Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 6 Bulan, Vietnam Umumkan 2 Korban Meninggal karena Corona

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Departemen Kesehatan Vietnam melaporkan ada satu pasien positif virus corona yang meninggal dunia pada Jumat (31/7/2020) malam.

Dengan bertambahnya satu pasien yang meninggal ini, total ada dua pasien yang meninggal di Vietnam akibat Covid-19.

Dilansir dari Vietnamnet, (31/7/2020), Wakil Menteri Kesehatan Vietnam, Prof Dr Nguyen Truong Son menyampaikan, pasien yang meninggal tersebut merupakan pasien nomor 437 yang dirawat di rumah sakit di Kota Da Nang.

Nguyen menambahkan, pasien 437 ini berusia 61, berjenis kelamin pria dan tinggal di bangsal Hoa An, distrik Cam Le, Kota Da Nang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien berinisial NHL ini tercatat memiliki riwayat gagal ginjal kronis, di mana ia sempat dirawat karena gagal ginjal dan hemodialisis, hipertensi, diabetes, fibrilasi atrium, asam urat di Rumah Sakit Da Nang.

Beberapa komplikasi ini diketahui sebelum NHL terpapar virus corona.

Menurut keterangan rumah sakit, NHL dilaporkan terinfeksi virus corona pada 27 Juli 2020.

Baca juga: Pertama Kalinya Vietnam Laporkan Kematian akibat Covid-19

Riwayat sakit

Pada 23 Juni 2020, NHL dipindahkan ke Departemen Penyakit Dalam bagian Urologi dengan diagnosis penyakit gagal ginjal kronis stadium akhir, hemodialisis 7 tahun, hipertensi, asam urat, fibrilasi atrium, gagal jantung, dan edema paru.

Kemudian, NHL mengalami demam tinggi yang dirasakan terus-menerus pada 9 Juli 2020.

Berdasarkan pemeriksaan medis, pasien tersebut mengalami gangguan pernapasan, dan dipindahkan ke Departemen Pengendalian Racun Intensif di Rumah Sakit Da Nang pada 17 Juli 2020.

Dari munculnya gejala tersebut, NHL menjalankan tes flu oropharyngeal dan hasilnya positif untuk virus SARS-CoV-2 pada 27 Juli 2020.

Dua hari setelah itu, NHL kolaps pembuluh darah, vasopresor yang bergantung pada tekanan darah tinggi, dan pasien juga menggunakan alat bantu oksigenasi dengan Extracorporeal membrane oxygenation (ECMO).

ECMO merupakan paru-paru buatan yang digunakan menggantikan fungsi paru-paru manusia yang telah kehilangan fungsi aslinya.

Selanjutnya, NHL yang terinfeksi Covid-19 telah dikonsultasikan oleh Sub-komite untuk penanganan lebih lanjut.

Ketika masih menjalani perawatan di Rumah Sakit di Da Nang, NHL dilaporkan meninggal dunia pada Jumat (31/7/2020).

Penyebab kematian diumumkan karena syok septik, kegagalan multi-organ, pernapasan pada pasien pneumonia, gagal ginjal kronis yang menjalani dialisis secara berkala dengan kondisi termasuk hipertensi, asam urat, dan Covid-19.

Jadi, ini adalah kasus kedua kematian Covid-19 di Vietnam.

Baca juga: Simak, Begini Respons Vietnam Usai Temukan Lonjakan Kasus Corona

Pasien pertama yang meninggal

Sebelumnya, Departemen Kesehatan Vietnam mengumumkan kasus pertama Covid-19 yang meninggal yakni, seorang pasien 428, pria, 70 tahun, yang tinggal di Minh An Ward, Kota Ho Chi Minh.

Pasien 428 memiliki riwayat gagal ginjal kronis, telah dialisis dua kali seminggu selama lebih dari 10 tahun, peningkatan BP - gagal jantung, penyakit jantung iskemik.

Penyebab kematian pasien 428 dengan Covid ini, ditentukan sebagai infark miokard pada pasien dengan hipertensi, penyakit jantung iskemik, gagal jantung, gagal ginjal kronis stadium akhir, dan komplikasi gagal napas karena gagal jantung dan terinfeksi Covid-19.

Berdasarkan data real time dari situs Menteri Kesehatan Vietnam, sejauh ini, total kasus virus corona di Vietnam sebanyak 546 kasus di mana 171 pasien sedang menjalani perawatan, dan 2 meninggal dunia.

Banyak pasien lain memiliki prognosis atau perkembangan yang sangat serius, sebagian besar pasien adalah lanjut usia, memiliki banyak penyakit yang mendasarinya.

Kementerian Kesehatan Vietnam mengatakan, mereka memfokuskan sumber daya, berusaha keras untuk merawat pasien-pasien ini.

Baca juga: Laporkan 11 Kasus Corona, Vietnam Evakuasi 80.000 Orang dan Isolasi Kota Da Nang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi