Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Syarat Wajib Penumpang Lion Air hingga Pembelian Tiket

Baca di App
Lihat Foto
Airbus
Pesawat Lion Air
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Lion Air Group telah merilis persyaratan bagi penumpangnya yang wajib dipenuhi baik bagi penerbangan domestik maupun internasional. 

Kebijakan tersebut diatur melalui Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020 tentang perubahan atas Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam surat ini, calon penumpang hanya membutuhkan bukti tes kesehatan seperti rapid test, PCR test atau surat keterangan kesehatan.

Baca juga: Kisah Pramugari dan Pilot Singapura yang Terdampak Corona...

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute domestik

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, terdapat beberapa ketentuan bagi calon penumpang dengan rute domestik.

Ia menjelaskan, jika uji kesehatan yang digunakan adalah Rapid Test Covid-19 dengan hasil non-reaktif maka masa berlakunya selama 14 hari.

"Jika uji kesehatan yang digunakan Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Covid-19, dengan hasil negatif maka masa berlaku ialah 14 hari," kata Danang melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (27/6/2020).

Baca juga: KKP Sebut Ada 3 Aturan Naik Pesawat Komersil Selama PSBB, Apa Saja?

 

Lebih lanjut, jika kedua metode tes tersebut tidak tersedia di daerah asal, maka calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) dari dokter rumah sakit/ Puskesmas.

Danang menegaskan, calon penumpang Lion Air Group harus mencermati masa berlaku dari dokumen kesehatan yang digunakan.

Selain itu, agar memperhatikan dan memenuhi ketentuan-ketentuan perjalanan udara sebagaimana yang diatur oleh daerah/wilayah/kota tertentu.

Baca juga: Saat Pemerintah Hapuskan Proyek Pesawat R80, Impian Terakhir BJ Habibie...

Rute internasional

Sementara itu, untuk penerbangan internasional atau keberangkatan dari luar negeri ke Indonesia, diwajibkan menggunakan uji kesehatan RT-PCR dengan hasil negatif.

"Pelaksanaan penerbangan Lion Air Group tetap menjalankan menurut protokol kesehatan, dengan harapan agar setiap operasional memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan (safety first) dan dalam upaya tidak menyebabkan penyebaran Covid-19," ujar Danang.

Baca juga: Saat 100 Pramugari American Airlines Terkonfirmasi Positif Virus Corona...

Lantas, ketentuan apa saja yang wajib dipatuhi penumpang Lion Air Group?

1. Penumpang dimints tiba lebih awal di terminal keberangkatan yakni empat jam sebelum keberangkatan, di mana penerbangan Lion Air Group domestik tetap di Terminal 2E dan internasional di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Untuk bandar udara lainnya yang beroperasi tetap di terminal yang sama

2. Menunjukkan kartu identitas diri yang sah baik KTP atau tanda pengenal lainnya

3. Mengenakan masker sebelum penerbangan, saat di dalam pesawat hingga mendarat dan saat kedatangan serta keluar dari bandar udara

 

4. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembunuh kuman (hand sanitizer)

5. Mengikuti aturan jarak aman (physical distancing) selama di terminal bandar udara

6. Menjaga kebersihan selama berada di dalam pesawat

7. Mengikuti petunjuk awak pesawat

Baca juga: Qasem Soleimani, Mundurnya AS dan Polemik Jatuhnya Pesawat Ukraina di Iran...

Tiket

Sementara pembelian tiket dapat dilakukan di Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia, call center 021-6379-8000 dan 0804-177-8889, mitra agen perjalanan dan online travel agent.

Selain itu, dapat melakukan pembelian melalui laman resmi www.batikair.com, atau aplikasi perangkat smartphone Lion Air dan Batik Air.

"Pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut," papar Danang.

Baca juga: Melihat Dua Drone Canggih Turki, Pengubah Permainan di Suriah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi