Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Foto Diklaim Efek Bahaya Penggunaan Masker

Baca di App
Lihat Foto
Foto keliru dampak penggunaan masker.
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

KOMPAS.com - Beredar kolase 5 buah foto yang diunggah sebuah akun di media sosial Facebook yang diklaim menunjukkan efek buruk menggunakan masker.

Sejumlah foto yang diklaim itu tidak benar.

Sebagian foto unggahan merupakan foto penyakit kulit, sisanya foto yang berkaitan dengan penggunaan masker. 

Narasi yang Beredar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Facebook Claudia Stauber menggunggah lima foto di akunnya pada 6 Agustus 2020. Unggahan foto disertai kalimat yang merujuk bahwa foto-foto tersebut adalah wajah orang yang menderita masalah kulit karena memakai masker.

Berikut tangkapan layar unggahan tersebut:

Hingga artikel ini ditayangkan, unggahan Claudia Stauber mendapat 230 komentar dan sudah dibagikan 945 kali.

Benarkah foto-foto tersebut adalah foto dampak buruk menggunakan masker?

Penelusuran Fakta

Dari penelusuran Kompas.com, seluruh foto wajah yang diunggah Claudia Stauber tidak tepat merujuk pada efek penggunaan masker.

Tiga foto menunjukkan kasus cacar air, ruam malar, dan eczema herpeticum, sedangkan dua foto lain terkait dengan penggunaan masker.

Salah satu foto wajah yang diunggah berasal dari artikel "What is causing my rash?" di laman Medical News Today, ditulis pada 27 November 2018. Dalam artikel tersebut terpampang foto wajah cacar air seorang anak kecil. Foto ini serupa dengan foto pojok kiri bawah yang diunggah Claudia Stauber.

Juga di Medical News Today pada artikel berjudul "What is a malar rash?" terdapat foto perempuan yang menderita ruam malar pada dagu dan pangkal hidungnya. Foto dalam artikel yang dipublikasikan pada 24 April 2018 itu serupa dengan foto wajah di pojok kanan bawah yang diunggah Claudia Stauber.

Sementara, foto wajah bagian tengah kanan yang diunggah di akun Claudia Stauber sesungguhnya adalah foto wajah seorang perawat di Milan, Italia, yang berbekas karena menggunakan perangkat perlindungan saat bertugas. Akun Instagram @_valiii_ mengunggah foto tersebut pada 13 Maret 2020.

Sementara itu, AFP Fact Check menulis foto di sudut kanan atas unggahan adalah foto di Wikipedia pada 11 April 2018, jauh sebelum terjadi wabah Corona di Wuhan, China. Foto itu menunjukkan seorang anak yang menderita eczema herpeticum.

Adapun, foto di pojok kiri atas unggahan adalah foto seorang remaja Prancis yang menderita reaksi alergi setelah memakai masker dalam waktu lama.

Dikutip dari Healthline.com, keseringan memakai masker dapat menyebabkan maskne atau jerawat yang disebabkan kotoran dan minyak di pori-pori saat memakai masker. Maskne diambil dari istilah backne (back acne) yang baru diciptakan saat era masker wajah Covid-19.

Dalam artikel "Face Masks May Be Irritating Your Skin — How to Stop It" yang dipublikasikan pada 30 Mei 2020 itu, dijelaskan efek penggunaan masker.

Dr. Adam Friedman, profesor dermatologi di George Washington University School of Medicine and Health Science, mengatakan secara pribadi dia mengalami maskne karena memakai masker sepanjang hari.

Menurutnya, mengenakan masker terlalu sering dapat menyebabkan miliaria atau ruam panas dan rosacea. Untuk mengontrol maskne karena menggunakan masker, disarankan untuk mengoleskan emollient, bisa jugapelembab dengan bahan anti-jerawat.

Setelah melepas masker, disarankan untuk membersihkan wajah dengan lembut. Dan, tentu saja rutin membersihkan masker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi