Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] PT Len Industri Bagi Hadiah Rp 100 Juta

Baca di App
Lihat Foto
Facebook
Pengumuman PT Len Industri soal Penipuan Pemberian Hadiah
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial soal pembagian hadiah Rp 100 juta mengatasnamakan PT Len Industri.

PT Len Industri (Persero) menegaskan kabar itu tidak benar. Kabar tersebut merupakan bentuk penipuan dengan modus pemberian hadiah.

Narasi yang Beredar

Akun Twitter @stethoscology pada 26 Agustus 2020 membagikan twit berisi hadiah dari PT Len Industri 4G senilai Rp 100 juta. Di informasi tersebut termuat kode hadiah dan sebuah tautan.

Berikut unggahan lengkapnya:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"PESAN RESMI
Selamat Kartu INTERNET Anda
Terpilih Pemenang Ke-2
Rp.100.jt
Dr PT.LEN INDUSTRI 4G
KODE HADIAH PIN.25E477R
U/info klick
http://bit.ly/hadiahkuotaint.."

Akun Twitter @jasjusrasasalak juga membagikan informasi yang sama pada 26 Agustus 2020.

Informasi serupa disebarkan akun Twitter @arvingerz pada 18 Agustus 2020. Di twit @arvingerz tersedia sebuah tautan situs web.

Beranda situs web berjudul Gebyar Hadiah Kuota Internet menginformasikan nama-nama pemenang. Termuat juga informasi syarat dan ketentuan setiap hadiah. Berikut cuplikan syarat bagi pemenang:

"Untuk pemenang uang tunai, akan di transfer ke Rekening yg dipercayakan oleh pemenamg, setelah menyelesaikan biaya administrasi jaminan sementara sebagai bukti bahwa selaku pemenang resmi dari PT. LEN INTERNET 4G sebesar Rp.300ribu Untuk nomor Rekening tujuan hubungi Bpk.HERI TUDISTIRA selaku penanggung jawab hadiah dipihak perusahaan.
Langkah kedua biaya administrasi bisa juga di bayarkan melalui pembelian pulsa isi ulang 300ribu, dikirim ke Nomor Layanan PT. LEN INTERNET 4G 0823-1686-8882."

Penjelasan Len Industri

Dalam akun Facebook PT Len Industri - Persero termuat pengumuman agar mewaspadai penipuan dengan modus pemberian hadiah mengatasnamakan PT Len Industri.

"PT Len Industri tidak pernah mengadakan acara pemberian hadiah dengan memungut biaya apapun. Len Industri menghimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap penipuan dengan modus pemberian hadiah yang mengatasnamakan kami," tulis akun tersebut, Kamis (27/8/2020).

Akun tersebut mengingatkan agar memastikan informasi yang diterima berasal dari website atau media sosial resmi Len Industri. 

Pengumuman yang sama juga dimuat di situs web PT Len Industri (Persero) dan akun Instagram lenindustri.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, kabar pembagian hadiah mengatasnamakan PT Len Industri yang beredar di media sosial tidak benar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi