Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Daun Mimba Bisa Sembuhkan Pasien Covid-19

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO
Ilustrasi hoaks
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

KOMPAS.com - Beredar narasi di media sosial bahwa tanaman mimba atau intaran (neem leaves) dapat menyembuhkan virus corona.

Pulmonolog menyatakan informasi itu tidak benar. Sementara, Kementerian Kesehatan Malaysia memasukkan informasi itu sebagai mitos.  

Adapun, badan kesehatan dunia WHO menyatakan, sampai saat ini tidak ada obat yang terbukti dapat mencegah atau menyembuhkan Covid-19.

Narasi yang Beredar

Sejumlah akun, termasuk dua akun di Twitter mengunggah narasi bahwa daun mimba berkhasiat untuk menyembuhkan virus corona.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Twitter @LTVRajesh pada Senin (21/9/2020) menulis, teh herbal yang terbuat dari rebusan daun mimba bisa melenyapkan virus corona.

Berikut isi statusnya yang sudah dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia:

"Rebus daun mimba dan bubuk kunyit dan pacha karpooram dalam air selama 15 menit, saring dan minum satu sendok teh di pagi hari dan satu sendok teh di malam hari, teh herbal terbaik ini bisa menyembuhkan virus corona."

Sementara, akun Twitter @IronSuppliers pada Senin (14/9/2020) menulis juga manfaat daun mimba. Ini isi twit-nya dalam Bahasa Indonesia:

"Ambil daun mimba dengan setetes chuna (jeruk nipis) dalam keadaan perut kosong dan setelah 2-5 menit ambil segelas air panas. Jangan minum apapun setelah ini selama 30 menit. Obat yang bagus untuk Corona."

Manfaat daun mimba untuk menyembuhkan Covid-19 pernah menjadi narasi di media sosial beberapa bulan silam. Manfaat daun mimba yang juga disebut daun semambu ini dibungkus dalam kisah kesembuhan pasien positif Covid-19 di Malaysia.

Salah satu akun yang mengunggah narasi itu adalah akun Facebook Raja Al-Asyari Al-Mirawi.

Status dan foto dia unggah pada 26 Maret 2020.

Berikut isi statusnya:

"Sharing is caring...

Kita adakalanya kena ambil peduli dengan herba-herba dan perubatan alternatif.. korang nak percaya ubat moden itu hal korang tapi kita jgn kutuk perubatan alternatif yg lain...
........

Dikatakan (C&P)

Assalamualaikum.. anak saya dan rakannya berkursus di Perak..di mana peserta ada yg positif covid 19.. dah pulang barulah tau..jadi bos nye suruh rujuk ke hospital..pergi hospital.. suruh tunggu kat rumah.. nanti mereka datang..dah 3 hari tak datang anak saya dan Deman dan sakit tekak.. rakannya lagi teruk..dah mula sesak nafas.. saya cubalah bagi minum air rebusan daun neem atau semambu sebagai ikhtiar.. alhamdulillah..ok.. keesokan saya rebuskan untuk rakannya..selang 2 hari alhamdulillah mereka pulih.. tujuan saya untuk kita kongsikan dengan KKM..agar dibuat kajian.. cara rebusan..20helai daun neem rebus dengan 4cawan air.. biarkan sehingga jadi 2cawan....dah sejuk..tapis ..minum sikit 2.. setelah pulih.. stop.. semua dengan izin Allah.. tolonglah sebarkan demi kepentingan negara.. boleh hubungi saya 0177182439 Abu Bakar bin Zainuddin dari batu pahat Johor
C&P"

Penjelasan Medis

Dikutip dari Vishvas News, Dr. Vimal N. dari Ministry of AYUSH, mengatakan daun mimba memiliki khasiat obat tertentu, tetapi dia bukan obat Covid-19.

Nikhil Modi, Pulmonolog di Indraprastha Apollo Hospital, juga membantah klaim tersebut dengan menyebutnya sebagai berita palsu.

Informasi tentang mimba dapat menyembuhkan pasien Covid-19 yang menyebar di Malaysia sudah dibantah Kementerian Kesehatan Malaysia. Kementerian Kesehatan Malaysia menyatakan penggunaan daun mimba untuk Covid-19 sebagai mitos. 

Menurut Kementerian Kesehatan Malaysia, faktanya, saat ini hanya ada penelitian mimba pada sel (in vitro) dan hewan (in vivo) yang telah tertular virus hepatitis C, DBD, dan polio. Tidak ada penelitian tentang virus corona.

Badan kesehatan dunia, WHO, menyatakan meski sejumlah pengobatan barat, tradisional, atau rumahan dapat meringankan gejala ringan Covid-19, tidak ada obat yang terbukti dapat mencegah atau menyembuhkan Covid-19.

"WHO tidak merekomendasikan pengobatan sendiri dengan obat apapun, termasuk antibiotik, sebagai pencegahan atau pengobatan Covid-19," tulis WHO.

Namun, ada beberapa uji klinis yang sedang berlangsung dari pengobatan barat dan tradisional.

WHO menyarankan cara efektif untuk melindungi diri dan orang lain dari Covid-19:

  • Bersihkan tangan Anda secara teratur dan menyeluruh.
  • Hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung.
  • Tutupi batuk Anda dengan tekukan siku atau tisu. Jika menggunakan tisu, segera buang dan cuci tangan.
  • Pertahankan jarak minimal 1 meter dari orang lain.

Kompas.com pernah menulis soal manfaat mimba dalam metode pengobatan Ayurveda. Dalam pengobatan tersebut, mimba bermanfaat bagi tubuh dalam beberapa cara, dari memurnikan darah hingga mengatur kadar gula darah.

Pada beberapa studi penelitian, kulit mimba digunakan untuk membantu meredakan demam dan gangguan usus.

Sementara, sediaan daun nimba digunakan untuk meredakan panas tubuh, mimisan, cacingan, kehilangan nafsu makan, diabetes dan penyakit gusi.

Kemudian, bagian bunganya digunakan untuk mengurangi empedu dan membantu menghilangkan dahak.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, informasi bahwa daun mimba atau neem dapat menyembuhkan pasien terinfeksi Covid-19 tidak benar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi