Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Prosedur Registrasi Calon Mahasiswa Baru UGM, ITB, UI, dan Tel-U

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi kuliah di luar negeri.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menyampaikan pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada Jumat, (14/8/2020) pukul 15.00 WIB.

Sebanyak 167.653 peserta dinyatakan lulus SBMPTN 2020 dari total jumlah pendaftar yakni 702.420 peserta.

Setelah pengumuman, sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) juga mempersiapkan proses pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa baru.

Berikut sederet persiapan jelang penerimaan mahasiswa baru di UGM, ITB, UI dan Tel-U.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada telah mempersiapkan prosedur registrasi bagi calon mahasiswa baru.

Adapun prosedur tersebut tertuang dalam Pengumuman Nomor: 4870/UN1.P/DIR-PP/TM/2020 tentang Prosedur Registrasi Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana Universitas Gadjah mada Jalur SBMPTN Tahun Akademik 2020/2021.

Baca juga: Simak, Ini Cara Daftar Ulang SBMPTN UGM, Unpad, UNS, UNY, ITS, dan UB

Dalam pengumuman, calon mahasiswa program sarjana UGM yang lulus seleksi jalur SBMPTN wajib mempersiapkan sejumlah dokumen guna keperluan registrasi, antara lain:

  1. Kartu peserta UTBK-SBMPTN 2020 asli
  2. Kartu Keluarga asli
  3. KTP asli kedua orangtua/wali atau surat keterangan kematian apabila salah satu atau kedua orangtua telah meninggal dunia (apabila ada)
  4. Surat Pernyataan tentang Kesediaan Menaati Peraturan Akademik dan Tata Perilaku Mahasiswa UGM
  5. Hasil Pemeriksaan Laboratorium
  6. Bukti Pemotongan Pajak Penghasilan (apabila ada) atau Surat pernyataan terkait pajak
  7. Slip gaji (apabila ada) atau Surat Pernyataan tentang Penghasilan orangtua/wali
  8. Bukti pembayaran PBB terakhir (jika punya)
  9. Kartu Perlindungan Kesehatan (Kartu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat atau Kartu Asuransi Kesehatan lainnya, jika memiliki).

Beberapa dokumen hasil pindaian ini disimpan dalam bentuk format .pdf dengan ukuran 200-800 kb per-dokumen.

Kemudian, calon mahasiswa diminta mempersiapkan foto rumah tampak depan, samping (jika memungkinkan), belakang (jika memungkinkan), dan garasi (jika memungkinkan) dalam bentuk format .jpg dengan ukuran 200-800 kb per-foto.

Bagi calon mahasiswa yang memutuskan untuk memilih UKT tertinggi, tidak perlu mengunggah dokumen slip gaji, bukti pembayaran PBB terakhir, dan Kartu Perlindungan Kesehatan.

Khusus pendaftar program Indonesia Pntr Pendidikan Tinggi, calon pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang dinyatakan lulus seleksi jalur SBMPTN 2020, ada tambahan dokumen yang diunggah yakni :

Kemudian, calon mahasiswa diminta melengkapi biodata dan mengunggah dokumen yang telah disyaratkan melalui laman https://um.ugm.ac.id/admisi, mulai 15-20 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.

Untuk rangkaian kegiatan registrasi bagi calon mahasiswa yakni:

Apabila sampai dengan tanggal 20 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB, calon mahasiswa tidak melengkapi biodata dan mengunggah dokumen sesuai dengan prosedur yang diberikan, maka yang bersangkutan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa Program Sarjana UGM.

Baca juga: Cara dan Syarat Daftar Ulang SBMPTN 2020 di USU dan UPI

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) melangsungkan kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB secara daring (online) bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SBMPTN 2020 pada 15-24 Agustus 2020.

Dalam masa pendaftaran ulang ini, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan calon mahasiswa baru, yakni pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg.

Berdasarkan situs resmi https://usm.itb.ac.id, tertuang sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan oleh calon mahasiswa baru, yakni:

  • Kartu peserta SBMPTN 2020 asli
  • Surat Tanda Kelulusan (STL) sementara, bagi lulusan tahun 2020
  • Akta kelahiran asli
  • Ijazah SMA asli
  • Bukti kepemilikan asuransi kesehatan
  • Surat keterangan bebas buta warna asli dari dokter spesialis mata

Sementara, bagi calon mahasiswa yang akan mengajukan Permohonan Beasiswa UKT ITB, diwajibkan mengisi informasi mengenai data ekonomi keluarga dan mengunggah hasil scan dokumen-dokumen yang dapat disimak di laman https://usm.itb.ac.id.

Baca juga: Update SKB CPNS 2019: Belum Semua Peserta Daftar Ulang

3. Universitas Indonesia (UI)

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia menyampaikan, sebanyak 1.678 calon mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) diterima melalui UTBK-SBMPTN 2020.

Ia menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan tahapan-tahapan bagi calon mahasiswa di UI yakni, tahap pengisian data dan pra-registrasi, tahap konfirmasi pilihan kelas permohonan mekanisme pengajuan pembayaran, tahap pembayaran biaya pendidikan, dan tahap registrasi akademik.

Berikut rinciannya:

Tahap I: Pengisian Data dan Pra-Registrasi

a. Calon mahasiswa baru UI yang diterima melalui jalur SBMPTN harap login pada laman penerimaan.ui.ac.id dan pastikan anda telah mengetahui NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) agar dapat melanjutkan ke tahap Pra-Registrasi pada tanggal 14 Agustus 2020 pukul 15.00 sampai dengan 23 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.

b. Pra-registrasi dilakukan pada halaman pra-registrasi.ui.ac.id, Login dengan memasukkan NPM yang telah diperoleh dan pilihan Program Studi.

c. Ikuti petunjuk yang disampaikan, isi semua formulir dengan lengkap dan unggah dokumen yang sesuai.

Baca juga: Vaksin Virus Corona dari Rusia Sputnik V, Bagaimana Cara Kerjanya?

Tahap II: Konfirmasi Pilihan Kelas Permohonan Mekanisme Pengajuan Pembayaran

a. Melakukan konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran mulai tanggal 16 Agustus 2020 pukul 08.00 sampai dengan 17 Agustus 2020.

b. Pada tahap ini calon mahasiswa baru UI dapat memilih besaran biaya pendidikan yang hendak dibayarkan, yaitu pilihan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa; dan pilihan BOP Pilihan (BOP-P) yang memberikan kesempatan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa untuk berkontribusi dengan membayar besaran biaya pendidikan disesuaikan dengan kemauan bayar.

Tahap III : Pembayaran Biaya Pendidikan

a. Pastikan Anda sudah mengetahui Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) Anda dan telah melakukan konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran pada tahap I.

b. Pembayaran Biaya Pendidikan sejak tanggal 18 – 26 Agustus 2020.

c. Pembayaran Biaya Pendidikan secara host to host dapat dilakukan melalui ATM atau Teller Bank BNI; ATM Mobile Banking atau Internet Banking Bank Permata; ATM, Teller, Internet Banking atau Mobile Banking CIMB Niaga; ATM Bank Bukopin; ATM, Teller, atau Mobile Banking Bank BTN; ATM, Teller, Internet Banking atau Mobile Banking Bank Mandiri; ATM atau Teller BRI

d. Biaya Pendidikan yang telah dibayarkan oleh calon mahasiswa baru yang mengundurkan diri tidak dapat dikembalikan dengan alasan apa pun.

e. Biaya pendidikan yang telah dibayarkan untuk dan atas nama mahasiswa Program Sarjana (S1) Reguler yang diterima melalui jalur SBMPTN tidak dapat dialihkan untuk pembayaran BP mahasiswa lain dan/atau jenjang/program pendidikan/jalur masuk lain.

Tahap IV : Registrasi Akademik

a. Pada tanggal 27 dan 28 Agustus 2020 calon mahasiswa baru yang sudah menyelesaikan Tahap I sampai dengan Tahap III (konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran, pra registrasi dan melakukan pembayaran) akan diregistrasikan sebagai mahasiswa baru.

b. Calon mahasiswa baru dinyatakan mengundurkan diri apabila pada tanggal 26 Agustus 2020 belum menyelesaikan Tahap I sampai dengan Tahap III.

Baca juga: Tidak Lulus SBMPTN 2020? Simak Saran Pakar Pendidikan Ini...

4. Telkom University (Tel-U)

Selain 3 PTN di atas, Telkom University (Tel-U) juga membuka pendaftaran mahasiswa baru.

Humas Tel-U, Daris Maulana mengungkapkan, pihaknya membuka pendaftaran beberapa jalur sampai akhir Agustus 2020 melalui laman https://smb.telkomuniversity.ac.id/jalur-seleksi/.

"Untuk perkuliahan semester ganjil 2020/2021 ini kami akan lakukan secara online," ujar Daris saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (15/8/2020).

Sementara, untuk registrasi sudah dilakukan sejak awal tahun. Saat itu Tel-U telah menyediakan link upload berkas yang menjadi persyaratan mendaftar mahasiswa baru, sehingga peserta tidak perlu ke kampus.

"Ini tahun pertama kali melakukan upload berkas secara online, sebetulnya sebelum pandemi terjadi memang rencananya tahun ini semua registrasi dilakukan online, tidak seperti tahun kemarin registrasi masih onsite," ujar Daris.

Selain itu, untuk Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) atau ospek juga dilakukan secara online.

Daris mengungkapkan,, Tel-U sudah mempersiapkan aplikasi virtual reality agar seluruh mahasiswa dan orangtua dapat melihat dan berkeliling secara virtual di kampus Telkom.

Baca juga: [POPULER TREN] Cara Cek Pengumuman SBMPTN 2020 | Daftar Universitas yang Buka Jalur Mandiri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi