Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendesa PDTT Umumkan Tata Cara Pelaksanaan SKB, Ini Informasinya

Baca di App
Lihat Foto
https://cpns.kemendesa.go.id/
Tangkapan layar pengumuman pelaksanaan SKB CPNS Kemendesa PDTT Formasi 2019
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Kemendesa PDTT) telah mengumumkan jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS di lingkungannya.

Informasi ini disampaikan melalui Pengumuman Nomor: 08/KP.01.01/VIII/2020 tertanggal 26 Agustus 2020 yang dapat diakses secara lengkap di laman ini: Pengumuman SKB CPNS Kemendesa PDTT. 

Berdasarkan pengumuman tersebut, pelaksanaan SKB tes asesmen dan wawancara kompetensi bidang akan dilakukan melalui telekonferensi secara virtual menggunakan aplikasi Live Zoom Meeting, yaitu mulai 21 September-1 Oktober 2020.

Adapun jadwal peserta SKB tes asesmen dan wawancara komptensi bidang secara rinci dapat dilihat pada lampiran pengumuman.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Catat, Berikut Jadwal Selengkapnya Tes SKB CPNS Polri

Hal-hal yang perlu disiapkan

Untuk menjaga kelancaran pelaksanaan SKB, peserta diwajibkan menggunakan perangkat sebagai berikut:

Baca juga: Bersiap, Ini Link Materi Pokok Soal SKB CPNS

Adapun tautan, meeting ID, dan password akan dikirimkan kepada peserta sebelum pelaksanaan SKB tes asesmen dan wawwancara kompetensi bidang dimulai, yaitu melalui grup WhatsApp yang dibuat oleh Panitia Seleksi Pengadaan CPNS di lingkungan Kemendesa PDTT.

Peserta juga diwajibkan untuk mengisi daftar riwayat hidup, kemudian disampaikan dalam bentuk softcopy dengan formal file PDF dengan nama file nama_lengkap_peserta-nomor_peserta).

Pengiriman file tersebut paling lambat dilakukan pada 10 September 2020 kepada Panitia Seleksi melalui link http://bit.ly/DRH_SKB_Kemendesa.

Formulir riwayat hidup dapat diunduh pada lampiran II pengumuman. 

Baca juga: Seluk Beluk dan Hal-hal yang Perlu Diketahui soal SKB CPNS

Tata tertib

Sementara, tata tertib pelaksanaan SKB tes asesmen dan wawancara kompetensi bidang adalah sebagai berikut:

  • Nama peserta pada akun Live Zoom Meeting wajib disesuaikan/sama dengan nama peserta dalam lampiran I pengumuman. Apabila tidak sesuai, maka tidak diizinkan masuk Live Zoom Meeting
  • Peserta tidak dapat diwakilkan dan harus sudah masuk ke dalam Zoom paling lambat 90 menit sebelum jadwal pelaksanaan SKB tes asesmen dan wawancara kompetensi bidang dimulai
  • Selama mengikuti SKB tes asesmen dan wawancara kompetensi, peserta diwajibkan untuk sealu mengaktifkan web camera dan mendengarkan informasi atau instruksi dari panitia
  • Peserta berada dalam ruangan tersendiri/khusus, tidak bising, dan kondusif, serta memastikan tidak ada orang lain dalam ruangan tersebut
  • Peserta tidak diperkenankan meninggalkan Live Zoom Meeting kecuali memperoleh izin panitia seleksi
  • Peserta menunjukkan kartu ujian SKB dan e-KTP asli/KTP asli yang masih berlaku/surat keterangan pengganti KTP yang berlaku/surat keterangan perekaman data e-KTP yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) yang masih berlaku kepada panitia seleksi
  • Menyiapkan alat tulis berupa pulpen dengan tinta warna hitam dan kertas folio putih polos
  • Peserta menggunaka pakaian baju kemeja putih polos tanpa corak, celana panjang/rok berwarna hitam polos tanpa corak (bukan jeans), jilbab warna hitam tanpa aksesoris (bagi yang mengenakan jilbab), dan sepatu pantofel warna hitam/gelap

Baca juga: Bersiap, Apa Saja yang Harus Diketahui soal SKB CPNS?

Ketentuan lainnya

Apabila peserta mengalami kendala jaringan koneksi internet, kelistrikan, dan perangkat yang digunakan selama pelaksanaan SKB, sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta.

Adapun peserta yang tidak dapat mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apa pun, maka dianggap gugur dan dinyatakan tidak lulus dalam proses seleksi CPNS Kemendesa PDTT formasi tahun 2019.

Sementara, informasi lebih lanjut mengenai seleksi CPNS Kemendesa PDTT formasi tahun 2019 dapat dilihat melalui:

Baca juga: INFOGRAFIK: Hal-hal yang Perlu Diketahui soal SKB CPNS 2019

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Inforgafik: Jadwal Terbaru Tahapan CPNS 2019

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi