Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bajaj Bajuri dan Tren Awal Mula Komedi Situasi di Indonesia...

Baca di App
Lihat Foto
iMDb
Sitkom populer tahun 2000-an Bajaj Bajuri, dijadikan film layar lebar berjudul Bajaj Bajuri The Movie.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Pembicaraan mengenai Bajaj Bajuri ramai di media sosial Twitter. Bahkan topik serial sinetron komedi situasi tersebut sempat menjadi trending pada Minggu (28//6/2020).

Jika dilihat lebih lanjut, obrolan atau diskusi yang terdapat dalam topik ini menyoal beberapa komedi situasi atau sitcom yang pernah ada di Indonesia, salah satunya Bajaj Bajuri.

Hal ini berawal dari sebuah thread atau utas yang dibuat oleh akun @peniparkour yang membahas soal hal-hal positif dari nilai yang ditawarkan oleh komedi situasi Tetangga Masa Gitu (TMG) yang tayang di NET TV.

Baca juga: Viral Unggahan soal Tanda-tanda Stroke Dikira Kesurupan, Ini Penjelasan Dokter...

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Ikorodu Bois, Undangan Hollywood dan Trailer Film Extraction...

Selanjutnya, pembicaraan melebar karena netizen menganggap Bajaj Bajuri juga memiliki nilai plusnya sendiri.

Namun ada juga netizen yang berada di pertengahan menetralkan perselisihan.

Netizen inilah yang menyebut Bajaj Bajuri sebagai komedi situasi yang terbaik dari masanya, sementara Tetangga Masa Gitu (TMG) merupakan komedi situasi terbaik di era modern ini.

Terlepas dari itu semua, bagaimana sebenarnya awal mula situasi komedi menjadi tren di Indonesia?

Dikutip dari buku "Kekuasaan dan Hiburan" karya Garin Nugroho Riyanto (1995), tren komedi situasi di dunia bermula dari serial komedi asal Amerika, I Love Lucy.

"Menjamurnya komedi situasi dewasa ini adalah spin off komedi situasi I Love Lucy (1950) yang merupakan cikal bakal komedi situasi menggunakan 3 kamera," tulis Garin.

Baca juga: IndoXXI Resmi Tutup, Ini 6 Layanan Streaming Film Legal

Lahirnya banyak komedi situasi saat ini dikarenakan para produsen konten televisi meramu kembali dan meniru unsur-unsur kesuksesan yang ada dalam I Love Lucy.

Ya, serial ini memang menjadi salah satu yang paling banyak ditonton di Amerika dan beberapa negara lain.

Bahkan saking banyaknya yang menonton, I Love Lucy disajikan dalam puluhan bahasa berbeda dan ditayangkan di berbagai negara dunia.

Baca juga: Di Balik Film Dokumenter Sobat Ambyar Didi Kempot...

Digemari masyarakat

Di pertelevisian Indonesia sendiri, program komedi situasi sudah banyak diproduksi. Bahkan sebagian di antaranya bisa dikatakan digemari banyak masarakat.

Selain Bajaj Bajuri dan Tetangga Masa Gitu, masih ada sederet komedi situasi yang disiarkan televisi Indonesia.

Misalnya OB, Suami-Suami Takut Istri, Kelas Internasional, Malam Minggu Miko, Saya Terima Nikahnya, dan masih banyak lagi.

Mengutip artikel Harian Kompas, 15 November 2018, jauh sebelum itu Indonesia juga sudah memiliki judul komedi situasi yakni Cintaku di Rumah Susun yang tayang pada 1987.

Baca juga: Nonton Film Favorit Dapat Mempercepat Tanda-tanda Penuaan

Sitcom ini mencertakan soal kehidupan sosial di rumah susun, termasuk bagaimana kompleksnya hubungan antar penghuni rusun, mulai urusan jodoh, kriminal, sampai masalah ekonomi kesulitan membayar sewa rumah beserta tunggakannya.

Kisah dalam sitcom ini sebenarnya muncul dari permasalahan-permasalahan nyata yang ada di tengah masyarakat Kota Jakarta, kota yang menjadi latar cerita.

Dalam artikel lain, kali ini edisi 12 Januari 2015 disebutkan komedi situasi masih digemari oleh masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, banyak stasiun televisi yang menayangkan konten semacam ini dan meminta para seniman peran untuk menggarapnya.

Baca juga: Rekomendasi 4 Film Horor yang Bisa Anda Ditonton pada 2020

Menawarkan cerita yang selalu berbeda

Menurut salah satu aktris asal Selandia Baru, Melanie Lynskey komedi situasi menawarkan penyampaian cerita yang selalu berbeda, meskipun secara umum alurnya cenderung selalu sama.

Komedi situasi merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mendapatkan perhatian penonton televisi, karena permasalahan yang diangkat adalah benar adanya di tengah kehidupan sehari-hari.

Artinya bukan sesuatu yang terlalu diada-adakan atau didramatisir.

Baca juga: 5 Fakta Film G30S/PKI, dari Film Wajib Era Soeharto hingga Pecahkan Rekor Penonton

Selain mudah diterima, dengan alasan yang sama, genre-genre berjenis sitcom ini juga cenderung lebih mudah disampaikan.

Tapi sebenarnya apa sih perbedaan dari komedi situasi dan konten komedi lainnya?

Berdasarkan keterangan dalam Encyclopedia Britannica, komedi situasi adalah konten komedi yang bisa dibawakan dalam radio maupun televisi.

Namun, dia berbeda dengan program komedi lainnya.

Baca juga: Siap-siap, Berikut Film Animasi dan Action yang Tayang di 2020

Rekaman suara gemuruh tepuk tangan

Beberapa hal yang paling membedakan komedi situasi dengan komedi lainnya adalah dalam sitcom karakter pemainnya tetap dan akan dibawakan secara terus-menerus dalam serangkaian episode.

Seringkali, karakter-karakter ini memiliki kepribadian yang berbeda-beda satu sama lain, bahkan bertolak belakang, namun mereka hidup atau ada dalam satu lingkungan yang sama, misalnya dalam sebuah gedung, apartemen, tempat kerja, dan sebagainya.

Perbedaan sifat dan karakter itu, dalam sitkom seringkali dilemparkan dalam waktu yang sama, sehingga terciptalah masalah sekaligus komedi di dalamnya.

Baca juga: INFOGRAFIK: Walt Disney, Pelopor Kartun Animasi

Masalah atau konflik yang timbul dalam sitcom tergambar dalam perdebatan lisan yang akan diselesaikan dalam waktu cepat dan sifatnya tidak berlarut-larut.

Satu hal lain yang juga sangat khas dari sitkom ini adalah tidak adanya penonton yang menyaksikan dan bereaksi secara langsung terhadap komedi yang tengah ditawarkan.

Respons audiens itu akan digantikan oleh rekaman suara gemuruh tepuk tangan, riuh tawa, atau sorak sorai yang akan dimainkan sesuai dengan adegan yang tengah dimainkan.

Terakhir, situasi komedia biasanya ditayangkan dalam durasi yang tidak terlalu panjang, hanya sekitar 30 menit penayangan setiap episodenya.

 Baca juga: SpongeBob Squarepants, dari Alat Mengajar jadi Animasi Terlaris

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi