Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Mobil Wapres Disebut Kehabisan BBM dan Isi Bensin Pakai Jeriken

Baca di App
Lihat Foto
Tangkapan layar video yang memperlihatkan mobil Wakil Presiden diisi bensin pakai jeriken dalam kunjungan kerja di Sukabumi pada Rabu (8/7/2020).
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi video yang memperlihatkan mobil VVIP berplat merah dengan kode Indonesia-2 tengah mengisi bahan bakar di pinggir jalan menggunakan jeriken beredar di media sosial, Sabtu (11/7/2020).

Diketahui, kejadian tersebut terjadi di daerah Bogor.

Dalam narasi bersama video yang beredar, disebut bahwa mobil VVIP yang merupakan mobil wakil presiden itu kehabisan BBM sehingga mengisi bensin menggunakan jeriken.

Saat dikonfirmasi, Sekretariat Wakil Presiden mengklarifikasi informasi yang beredar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil VVIP tersebut tidak mengalami kehabisan bahan bakar. Dalam setiap rangkaian perjalanan rombongan Wapres KH Ma'ruf Amin, selalu ada BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, salah satu pengguna Twitter @JaprakHaes2 mengunggah video singkat yang memperlihatkan mobil VVIP tengah berhenti di pinggir jalan diduga kehabisan bensin pada Sabtu (11/7/2020).

"Negara dagelan, ketika Mobil Indonesia - 2 kehabisan bahan bakar dan kejadiannya ini di daerah Bogor. Akhirnya dibantu dengan bensin, yg diisi lewat jirigen," tulis akun @JaprakHaes2 dalam twitnya.

Dalam video berdurasi 8 detik itu, juga terlihat sejumlah orang tengah berkerumun di dekat mobil.

Anggota polisi dan pasukan pengawal Wapres pun terlihat mengawal mobil yang berhenti di pinggir jalan tersebut.

Beberapa pengguna Twitter juga membagikan video yang sama, di antaranya @wawat_kurniawan.

Konfirmasi Kompas.com

Saat dikonfirmasi, Kepala Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Mohammad Oemar menjelaskan, kejadian tersebut terjadi saat rombongan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Juli 2020.

Ia meluruskan, mobil yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan.

"Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM-nya berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi rombongan Wakil Presiden," ujar Oemar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (11/7/2020).

Oemar mengatakan, dalam setiap rangkaian VVIP rombongan Wakil Presiden, mereka selalu meyiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

Oleh karena itu, ketika mobil memerlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP, dilakukan pengisian menggunakan jeriken di pinggir jalan.

Ia mengatakan, saat itu tidak menemukan ada SPBU yang menjual bahan bakar sesuai kriteria.

Oemar juga mengklarifikasi bahwa mobil VVIP tersebut tidak mengalami kehabisan bahan bakar, seperti yang dinarasikan dalam twit yang beredar.

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP. Bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," lanjut dia.

(Sumber: Kompas.com/Penulis: Dian Erika Nugraheny | Editor: Bayu Galih)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi