Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Penjelasan Pengelola Tol soal Pesawat N-250 Disebut Nyangkut di Tol Banyumanik

Baca di App
Lihat Foto
Twitter
Unggahan mengenai pesawat N250 Gatotkaca yang tengah dibawa ke Yogyakarta disebut tersangkut dan jatuh di Tol Banyumanik. Informasi ini keliru.
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

KOMPAS.com - Akhir pekan lalu, di media sosial beredar video sebuah pesawat terlihat di jalur gardu Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

Ada dua narasi yang beredar. Sejumlah warganet menyatakan badan pesawat tersangkut di gardu tol, ada pula yang menyebut pesawat jatuh di jalan tol.

Pengelola tol Semarang-Solo, PT Trans Marga Jawa Tengah (TMJ), menyatakan informasi tersebut tidak benar.

Menurut TMJ, ada sedikit hambatan perjalanan, tetapi badan pesawat tidak tersangkut.

Narasi yang beredar

Ada dua narasi yang beredar mengenai pesawat yang terlihat di Tol Banyumanik, Semarang. Narasi pertama menyebutkan pesawat tersangkut di pintu tol.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah satu akun yang menyampaikan narasi itu yakni akun Twitter @ctrwhyvltnsr. Pada 22 Agustus 2020, akun tersebut melayangkan twit sebagai berikut:

"pesawatnya pak habibie yg mau di museumkan nyangkut di pintu tol banyumanik dong. trs pada bikin hoax kalau ada pesawat jatuh wkwk." 

Narasi kedua yakni pesawat jatuh di tol Banyumanik. Salah satu akun yang menyebarkan narasi itu adalah akun Twitter @JenangGula_.

Akun tersebut mengunggah video pada 22 Agustus 2020 disertai kalimat "Pesawat jatuh di tol Banyumanik, Semarang. Ada yang aneh?"

Dalam video terdengar suara seorang lelaki mengatakan "Telah terjadi pesawat jatuh di tol Banyumanik. Salah jalur. Ini pilotnya sekolah nembak SIM-nya jadi masuk pintu tol. Kasihan pengendara mobil lainnya ini."

Video yang diunggahnya menampilkan situasi gerbang jalan tol dan mobil-mobil yang sedang mengantre di pintu tol.

Di jalur seberang tampak pesawat tanpa sayap bertuliskan N250 sedang diangkut di atas truk trailer.

Bagian depan truk berlawanan arah dengan kendaraan lain yang sedang mengantre.

Apakah benar pesawat tersebut tersangkut di pintu tol Banyumanik? Dan, apakah benar pesawat N-250 jatuh di tol Banyumanik?

Klarifikasi Pengelola Jalan Tol

Berdasarkan artikel Kompas.com berjudul Viral Video Pesawat N-250 Nyangkut di Pintu Tol, Ini Penjelasan Trans Marga Jateng, pesawat yang ramai dibicarakan warganet adalah pesawat N-250 Gatot Kaca karya BJ Habibie.

Pesawat itu dipindahkan dari Bandung ke Yogyakarta untuk menjadi koleksi Museum Pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Proses pemindahan komponen pesawat dilakukan melalui jalur darat menggunakan truk trailer khusus.

Truk trailer tersebut sempat melintas di Jalan Tol Semarang Solo, yakni di ruas Banyumanik Colomadu pada Kamis (20/8/2020) malam.

Jr. Spesialist Corporate Communications & Secretary PT TMJ, Shintya Putranti Ika W., meluruskan viralnya informasi itu.

"Kami meluruskan tidak ada badan pesawat atau sayap yang menyangkut di gardu tol Banyumanik," katanya, Jumat (21/8/2020).

Menurut Shintya, petugas PT TMJ dan PJR Jateng 1B telah mengarahkan truk trailer pengangkut melintas di gardu 16 jalur A yang memiliki lebar 4,1 meter.

Sementara lebar badan pesawat kurang lebih 4 meter setelah lepas sayap.

"Untuk mengantisipasi risiko lain-lain, sebelum truk trailer pengangkut badan pesawat melintas gardu tersebut dilakukan ukur ulang dan ternyata ada space yang nantinya bisa menganggu ketika harus melintas di gardu 16 jalur A," ujar Shintya.

Maka, pihaknya memberikan solusi dengan pindah gardu 24 jalur B atau exit tol Banyumanik dengan pertimbangan space lebih lebar.

Solusi ini dianggap lebih aman, meski harus melawan arus saat melintas gardu 24 jalur B yang hanya dilakukan pada saat melalui gardu tol.

"Proses pada saat pindah jalur dilakukan dengan mundur karena panjangnya trailer pengangkut badan pesawat," kata Shintya.

Setelah berhasil melintas gardu 24 jalur B para petugas mengarahkan kembali melintas di jalur A dengan membuka beberapa water barrier yang selama ini terpasang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi