Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Asteroid Seluas Lapangan Sepak Bola Baru Saja Mendekati Bumi, Apa Dampaknya?

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi asteroid
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Tiga asteroid seluas lapangan sepak bola yakni Asteroid 2020 LA, 2020 KA7, dan 2020 KK3 baru saja melintas mendekati bumi, Minggu (7/6/2020).

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Andi Pangerang, mengatakan,  Asteroid 2020 LA mendekati Bumi pada pukul 02.16 WIB pada jarak 1,4 juta kilo meter atau 3,7 kali jarak Bumi ke Bulan.

"Iya betul. Pada hari Minggu (7/6/2020) tiga asteroid itu mendekati bumi," kata Andi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (7/6/2020). 

Sementara, Asteroid 2020 KA7 mendekati Bumi pada pukul 13.33 WIB pada jarak 3,9 juta kilo meter, dan Asteroid 2020 KK3 mendekati Bumi pada pukul 14.14 WIB pada jarak 7,9 juta kilo meter.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa ukuran asteroid-asteroid itu?

Andi menjelaskan, ketiga asteroid tersebut memiliki ukuran hampir seluas lapangan sepak bola.

"Asteroid 2020 LA diperkirakan ukurannya 24-54 meter, 2020 KA7 itu antara 23-51 meter, 2020 KK3 berukuran 22-49 meter. Jadi ketiganya memang ukurannya sedikit mirip atau sebesar lapangan sepak bola," lanjut Andi.

Baca juga: Sebuah Asteroid Terpantau Mendekati Bumi Jelang Lebaran, Ini Penjelasan Lapan

Asteroid 2020 LA dan 2020 KK3, lanjut Andi, termasuk Asteroid Apollo karena orbitnya yang mirip dengan orbit Asteroid 1862 Apollo.

Sementara itu, Asteroid 2020 KA7 tergolong sebagai Asteroid Amor karena orbitnya mirip dengan orbit Asteroid 1821 Amor.

"Karena ukurannya yang kecil, maka asteroid ini tidak digolongkan sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya. Saya ulangi sekali lagi, asteroid ini tidak termasuk sebagai asteroid yang berbahaya," kata dia.

Selain itu, karena jaraknya yang masih sangat jauh dari jarak Bumi ke Bulan, sehingga tidak akan membahayakan bagi Bumi.

Ia berpesan kepada masyarakat untuk tidak panik atau khawatir yang berlebihan.

Asteroid lain akan dekati Bumi

Selain tiga asteroid itu, ada dua asteroid lain yang juga akan mendekat ke Bumi pada Juni ini. 

"Pada tanggal 24 Juni nanti akan ada Asteroid 2010 NY65 itu ukurannya hingga 310 meter, dan yang terdekat nanti yakni pada 16 Juni nanti akan ada Asteroid 2016 JT38 itu ukurannya hingga 540 meter," jelas  kata Andi.

Andi menjelaskan, peristiwa asteroid yang mendekat ke Bumi merupakan suatu hal yang biasa karena sumber datangnya asteroid bisa dari beberapa tempat.

"Asteroid-asteroid yang mendekati Bumi ini ada yang sumbernya dari sabuk asteroid yang terletak di antara Mars dan Jupiter," kata dia.

"Juga ada asteroid lain yang berada di sabuk kuiper yang orbitnya di luar orbit Pluto," lanjut Andi.

Hampir setiap hari, kata Andi, asteroid-asteroid tersebut tidak hanya mendekati Bumi, tetapi juga mendekati planet-planet lain seperti Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan planet-planet besar lainnya.

Namun, asteroid-asteroid dapat dikatakan berbahaya jika memang ukurannya bisa lebih besar dari 100 meter atau magnitudonya sekitar 22.

"Dan juga jarak terdekat dengan Bumi kurang dari 3,2 jarak Bumi ke Bulan atau sekitar 1 juta kilometer," kata Andi.

Baca juga: Catat, Ini Daftar 10 Asteroid Besar yang Dekati Bumi Sepanjang 2020

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi