Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Pertama Kali Video Call Ditemukan? Ini Sejarahnya

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi video call atau panggilan video.
|
Editor: Virdita Rizki Ratriani

KOMPAS.com - Selama masa pandemi virus corona, intensitas panggilan video atau video call meningkat.

Penyebabnya adalah adanya pembatasan sosial yang mengakibatkan orang-orang harus mengurangi atau bahkan meniadakan intensitas pertemuan secara fisik guna mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Agar tetap terhubung, orang-orang akhirnya beralih ke panggilan video. Sehingga mereka setidaknya bisa merasakan sedang berjumpa dengan teman atau rekan kerja walaupun hanya secara virtual.

Aplikasi penyedia layanan panggilan video pun menjadi lumrah digunakan, seperti WhatsApp Video Call, Google Meet, Google Duo, Zoom, dan Skype.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun, menariknya teknologi panggilan video bukanlah teknologi yang baru-baru ini hadir. Sejarah kemunculan panggilan video bahkan bisa ditelusuri hingga tahun 1927.

Baca juga: Video Call dengan Dwi Sasono, Widi Mulia: Happy Fathers Day Bapak Dwi Tersayang

Videophone pertama

Melansir Britannica, demonstrasi publik pertama dari videophone terjadi pada 7 April 1927, antara Herbert Hoover, saat itu sekretaris perdagangan AS, di Washington, D.C., dan pejabat AT&T di New York City. Pada waktu itu panggilan video hanya terjadi satu arah.

Demonstrasi videophone dua arah kemudian terjadi pada 9 April 1930, antara AT&T Bell Laboratories dan kantor pusat perusahaan, keduanya sama-sama berada di New York City.

Panggilan dua arah ini menggunakan peralatan televisi dan sirkuit tertutup. Kemudian pada 1956, Bell Labs telah mengembangkan videophone yang dapat digunakan pada sirkuit telepon yang ada.

Pada 1963, studi lebih lanjut mengarah pada pengembangan sistem videophone lengkap pertama, yang dikenal sebagai Picturephone.

Baca juga: Pandemi Covid-19, RS Omni di Tangsel Buka Layanan Konsultasi Dokter Lewat Video Call

Pada 1968 para insinyur Bell telah mengembangkan Picturephone generasi kedua, yang menjadi layanan publik pada tahun 1971.

Picturephone generasi kedua dirancang sebagai sistem yang lengkap. Semua aspek sistem dirancang dan dikembangkan untuk mendukung komunikasi video dua arah melalui sirkuit telepon.

Terminal Picturephone terdiri dari mikrofon unit tampilan video yang berisi speaker, kamera, dan monitor tabung.

Meski demikian, layanan ini kemudian dihentikan karena mengeluarkan ongkos pengembangan yang mahal dan tidak mendapat respons yang bagus dari pasar. Hal ini disebabkan ongkos pemakaiannya yang mahal.

Baca juga: Google Duo Sekarang Bisa Video Call 32 Orang Sekaligus

Videophone digital

Pada akhir 1980-an, beberapa perusahaan mulai mengembangkan dan menjual videophone yang masih bisa digunakan secara langsung melalui jaringan telepon umum (PSTN).

Pada 1992, AT&T memperkenalkan VideoPhone 2500, videophone berwarna pertama di dunia yang dapat mentransmisikan melalui saluran telepon analog.

Tidak seperti Picturephones sebelumnya, VideoPhone 2500 menggunakan metode kompresi digital untuk memungkinkan pengurangan bandwidth yang diperlukan untuk transmisi video full-motion secara signifikan.

Melansir PC World, pada 1996 Panasonic membuat protoripe ponsel video. Menurut Popular Mechanics, ini merupakan “videophone nirkabel pertama di dunia”.

Dapat mengirim video ada 3-7 frame per detik melebihi PHS Jepang ternyata memiliki berat lebih dari satu pound. Selanjutnya pada 1999, terdapat satu telepon seluler komersil yang menawarkan panggilan video, yaitu Kyorcera VP-210.

Baca juga: Zoom Fatigue, Penyebab Kelelahan akibat Terlalu Sering Video Call, Apa Itu?

Ketika era jaringan 3G muncul, makan Sony Ericsson Z1010 dan NEC e606 muncul pada 2003. Kedua ponsel tersebut telah menawarkan panggilan video yang berwarna. Meskipun memiliki fitur panggilan video berwarna, para konsumen masih belum menganggap fitur tersebut sebagai sesuatu yang penting.

Pada 2010 hingga kini keberadaan ponsel dengan fasilitas video call terus berkembang. Iphone 4 misalnya, awal ponsel dengan konsep video call dengan layar sentuh menjadi suatu hal yang cukup menjadi kebaruan dari adanya videophone.

Konsep Face Time yang diusung oleh Apple pada produknya ini dijadikan seolah menjadi standar terbuka untuk mempromosikan interoperabilitas-sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk menghadirkan video untuk tren pada penggunaan ponsel.

Perkembangan dan kebutuhan untuk melakukan video call menjadikan progres yang pesat dalam pengembangan ponsel-ponsel yang hampir pasti memiliki fasilitas tersebut.Fasilitas video call yang ditawarkan pun hingga saat ini menjadi semakin beragam. 

 Baca juga: Cucu ke-25 Lahir, Wapres Maruf Amin Kirim Doa Lewat Video Call

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi