Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus di Amerika Gelar Perayaan Kelulusan Unik saat Pandemi Corona

Baca di App
Lihat Foto
CSUSM/Graduates on Parade
Salah satu wisudawan mengikuti rangkaian CSUSM Graduates on Parade, perayaan kelulusan di saat pandemi.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Banyak acara atau kegiatan yang tertunda bahkan dibatalkan akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun ini.

Salah satu acara yang terdampak adalah upacara perayaan kelulusan atau wisuda yang biasa diselenggarakan oleh kampus-kampus di seluruh dunia.

Adanya virus corona membuat begitu banyak kampus menunda, membatalkan, atau tetap menyelenggarakan perayaan kelulusan ini dengan cara yang berbeda.

Misalnya dilakukan oleh California State University San Marcos (CSUSM).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Wisuda di Tengah Pandemi Covid-19, Kampus Ini Gunakan Robot untuk Gantikan Wisudawan

Perayaan kelulusan dengan parade

Mereka tetap menyelenggarakan perayaan kelulusan bagi mahasiswa angkatan 2020 dengan cara yang cukup unik, yakni melakukan parade kelulusan dari dalam mobil.

Wisudawan tetap mengenakan toga lengkap beserta samir kelulusan dan membawa serta beragam atribut untuk menyemarakkan acara.

Dikutip dari laman resmi CSUSM, kegiatan ini diselenggarakan pada Jumat (15/5/2020) dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat dengan rute yang telah ditentukan.

Kampus mempersilakan para mahasiswanya untuk menghias mobil yang akan mereka guakan dan mengajak serta keluarga terdekat atau keluarga satu rumah  untuk bergabung bersama merayakan kelulusan yang tentu membahagiakan.

Sementara para staf dan perwakilan dari masing-masing fakultas akan berdiri di pinggir jalan untuk turut menyemarakkan parade berupa iring-iringan mobil tersebut.

Baca juga: Benarkah Virus Corona Rekayasa dan Pembuat Vaksin Diuntungkan?

Apresiasi

Melansir KPBS, setidaknya terdapat 4 ribu mahasiswa di CSUSM yang akan mendapat gelar akademis mereka pekan ini.

Presiden Universitas, Dr. Ellen Neufeldt menyebut parade ini akan diselenggarakan dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan semua pihak.

Alasan mengapa kampus tetap menyelenggarakan perayaan ini di tengah pandemi, Neufeldt menyebut tidak lain sebagai upaya kampus mengapresiasi capaian akademis yang telah didapatkan oleh para mahasiswanya dengan susah-payah di tengah banyaknya keterbatasan akibat wabah.

“Kami tidak ingin lupa untuk merayakan pencapaian Anda saat ini. Jadi yang akan kami lakukan adalah mengadakan parade kelulusan khusus untuk Anda. Lulusan parade di sini, di CSUSM," kata Neufeldt.

Salah satu peserta parade, lulusan Jurusan Studi Internasional, Michelle Tran mengaku sangat bersemangat mengikuti acara yang digelar kampusnya.

"Saya benar-benar bersemangat dan saya pikir itu tanda yang bagus," kata Tran.

Tran telah menyadari, pandemi ini akan membuatnya mengakhiri masa kuliah dengan tidak biasa. Ia akan berbeda dari mahasiswa-mahasiswa tahun-tahun sebelumnya yang merayakan wisuda dengan cara yang konvensional.

"Bagi saya, saya telah menerima bahwa cara saya mengakhiri karir kuliah saya tidak akan sama atau seperti yang saya bayangkan pada awalnya," ujar dia.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Menggunakan Background Rak Buku Saat Telekonferensi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi