Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 Juni 2007, iPhone Pertama Dirilis

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
iPhone 2007
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Hari ini 13 tahun lalu, tepatnya 29 Juni 2007, ponsel pintar pertama Apple Inc., iPhone, mulai dijual dan menjadi pelopor industri ponsel pintar.

iPhone menggabungkan telepon seluler, kamera digital, pemutar musik, dan teknologi komputasi personal dalam satu gawai yang nyaman digenggam.

Melansir Britannica, Apple merancang ponsel pintar pertamanya untuk bisa menjalankan sistem operasi Mac OS X, sistem yang juga digunakan pada produk personal computer (PC) milik Apple, Mac.

Elemen paling revolusioner dari iPhone adalah antarmuka multisensor yang peka sentuhan.

Layar sentuh memungkinkan pengguna untuk memanipulasi semua program dan fungsi telepon dengan ujung jari mereka tanpa stylus atau tombol fisik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antarmuka ini menciptakan pengalaman yang berbeda, misalnya pengguna dapat mengecilkan foto dengan gerakan mencubit atau membalik-balik album musik menggunakan gerakan menjentik.

iPhone juga menyertakan fitur internet browsing, pemutaran musik dan video, kamera digital, pesan suara visual, dan daftar kontak tab.

Karena desainnya yang inovatif, iPhone mendapat penghargaan "Invention of the Year" pada tahun 2007 oleh Majalah Time.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Mike Tyson Gigit Telinga Holyfield Saat Bertanding

Terus berkembang

Pada 2008, Apple merilis versi kedua iPhone yang telah diperbarui untuk menggunakan teknologi nirkabel generasi ketiga (3G).

Seperti halnya iPhone generasi pertama, permintaan untuk produk ini sangat tinggi, dan iPhone 3G berhasil terjual satu juta unit dalam tiga hari pertama setelah dirilis.

Selain itu, lebih dari 100 juta aplikasi diunduh dalam 60 hari pertama setelah Apple membuka iPhone App Store online pada tahun yang sama.

Pada Januari 2010, lebih dari tiga miliar aplikasi telah diunduh dari App Store.

Setahun berikutnya, pada 19 Juni 2009, Apple merilis iPhone 3GS. iPhone 3GS menyertakan sistem operasi baru, yaitu iPhone OS 3.0.

Sistem baru ini termasuk aktivasi melalui suara dan fitur peer-to-peer (P2P) yang dapat digunakan untuk memainkan game mobile dengan pengguna iPhone lainnya melalui koneksi Wi-Fi.

Fitur ini disebut sebagai bagian dari strategi Apple untuk bersaing di pasar game mobile melawan Nintendo DS dan Sony PSP.

Apple juga melakukan perubahan perangkat keras seperti kamera digital 3 megapiksel yang dapat merekam video digital dan kompas digital internal yang mampu bekerja dengan berbagai perangkat lunak pemetaan, seperti Waze.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Samuel Morse Daftarkan Hak Paten Telegraf

Ukuran semakin tipis

Pada April 2010, prototipe iPhone generasi keempat diumumkan kepada publik dan fitur-fitur baru seperti video chat camera, fitur peredam bising, dan resolusi layar yang lebih baik akan hadir ke tangan konsumen.

Resmi diluncurkan dua bulan kemudian, iPhone 4 lebih tipis dari pendahulunya dan menawarkan daya tahan baterai yang lebih baik serta kamera 5-megapiksel.

IPhone 4 berjalan di iOS 4, sistem operasi multi platform yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Pada Oktober 2011 Apple merilis iPhone 4S. Terdapat beberapa perbaikan seperti peningkatan kamera menjadi 8 megapiksel dan Siri, program asisten pribadi yang bisa menanggapi perintah dan pertanyaan lisan.

Versi baru dari sistem operasi, iOS 5, berisi iMessage, sistem pesan yang memungkinkan percakapan antara perangkat yang menjalankan iOS 5, dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi di layanan iCloud.

Pada September 2012, Apple memperkenalkan iPhone 5 yang memiliki layar lebih besar.

Versi pembaruannya, 5C dan 5S dirilis pada September 2013.

5S memiliki sistem kunci sidik jari yang disebut Touch ID dan motion coprocessor, yang dikhususkan untuk memproses informasi dari sensor gerak ponsel, sehingga tidak membebani kinerja prosesor utama.

Pada September 2014, iPhone 6 dan 6 Plus dengan ukuran lebih besar diluncurkan. 6 Plus secara signifikan lebih tipis dari versi sebelumnya.

Apple terus berinovasi dengan merilis seri iPhone 7, iPhone X, dan iPhone 11.

Perilisian setiap seri terbaru iPhone selalu ditunggu oleh para penggemarnya, yang menantikan inovasi-inovasi terbaru dari Apple.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: 22 Juni 1847, Pertama Kalinya Donat Dibuat Berlubang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi