Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai di Twitter, Ini 5 Tempat Wisata Favorit di Tawangmangu

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA
Suatu titik di lereng Gunung Lawu.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Demi mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19, masyarakat dengan tertib memilih untuk tetap tinggal di rumah dan membatasi aktivitas keluar rumah hanya untuk hal-hal yang penting.

Tidak mengherankan bila setelah hampir tiga bulan hanya tinggal di rumah maka mereka kemudian merasa rindu untuk pergi keluar rumah, terutama pergi berwisata.

Kerinduan ini kemudian diungkapkan di media sosial dengan cara mengunggah foto-foto tempat wisata yang pernah mereka kunjungi, salah satu tempat yang kemudian ramai diperbincangkan adalah Tawangmangu.

Baca juga: Gelar Pernikahan Cucu, Mbok Yem Legenda Gunung Lawu: Sederhana Saja, Situasinya Begini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesejukan di lereng Gunung Lawu

Tawangmangu adalah nama sebuah kecamatan di wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Terletak di lereng Gunung Lawu, Tawangmangu terkenal karena hawanya yang sejuk serta menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat di wilayah Surakarta dan sekitarnya untuk sejenak melepas penat.

Di Tawangmangu, wisatawan bisa memilih untuk mengunjungi berbagai destinasi yang ada. Bagi mereka yang menggemari wisata alam, bisa mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu dan Air Terjun Jumog.

Tidak melulu wisata alam, terkadang wisatawan hanya ingin bersantai dan menikmati udara yang segar. Maka, banyak pilihan tempat makan dan warung kopi yang bisa dipilih di sepanjang jalan Tawangmangu.

Mulai dari angkringan, warung tenda, hingga coffee shop kekinian tersedia di Tawangmangu.

Berikut Kompas.com telah merangkum lima tempat wisata favorit yang bisa dikunjungi saat berwisata ke Tawangmangu dan sekitarnya.

Baca juga: Lawu Park, Sensasi Menikmati Salju di Tawangmangu

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Dalam bahasa Indonesia, Grojogan Sewu berarti Air Terjun Seribu. Lokasi ini memang sudah lama menjadi tempat wisata favorit di lereng Gunung Lawu.

Air terjun ini tidak pernah kering sepanjang tahun sehingga tetap pas dikunjungi pada musim kemarau. Untuk menuju titik air terjun, pengunjung harus melewati banyak anak tangga. Pengunjung juga akan ditemani oleh banyak monyet sepanjang perjalanan.

2. Air Terjun Jumog

Selain Grojogan Sewu, masih ada air terjun lagi yang ada di lereng Gunung Lawu. Air Terjun Jumog menjadi salah satu alternatif obyek wisata yang bisa dikunjungi saat akhir pekan.

Lokasi Air Terjun Jumog tidak berada di Tawangmangu, tetapi tepatnya berada di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Meski demikian, lokasi tersebut masih cukup dekat dari Tawangmangu.

Sama seperti Grojogan Sewu, air terjun ini juga tidak pernah kering sepanjang tahun. Air yang mengalir langsung dari Gunung Lawu terasa sangat sejuk dan segar.

Seolah belum cukup, hawa sejuk pegunungan juga sangat terasa di Air Terjun Jumog ini. Obyek wisata ini sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga. Telah tersedia pula kolam renang dan taman bermain anak.

Baca juga: Grojogan Sewu, Air Terjun yang Menyimpan Kisah Mahabarata

3. Kebun Teh Kemuning

Selain air terjun, masih ada keindahan lain yang tersaji di lereng Gunung Lawu. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan hamparan teh, salah satunya adalah di Kebun Teh Kemuning, di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah dekat dari Tawangmangu.

Saat musim kemarau, Kebun Teh Kemuning paling pas menjadi tempat untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Itu karena pemandangan ke sisi barat yang cukup terbuka.

Berfoto di tengah hamparan kebun teh pun merupakan aktivitas menyenangkan di sana karena hasil jepretan akan keren.

Selain itu, banyak pula obyek wisata yang telah tersebar di Kebun Teh Kemuning, salah satunya adalah Ndoro Dongker. Di sana, pengunjung bisa menikmati kelezatan teh segar yang dipetik langsung dari kebunnya.

4. Candi Cetho

Berlokasi di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini merupakan peninggalan era Kerajaan Majapahit dan bercorak Hindu.

Berada di ketinggian sekitar 1.496 meter di atas permukaan laut otomatis membuat tempat ini sejuk. Selain bersejarah, candi ini cukup unik. Menjadikan Candi Cetho sebagai pilihan wisata Karanganyar adalah pilihan yang tepat.

 

Di sini, pengunjung wajib memakai kain kampuh bercorak hitam putih yang diikatkankan di pinggang.

Bentuk-bentuk candi di Komplek ini juga menarik. Nilai artistic dari bangunannya, dipadu dengan alam di sekitarnya, membuat Candi Cetho sangat instagramable dijadikan sebagai lokasi berfoto. 

Baca juga: Mampir ke Candi Cetho, Candi Hindu di Lereng Gunung Lawu

5. Lembah Sumilir

Obyek wisata ini terletak di kaki Gunung Lawu bagian barat tepatnya di Dusun Milir RT 001/ RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso. 

Salah satu yang khas dari tempat ini adalah pengunjung akan menemukan sebuah rumah hobbit seperti di film Lord of the Ring.

Selain rumah hobbit, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dan keindahan alam di sekitar Lembah Sumilir. Pepohonan yang rindang dan asri membuat kawasan ini semakin indah.

Baca juga: Menikmati Keindahan Alam Lembah Sumilir di Kemuning Karanganyar

(Sumber: Kompas.com/ Anggara Wikan Prasetya, Nur Rohmi Aida | Editor: Wahyu Adityo Prodjo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi