yang berhubungan dengan kesehatan, tetapi juga memberi pasokan air, sanitasi, dan listrik.

Indonesia

Indonesia juga bekerja sama dengan ICRC. Di Indonesia, mereka juga berfokus pada tindakan pencegahan di tempat-tempat penahanan.

Itu termasuk distribusi alat kebersihan dan perlindungan medis seperti sabun, masker, sarung tangan dan desinfektan.

Bersama Palang Merah Indonesia, mereka memodifikasi kendaraan menjadi ambulans agar bisa digunakan untuk merespons Covid-19.

Peralatan perlindungan pribadi dan dukungan keuangan juga diberikan kepada staf sukarelawan selama 3 bulan pertama.

Selain itu, mendistribusikan masker sekali pakai, sarung tangan, kantong mayat, dan lainnya. Mereka juga memberi pelatihan dan diseminasi melalui Skype.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi