Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baik Indonesia Hari Ini: 102 Daerah Bebas Covid-19, Rupiah Menguat

Baca di App
Lihat Foto
Manuela Molina
Ilustrasi virus corona untuk anak-anak, diambil dari buku #COVIBOOK karya Manuela Molina.
|
Editor: Virdita Rizki Ratriani

KOMPAS.com - Di tengah pandemi virus corona penyebab Covid-19, kemunculan kabar baik adalah hal yang sangat dinantikan sebagai pemantik harapan.

Pandemi yang telah melanda Indonesia selama hampir tiga bulan ini tidak hanya mengancam keselamatan masyarakat, tetapi juga mengakibatkan masyarakat kesulitan mencari nafkah.

Kompas.com telah merangkum sejumlah kabar baik yang terjadi pada hari Jumat, (5/6/2020).

Antara lain, angka kesembuhan pasien Covid-19 yang terus bertambah, penguatan nilai tukar Rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, dan juga sejumlah provinsi yang tidak mengalami penambahan kasus baru Covid-19.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Tantangan Kerja Jurnalis di Tengah Pandemi Covid-19

1. Angka kesembuhan terus meningkat

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan adanya penambahan jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia pada Jumat (5/6/2020) dikutip dari Kompas.com.

Dalam 24 jam terakhir, pasien Covid-19 bertambah 703 kasus. Dengan demikian, total pasien positif hingga Jumat pukul 12.00 WIB mencapai 29.521 kasus.

Saat ini jumlah active cases atau pasien yang dirawat mencapai 18.308 pasien, mengalami penambahan 103 pasien

Sementara itu, jumlah pasien yang sembuh bertambah 551 orang. Maka, total pasien sembuh sampai saat ini menjadi 9.443 orang.

Angka tersebut merupakan jumlah pasien sembuh harian yang tertinggi sejak kasus dilaporkan pada 2 Maret 2020.

Baca juga: Kabar Baik: Rekor 551 Pasien Covid-19 Sembuh Harian, Begini Perawatannya

Kemudian, kasus kematian bertambah 49 sehingga pasien Covid-19 meninggal dunia yaitu 1.770 orang.

Meski demikian, sejak tanggal (1/6/2020) jumlah pasien yang dinyatakan sembuh selalu mengungguli penambahan pasien yang harus menjalani perawatan.

Baca juga: Semua Pasien Covid-19 di Padang Panjang Sudah Sembuh

2. Enam provinsi nol kasus baru

Selain angka kesembuhan yang semakin meningkat, enam provinsi juga mencatat nol kasus baru dari tambahan 703 kasus baru pada (5/6/2020).

Keenam provinsi tersebut yaitu:

  • Aceh
  • Bengkulu
  • Riau
  • Sulawesi Barat
  • Nusa Tenggara Timur
  • Gorontalo

3. 102 daerah bebas Covid-19 

Pada hari Jumat (5/6/2020), Pelakasana Tugas (Plt) Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) Safrizal mengatakan, ada 102 kabupaten/kota yang masuk kategori zona hijau penularan Covid-19.

Zona hijau berarti bahwa belum terdampak penularan penyakit tersebut. Safrizal tidak merinci kabupaten/kota mana saja yang masuk ke dalam zona hijau.

Namun, dia memastikan daerah yang masuk zona hijau telah siap menuju pelaksanaan tatanan baru (kenormalan baru).

"102 kabupaten/kota yang sudah siap menuju pelaksanaan tataran baru, " ungkap Safrizal.

Baca juga: Kemendagri: 85 Kabupaten/Kota Zona Merah Covid-19, 102 Zona Hijau

4. Pemerintah siap penuhi target 20.000 tes Covid-19

Pemerintah memastikan fasilitas laboratorium pemeriksa spesimen Covid-19 di Tanah Air cukup untuk mengejar target pemeriksaan 20.000 tes per hari.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan, pemerintah terus mengupayakan agar target itu terkejar.

"Kami mengupayakan target 20.000 sehari harus kita kejar, karena sarana untuk melaksanakan ini berupa laboratorium dan sebagainya cukup dan sudah tersebar di banyak tempat," kata Yuri dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Jakarta, Jumat (5/6/2020) dikutip dari Kompas.com.

Saat ini, pemerintah telah mengaktifkan 66 laboratorium tes cepat molekuler (TCM) untuk membantu pemeriksaan tes dengan metode real time PCR. Laboratorium RT-PCR yang saat ini aktif, yaitu sebanyak 110 unit laboratorium.

"Kami sudah mengaktifkan 66 mesin TCM yang ada di semua kabupaten/kota di Tanah Air," lanjut dia.

"Ini menjadi salah satu tulang punggung kita, sehingga jarak antara rumah sakit yang membutuhkan pemeriksaan dengan laboratorium yang mampu memeriksa makin bisa diperpendek," imbuh Yuri.

Baca juga: Hingga 2 Juni, Dinkes DKI Uji 154.345 Spesimen dengan Metode PCR

5. Penguatan Rupiah

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot ditutup menguat.

Mengutip data Bloomberg Jumat (5/6/2020) rupiah ditutup pada level Rp 13.878 per dollar AS atau menguat 218 poin (1,54 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.095 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan penguatan rupiah akhir pekan ini terdorong oleh strategi bauran ekonomi yang sudah diterapkan pemerintah dan Bank Indonesia dengan pemberlakuan periode new normal.

“Pemerintah sudah memberlakukan new normal di bulan Juni ini walaupun Pemrov DKI memutuskan melanjutkan PSBB meski dengan pelonggaran, atau yang disebut masa transisi.

Keputusan ini akan menggeliatkan roda perekonomian di DKI Jakarta yang merupakan barometer ekonomi,” kata Ibrahim seperti diberitakan Kompas.com (5/6/2020).

Baca juga: Rupiah Akhir Pekan Berhasil Menguat ke Level Rp 13.878 Per Dollar AS

(Sumber: Kompas.com/ Tsarina Maharani, Kiki Safitri, Dian Erika Nugrahenny | Editor: Fabian Januarius Kuwado, Bambang P. Jatmiko, Diamanty Meiliana)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi