Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat WHO Lanjutkan Uji Coba Hidroksiklorokuin untuk Covid-19...

Baca di App
Lihat Foto
Sonis Photography
Ilustrasi Hydroxychloroquine
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa uji coba klinis dari obat hidroksiklorokuin atau hydroxychloroquine akan dilanjutkan dalam pencarian pengobatan potensial terhadap Covid-19.

Sebelumnya, pada 25 Mei 2020, WHO mengumumkan bahwa sementara waktu menunda uji coba untuk melakukan tinjauan keselamatan terhadap obat tersebut.

Sementara saat ini menyimpulkan bahwa tidak ada alasan untuk mengubah cara uji coba yang dilakukan.

Baca juga: Diklaim Efektif untuk Covid-19, Berikut Beda Hidroksiklorokuin dengan Klorokuin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keputusan badan kesehatan PBB itu muncul setelah sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet menunjukkan bahwa obat itu dapat meningkatkan risiko kematian di antara pasien Covid-19.

Kelompok eksekutif yang disebut Solidarity Trial, di mana ratusan rumah sakit di seluruh dunia telah mendaftarkan pasien untuk menguji beberapa kemungkinan perawatan untuk virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, dan mengambil keputusan sebagai tindakan pencegahan.

Hidroksiklorokuin biasanya digunakan untuk pengobatan malaria dan mengobati radang sendi.

Tapi tokoh masyarakat termasuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mendukung obat itu digunakan untuk pencegahan dan pengobatan Covid-19.

Baca juga: Bayi Baru Lahir dari Ibu Positif Corona, CDC: Perlu Dites Covid-19

 

Hal ini tentunya mendorong pemerintah untuk membeli obat tersebut dalam jumlah besar.

"Minggu lalu, kelompok eksekutif dari uji solidaritas memutuskan untuk menerapkan jeda sementara dari hidroksiklorokuin, karena kekhawatiran yang timbul tentang keamanan obat," kata ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dilansir dari The Jakarta Post, (4/4/2020).

"Keputusan ini diambil sebagai tindakan pencegahan, sementara data keamanan ditinjau oleh komite keamanan dan pemantauan data oleh uji solidaritas," ujarnya.

Lebih lanjut, atas dasar data kematian yang tersedia, anggota komite merekomendasikan bahwa tidak ada alasan untuk memodifikasi protokol percobaan.

"Kelompok eksekutif menerima rekomendasi ini," tutur dia.

Baca juga: Waspada Gejala Baru Virus Corona, dari Sulit Berbicara hingga Halusinasi

Studi Covid-19

Kelompok eksekutif akan berkomunikasi dengan penyelidik utama dalam persidangan tentang melanjutkan kembali persidangan terkait hidroksiklorokuin.

"Komite keamanan dan pemantauan data akan terus memantau dengan seksama keamanan semua terapi yang diuji," ujar Tedros.

Lebih dari 3.500 pasien telah direkrut di 35 negara untuk mengambil bagian dalam uji coba.

Baca juga: Berkaca dari Vaksin HIV, Bagaimana jika Vaksin Corona Tidak Berhasil Ditemukan?

Sementara itu, melansir The Guardian, sebuah studi Covid-19 menyatakan bahwa hidrosiklorokuin tidak lebih baik dari plasebo.

Uji coba menunjukkan obat tidak melindungi mereka yang terkena virus agar tidak terinfeksi.

Sebuah studi menunjukkan, menggunakan hidroksiklorokuin tidak melindungi orang yang dekat dengan seseorang yang terkena virus corona agar tidak terinfeksi.

Donald Trump mengatakan kepada dunia bahwa dia minum satu pil sehari untuk melindungi dirinya dari virus corona.

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan obat itu tidak lebih efektif dalam melindungi orang yang terpapar virus daripada plasebo.

Baca juga: Uni Eropa Larang Penggunaan Hidroksiklorokuin untuk Covid-19

Persidangan yang dilakukan di AS dan Kanada, merekrut orang-orang yang berisiko sedang hingga tinggi tertular Covid-19.

Kebanyakan dari mereka dianggap berisiko tinggi karena berada kurang dari dua meter dari seseorang dengan virus selama lebih dari sepuluh menit tanpa memakai alat pelindung diri apa pun.

Harapannya yaitu obat dapat digunakan untuk melindungi orang-orang, di mana seseorang berada dekat dengan orang yang terinfeksi.

Ini merupakan uji coba terkontrol secara acak dan dibuat untuk membandingkan apa yang terjadi pada orang yang diberi hidroksi klorokuin dalam waktu empat hari setelah terpapar dan mereka yang diberi plasebo.

Baca juga: Obesitas dan Tingginya Angka Kematian akibat Virus Corona di AS...

Penelitian lanjutan

Para peneliti mendaftarkan 821 orang dewasa, dengan mayoritas berada di usia muda dan sehat dengan usia rata-rata 40 yang tidak memiliki gejala pada saat itu.

Dalam waktu empat hari setelah terpapar, masing-masing menerima pengiriman dari kurir paket yang berisi plasebo atau hidroksiklorokuin.

Pil harus diminum selama lima hari, dimulai dengan dosis yang lebih kuat pada hari pertama.

Sekitar satu dari delapan (107 dari 821) peserta mengembangkan Covid-19 selama 14 hari masa tindak lanjut.

Kedua kasus yang dikonfirmasi dan kemungkinan kasus yang tidak diuji tetapi dinilai berdasarkan gejala, dimasukkan dalam penelitian karena kurangnya ketersediaan tes diagnostik di AS.

Baca juga: Mengenal Hidroksiklorokuin untuk Corona, Apa yang Harus Diketahui?

Di antara mereka yang menerima hidroksiklorokuin, 49 orang mengembangkan Covid-19 (atau gejala yang cocok seperti demam atau batuk), dibandingkan dengan 58 pada kelompok yang menerima plasebo.

Perbedaannya tidak dianggap signifikan, di mana dua pasien harus dirawat di rumah sakit, dengan satu di setiap kelompok dan tidak ada kematian.

Orang yang diberi hidroksiklorokuin lebih mungkin melaporkan efek samping seperti mual dan sakit perut. Tapi tidak ada reaksi serius dan tidak ada gangguan irama jantung, yang merupakan masalah yang diketahui dengan obat tersebut.

“Sementara kami berharap obat akan bekerja dalam konteks ini, penelitian kami menunjukkan bahwa hidroksiklorokuin tidak lebih baik daripada plasebo ketika digunakan sebagai profilaksis pasca pajanan dalam waktu empat hari setelah terpapar pada seseorang yang terinfeksi virus corona baru,” kata Dr. Todd Lee, seorang profesor kedokteran, divisi penyakit menular di Universitas McGill di Kanada dan salah satu penulis utama penelitian ini.

"Hasil penelitian memberikan bukti yang tidak memihak untuk memandu praktik dalam pencegahan Covid-19 dan memperkuat pentingnya uji klinis acak karena kami bekerja bersama secara nasional dan internasional untuk memerangi virus corona baru,” kata Dr Ryan Zarychanski, seorang associate professor of internal medicine di University of Manitoba, Kanada.

Percobaan lain yang sedang berlangsung akan menunjukkan apakah ada tempat untuk obat dalam mencegah infeksi di pengaturan lain.

Baca juga: Ahli Ingatkan Masalah Usus Tingkatkan Risiko Infeksi Virus Corona

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 5 Mitos Seputar Masker

Uji coba yang jauh lebih besar sedang dilakukan pada petugas kesehatan, yang bertujuan untuk merekrut 40.000 di seluruh dunia, yang dipimpin oleh Unit Penelitian Obat-obatan Tropis Mahidol Oxford di Bangkok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi