Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Berencana Buka Kembali Bioskop, Bagaimana di Negara Lain?

Baca di App
Lihat Foto
Thinkstock
Ilustrasi bioskop.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tengah mempersiapkan rencana pembukaan bioskop dalam waktu dekat. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, bioskop berkontribusi meningkatkan imunitas yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

Menurut Wiku, masyarakat merasa bahagia ketika menonton film di bioskop. Perasaan bahagia itu disebut berpengaruh pada meningkatnya imunitas tubuh yang bisa memperkecil risiko terpapar Covid-19. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengatakan bahwa bioskop akan segera dibuka setelah ditutup sejak April 2020 saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dalam waktu dekat ini, kegiatan bioskop akan kembali dibuka. Protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detail dan adanya pengawasan yang ketat, sehingga pelaku indusri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa risiko yang besar," ucap Anies. 

Menurut dia, kajian pembukaan kembali bioskop merujuk pada studi dan kajian pakar terkait dengan penanganan dan pengelolaan kegiatan di dalam bioskop yang sudah dilakukan di berbagai negara.

Baca juga: Epidemiolog Nilai Pembukaan Bioskop Berpotensi Timbulkan Klaster Baru Covid-19

Lantas, negara mana saja yang telah membuka kembali bioskop dan bagaimana penerapannya?

1. China

Melansir BBC, 20 Juli 2020, China kembali memperbolehkan bioskop-bioskop di daerah berisiko rendah untuk dibuka kembali.

Pembukaan bioskop ini dilakukan setelah penutupan selama 6 bulan untuk menahan penyebaran virus corona yang terjadi.

Bioskop-bioskop yang dibuka juga harus mematuhi serangkaian aturan yang ketat, termasuk penayangan yang dibatasi hingga 30 persen kapasitas dan jumlah fillm yang ditayangkan juga dibatasi hingga 50 persen.

Tiket harus diberi secara online dan kelompok penonton yang berbeda harus duduk terpisah dengan jarak satu meter.

Makanan dan minuman juga tidak diperbolehkan untuk dibawa ke dalam bioskop. 

Saat pembukaan bioskop tersebut dilakukan, yaitu hingga 20 Juli 2020, melansir data dari laman Worldometers, grafik kasus baru sudah cenderung datar. 

Adapun total kasusnya pada 20 Juli 2020 adalah sebanyak 83.682 kasus.

Baca juga: Pemerintah akan Buka Bioskop, Ahli: Waktunya Belum Pas

2. Rusia

Bioskop di Moskow, Rusia, kembali dibuka untuk umum pada 1 Agustus lalu, setelah ditutup selama lebih dari 4 bulan akibat pandemi virus corona.

Sebelumnya, melansir The Moscow Times, 23 Juli 2020, Kementerian Kebudayaan Rusia telah mencabut pelarangan secara nasional untuk pembukaan bioskop sejak minggu sebelumnya.

Pemerintah menyerahkan kepada tiap-tiap daerah untuk memutuskan kapan bioskop akan dibuka melihat kondisi keamanannya.

Namun, saat itu, pihak bioskop Rusia menunda seluruh penayangan film-film 'berat' dengan pertimbangan bahwa penonton belum siap di tengah pandemi yang masih terjadi. 

Menteri Kebudayaan Rusia Olga Lyubimova mengatakan, ia telah berbicara dengan produser yang memutuskan untuk menayangkan film-film ringan dan sederhana dalam pembukaan awal ini.

Pembukaan bioskop sendiri disertai dengan berbagai langkah keamanan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Di Moskow, para calon penonton akan diberikan masker dan dicek suhu tubuhnya di pintu masuk. Selain itu, jarak fisik juga diwajibkan penerapannya di dalam bioskop.

Hingga kini, kasus-kasus baru Covid-19 masih terus dilaporkan di Rusia.

Baca juga: Bioskop Dibuka Bisa Tingkatkan Imunitas, Ahli Sebut Tak Ada Hubungannya

3. Singapura

Setelah ditutup selama hampir empat bulan akibat pandemi corona, bioskop di Singapura kembali diizinkan untuk dibuka.

Melansir Channel News Asia, 13 Juli 2020, pembukaan ini dilakukan pada 13 Juli 2020 lalu.

Saat pembukaan ini dilakukan, masih ada sejumlah kasus positif dan Singapura sendiri masih berada pada fase 2 pencabutan kebijakan pembatasan. 

Ada sejumlah peraturan ketat yang harus dilakukan dalam pembukaan bioskop ini. Misalnya, pembatasan jumlah penonton sebanyak 50 orang saja untuk setiap penayangan. 

Selain itu pengaturan tempat duduk dengan jarak 1 meter, penggunaan sistem check-in Safe-Entry, dan menggunakan masker sepanjang waktu, kecuali saat makan dan minum.

Saat pembukaan dilakukan, yaitu pada 13 Juli 2020, jumlah total kasus corona di Singapura adalah sebanyak 46.283 kasus. Hingga kini, kasus-kasus baru Covid-19 juga masih dilaporkan terjadi di Singapura. 

4. Jerman

Jerman juga menjadi salah satu negara yang telah mengizinkan pembukaan bioskop di wilayahnya.

Misalnya di Berlin, pembukaan bioskop telah diizinkan sejak 2 Juli lalu dengan syarat yang harus dipenuhi untuk mencegah potensi terjadinya penyebaran virus corona.

Melansir Xinhua, 20 Juli 2020, salah satu tindakan pencegahan yang dilakukan adalah dengan membatasi jumlah penonton film di tiap penayangan dan menjaga jarak fisik antar penonton.

Tanda-tanda di lantai juga di pasang agar para calon penonton di bioskop tetap menjaga jarak di lingkungan bioskop. Begitu pula di tempat-tempat lain seperti pintu masuk hingga tangga, dimana tanda-tanda pengingat protokol juga dipasang.

Hingga kini, pandemi corona di Jerman masih terus berlangsung dan kasus-kasus baru Covid-19 juga masih terus dilaporkan. 

Baca juga: Potensi Penyebaran Virus Corona di Ruang Tertutup, Amankah di Gedung Bioskop?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi