Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Minyak Kayu Putih Dapat Membunuh Covid-19

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Klarifikasi
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

 

KOMPAS.com - Di media sosial beredar informasi mengenai manfaat minyak kayu putih yang dapat membunuh virus Covid-19.

Kabar itu menyatakan mengoleskan minyak kayu putih ke dada dan meminum secangkir teh panas yang sudah diteteskan minyak kayu putih dapat menyembuhkan pasien positif Covid-19.

Ada yang perlu diluruskan dari informasi ini. Sebab, hingga saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa minyak kayu putih yang berasal dari tanaman eucalyptus bisa membunuh virus Covid-19.

Narasi yang Beredar

Sejumlah akun di media sosial Facebook mengabarkan soal minyak kayu putih bisa membunuh Covid-19. Salah satunya, akun Facebook Lidya Vivi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam unggahannya pada Selasa (1/9/2020), Lidya Vivi melayangkan kisah kesaksian dari Lukman Djaja yang terinfeksi Covid-19.

Lukman sudah dirawat selama 37 hari di Wisma Atlet dan telah lima kali menjalani tes swab. Hasilnya, tetap positif Covid-19.

Hingga dia mencoba mengoleskan minyak kayu putih, kemudian minum secangkir teh panas yang sudah diberi setetes minyak kayu putih. Cara itu dilakukannya selama 7 hari.

Pada swab test keenam dan ketujuh, hasil tes negatif.

Berikut cuplikan kesaksian Lukman: "Kepada mereka2 yg swab test nya sdh 7 kali positip, saya sarankan menggunakan minyak kayu putih. APA YANG TERJADI ...... !!! SWAB TEST mereka ke 8 & 9 hasilnya NEGATIF."

Penggunaan minyak kayu putih itu lantas disarankan Lukman ke penghuni Wisma Atlet yang dinyatakan positif Covid-19 dari tujuh kali mengikuti tes swab. Hasilnya, pada tes swab kali ke delapan dan sembilan, hasilnya negatif.

Akun Facebook lain juga membagikan kesaksian Lukman Djaja soal manfaat minyak kayu putih untuk menyembuhkan pasien yang terpapar Covid-19. Sebut saja, akun Facebook NaNk Skyb, Muhammad Jacky, dan Syahri.

Penjelasan Ilmiah

Dikutip dari Kompas.com, minyak kayu putih berasal dari tanaman asli Australia, eucalyptus atau kayu putih. Minyak kayu putih digunakan sebagai antiseptik alami, pengharum, hingga bahan kosmetik.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR dr Inggrid Tania MSI, mengatakan eucalyptus memang memiliki sejumlah zat aktif yang bersifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur.

"Memang pernah ada penelitian eucalyptus efektif untuk membunuh virus betacorona, tetapi bukan virusnya Covid-19, SARS-CoV-2," kata dr Inggrid kepada Kompas.com.

Dia menjelaskan virus corona pada penyakit yang mewabah saat ini, SARS-CoV-2, memang termasuk dalam virus betacorona.

"Tetapi virus corona SARS-CoV-2 ini termasuk betacorona yang lebih baru dan khusus. Jadi penelitiannya itu bersifat in vitro, (eucalyptus) membunuh virus betacorona, tetapi baru sebatas itu," jelas dr Inggrid.

Selain itu, dr Inggrid mengungkapkan ada penelitian bioinformatika tentang zat aktif eucalyptus terhadap virus SARS-CoV-2. Kendati demikian, penelitian ini hanya berupa molekular docking atau simulasi di komputer.

Simulasi tersebut dilakukan dengan menyamakan molekul zat aktif pada eucalyptus dengan molekul protein virus SARS-CoV-2.

"Memang kalau dari penelitian bioinformatika itu ada kecocokan dan bisa dijadikan kandidat (obat antivirus). Tetapi kalau disebut sebagai obat antivirus Covid-19, belum bisa," ujar dr Inggrid.

Dalam laman resmi Universitas Gadjah Mada, Dosen Fakultas Kehutanan UGM, Rini Pujiarti, Ph.D., mengungkapkan klaim bahwa eucalyptus dapat membunuh virus Corona tidak bisa sepenuhnya dipercaya.

Sebab, belum ada pembuktian klinis untuk validasinya sebagai obat Covid-19. Meskipun begitu, tanaman ini memang memiliki potensi sebagai antivirus karena adanya kandungan zat aktif yang ada pada minyak atsiri eucalyptus.

"Eucalyptus memang memiliki potensi sebagai antivirus karena adanya kandungan zat aktif pada minyak atsiri eucalyptus. Namun, jika diklaim bahwa eucalyptus dapat membunuh virus corona penyebab Covid-19 masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut,” kata Rini.

Minyak kayu putih sendiri memiliki sederet manfaat. Berdasarkan artikel Kompas.com, manfaat itu salah satunya meredakan batuk dengan cara menggosokkan minyak kayu putih di dada dan tenggorokan.

Minyak kayu putih juga berguna untuk membantu mengeluarkan lendir, mencegah gigitan serangga, dan merawat luka.

Selain itu, minyak kayu putih bermanfaat untuk meringankan sesak napas, menyegarkan napas, dan meringankan nyeri sendi.

Kesimpulan

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, narasi di media sosial bahwa membalurkan minyak kayu putih dan minum teh panas yang diteteskan minyak kayu putih dapat membunuh Covid-19 menyesatkan.

Hingga saat ini, belum ditemukan bukti ilmiah bahwa eucalyptus, bahan baku minyak kayu putih, dapat membunuh virus Covid-19, yakni SARS-CoV-2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi