Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Foto Viral Disebut Peristiwa Longsor di Tol Ungaran

Baca di App
Lihat Foto
Twitter
Beredar foto peristiwa longsor di jalan tol yang diklaim foto longsor di Tol Semarang-Solo. Jasa Marga memastikan, foto ini bukan foto longsor di Tol Ungaran.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Pada Minggu (31/5/2020) hingga Senin (1/6/2020) pagi beredar sebuah foto di media sosial memperlihatkan sebuah jalan tol 4 ruas tertimbun longsoran tanah.

Narasi yang mengikuti foto itu menyebutkan bahwa yang terlihat pada foto itu adalah longsor yang terjadi di jalan tol Ungaran, Jawa Tengah.

Pihak Jasa Marga membantah foto tersebut menggambarkan kondisi longsor di tol Ungaran, meski memang benar telah terjadi longsor di salah satu ruas jalan tol Semarang-Solo.

Jasa Marga menyebut foto itu hoaks.

Narasi yang beredar

Melalui media sosial, salah satunya Twitter, sejumlah netizen membagikan foto jalan tol yang tertimbun material longsoran tanah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsoran yang disebutkan terjadi di tol Semarang-Solo itu terlihat menimbun dan memutus 4 ruas jalur yang tersedia di sana.

Salah satu akun yang mengunggah informasi itu adalah akun Twitter @utomo_kukuh.

Dalam keterangannya, ia menulis longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah sekitar lokasi.

Foto yang sama juga beredar di grup-grup percakapan Whatsapp dengan narasi yang sama.

Klarifikasi Kompas.com

Merespons informasi yang beredar, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan klarifikasi seputar peristiwa tanah longsor yang terjadi di jalan Tol Semarang-Solo.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso menegaskan foto yang beredar bukan terjadi di tol Semarang-Solo.

"Kami tegaskan bahwa foto yang beredar itu adalah hoaks karena tidak menggambarkan kondisi sebenarnya," kata Heru, seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (31/5/2020).

Namun, ia membenarkan terjadi longsor di Tol Semarang-Solo KM 426+600 arah Jakarta pada Sabtu (30/5/2020) malam pukul 22.48 WIB.

Kondisi sesungguhnya di lapangan, longsoran tidak menutup 4 ruas jalan.

Diketahui, foto yang beredar merupakan kejadian tanah longsor yang menimpa National  Higway No 3 di wilayah Keelung, Taiwan Utara.

Dalam foto terlihat petugas yang tengah berupaya menyelamatkan penumpang dari 3 unit mobil yang tertimbun longsoran lereng bukit.

Foto tersebut merupakan milik Reuters yang menjadi salah satu foto terbaik pada tahun 2010 versi The Telegraph.

Dari pemberitaan yang dimuat Daily Mail, 26 April 2010, longsoran ini diketahui menutupi sepanjang 300 meter badan jalan dan menimbun sejumlah pengguna jalan.

Salah satu korban yang tertimbun adalah seorang pengemudi taksi bernama Lin yang diyakini tengah melintas saat longsor terjadi.

Hal itu diketahui dari GPS yang terdeteksi oleh perusahaan taksi tempatnya bekerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi