Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Juta Orang Terinfeksi, Ini Tips Membersihkan Rumah di Masa Pandemi Covid-19

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi membersihkan rumah di saat pandemi Covid-19.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Pandemi virus corona masih terjadi baik di dunia maupun di Indonesia. Update dari Worldometers saat ini (30/7/2020), ada 17 juta infeksi virus corona di dunia. 

Sedangkan di Indonesia, virus telah menginfeksi 104.432 orang dan menyebabkan 4.975 meninggal. Sementara secara total, ada 666.824 korban meninggal secara global. 

Menjaga kebersihan rumah atau tempat tinggal adalah tanggung jawab pribadi masing-masing individu yang menempatinya.

Sebagian orang, mungkin menginginkan rumah mereka bersih dan rapi, hingga tidak ada debu yang menempel sama sekali.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun, ada juga sebagian orang yang bersikap lebih santai, mereka tidak masalah bila ada sedikit remahan kue di lantai, atau debu yang menempel di atas almari kamar.

Lalu, ada juga golongan lain yang tidak peduli bila piring dan gelas kotor sudah menumpuk dan perlu segera dicuci, atau tumpukan pakaian kotor di sudut kamar yang harus segera dibawa ke binatu.

Semua orang punya standar kebersihan masing-masing yang tidak bisa disamakan. Hal tersebut kemudian berubah ketika pandemi Covid-19 melanda.

Kebersihan rumah atau tempat tinggal, menjadi standar yang harus dipenuhi setiap orang agar terhindar dari bahaya virus corona yang mudah menyebar.

Melansir The Spruce, Rabu (29/7/2020) berikut adalah panduan menjaga kebersihan rumah di masa pandemi Covid-19 sesuai dengan anjuran CDC.

Baca juga: Indonesia Diminta Lakukan 300.000 Tes PCR dalam Sehari, Ini Alasannya

Terapkan kebersihan pribadi

Setiap anggota keluarga wajib mencuci tangannya dengan sabun dan air mengalir beberapa kali dalam sehari. Tujuannya adalah membersihkan mikroba yang mungkin menempel di kulit.

Selain itu, hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang belum dicuci. Berikut adalah waktu yang tepat untuk mencuci tangan:

Tangan harus dibersihkan dengan sabun dan digosok secara menyeluruh selama 20 detik, sebelum dibilas dan dikeringkan dengan handuk bersih.

 

Jika tidak ada sabun dan air, hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60 persen bisa digunakan.

Namun, tangan perlu dibersihkan terlebih dulu dengan tisu, karena hand sanitizer tidak bisa menembus kotoran yang menempel di tangan.

Gunakan sarung tangan sekali pakai

Selalu gunakan sarung tangan sekali pakai untuk melindungi kulit dari paparan mikroba dan zat kimia, ketika membersihkan rumah menggunakan disinfektan.

Jika menggunakan sarung tangan yang bisa dipakai berulang, jangan gunakan saraung tangan itu untuk keperluan lain. Selalu cuci tangan setelah melepas sarung tangan.

Baca juga: Peneliti Temukan Sifat Virus Corona yang Dapat Kelabui Sistem Imun, Begini Cara Kerjanya

Bersihkan permukaan barang

Meja, gagang pintu, tombol lampu, kloset, remote TV, ponsel, dan barang-barang lain yang sering disentuh harus dibersihkan minimal dua kali sehari dengan disinfektan.

Jika permukaan barang-barang itu sangat kotor, bersihkan terlebih dulu sebelum menggunakan disinfektan.

Membersihkan permukaan barang tidak membunuh kuman tetapi melarutkan jumlahnya dengan menghilangkannya dengan sabun dan air dan menurunkan risiko penyebaran infeksi.

Gunakan pembersih serbaguna, air hangat, dan kain mikrofiber untuk membersihkan permukaan. Microfiber memberikan abrasi yang lembut untuk mengangkat partikel yang kering.

Bersihkan permukaan dengan menggunakan bahan kimia untuk yang membunuh kuman yang tersisa.

Baca juga: Kasus Corona Meningkat, Hong Kong Kewalahan Hadapi Lonjakan Pasien

Mencuci alat makan

Jika menggunakan mesin pencuci piring yang diatur ke suhu air yang tepat, alat-alat makan akan disanitasi dan aman untuk digunakan dan dibersihkan.

Namun, saat mencuci piring, cuci seperti biasa lalu rendam dalam larutan air dan satu sendok makan pemutih klorin tanpa pewangi selama dua menit.

Setelah itu bilas dan biarkan alat makan kering dengan sendirinya.

Mencuci pakaian

Ketika mencuci pakaian, gunakan sarung tangan sekali pakai dan jauhkan pakaian kotor dari wajah. Hal ini sangat penting, terutama bila mencuci pakaian anggota keluarga yang sakit.

Cuci pakaian seperti biasa, tapi tambahkan juga sanitizer khusus pakaian yang aman untuk segala jenis kain. Jika memungkinkan, keringkan pakaian dengan suhu tinggi dalam mesin pengering otomatis.

Semua hal itu di atas adalah upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang masih terus meluas. Dengan menjaga kebersihan, diharapkan pandemi virus corona dapat segera menurun. 

Baca juga: Kasus Covid-19 di Perkantoran Diduga Lebih Besar, Ini Langkah Kemnaker

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: The Spruce
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi