Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Menarik di Balik Album Ikonik The Beatles Abbey Road

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Tangkapan layar unggahan di Instragram Abbey Road Studio
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Salah satu album ikonik dari grup band asal Liverpool, Inggris The Beatles adalah album terakhir mereka yang berjudul Abbey Road. 

Sampul album ini menampilkan empat personel grup band ini sedang menyebang jalan di zebra cross. 

Namun siapa sangka, konsep sederhana foto yang diambil lebih dari setengah abad itu menjadi sangat melegenda. 

Ya, hari ini, 26 September 51 tahun lalu, tepatnya 26 September 1969, album Abbey Road dirilis ke publik. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari situs The Beatles, Abbey Road menjadi album yang ikonik lantaran untuk pertama kalinya di album Beatles, sampul depan tidak memuat nama grup atau judul album.

Namun hanya foto yang diambil saat melintasi zebra cross di dekat pintu masuk studio di London, Inggris pada 8 Agustus 1969 itu.

Baca juga: Mengenal Iain Macmillan, Fotografer di Balik Foto Ikonik The Beatles di Abbey Road

Tak lama setelah dirilis, Abbey Road memasuki chart album Inggris dengan urutan teratas pada Oktober dan bertahan selama 17 minggu di chart.

Selain itu, album ini juga disukai di AS. Abbey Road nampang 11 minggu di urutan pertama selama grafik awal bertahan 83 minggu dalam chart.

Seperti apa kisahnya?

 

Melansir Radiox, saat sesi rekaman untuk album ini berakhir, keempat personel The Beatles yaitu John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr membahas judul untuk rekaman itu.

Salah satu ide yang disampaikan yakni "Everest", karena terinspirasi dari rokok yang diisap oleh insinyur Geoff Emerick selama sesi membahas judul rekaman itu.

Kemudian, terpintas ide, jika judul "Everest" yang diambil maka foto sampul album berada di kaki bukit Himalaya untuk mengilustrasikan judulnya.

Lalu, mereka menggantinya dengan ide yang lebih mudah. Lahirlah judul Abbey Road.

Abbey Road ialah sebuah jalan kecil yang terletak di London utara.

Jalan ini bermula dari Kilburn dan berakhir di persimpangan dengan Grove End Road dan Garden Road.

Abbey Road Studios milik EMI terletak di ujung tenggara, di 3 Abbey Road, St John's Wood.

Persimpangan ini terletak di titik paling selatan Abbey Road, di persimpangan dengan Grove End Road, di daerah St John's Wood di North West London.

Abbey Road Studios disebut-sebut merekam sekitar 90 persen dari lagu-lagu The Beatles. 

Baca juga: Inggris Lockdown, Abbey Road Dicat Ulang

Sampul ikonik

 

Diketahui, sampul album Abbey Road menggambarkan keempat pria, sekaligus personel The Beatles yakni George Harrison, Paul McCartney, Ringo Starr, dan John Lennon.

Empat pria ini berjalan di sepanjang zebra cross yang terletak di Abbey Road, di luar studio EMI di London, di mana band tersebut menghabiskan sebagian besar karir rekaman mereka.

Sebelumnya, studio tersebut memang dikenal sebagai studio EMI biasa. Saat ini, bangunan tersebut kemudian dikenal sebagai Abbey Road Studios, karena telah melahirkan album menakjubkan dari The Beatles.

Inilah pertama kalinya dalam karir mereka, The Beatles mempersembahkan kepada dunia sampul album yang tidak menampilkan nama band atau judul album sama sekali.

Desainer John Kosh mengklaim bahwa bos EMI saat itu sangat marah dengan kover album itu.

Namun, Kosh berpendapat bahwa band terbesar di dunia, orang-orang tidak perlu mengatakan siapa mereka, karena semua orang tahu siapa mereka.

Baca juga: Paul McCartney Unggah Foto Rekaman Album Terbaru di Abbey Road Studios

Foto empat orang yang berjalan menjauhi studio rekaman

Diketahui, studio EMI tempat mereka rekaman album Abbey Road merupakan bangunan putih yang terlihat di belakang empat personel The Beatles.

Akhir album ini juga semakin jelas lantaran album Let It Be yang dirilis pada Mei 1970, tetapi materinya telah direkam lebih dari setahun sebelumnya, yang berarti Abbey Road adalah set materi terakhir yang diproduksi The Beatles.

Faktanya, sesi terakhir untuk melihat John, Paul, George dan Ringo bersama di studio adalah pada tanggal 20 Agustus 1969.

Maka, penting bahwa foto yang dipilih untuk sampul menunjukkan empat orang berjalan menyeberang jalan dengan studio Abbey Road di belakang mereka.

Urutan personel yang menjauhi studio itu juga tergambar dengan John berada di paling depan.

Sebab, ia adalah anggota pertama yang keluar secara permanen dari The Beatles.

Hanya ada enam foto

Yang perlu diingat, lalu lintas jalan raya tidak sama 50 tahun yang lalu, tetapi Abbey Road masih merupakan jalan raya yang sibuk.

Artinya, fotografer Iain Macmillan hanya memiliki waktu singkat untuk mengambil gambar dengan kamera Hasselblad miliknya.

Seorang polisi menghentikan lalu lintas saat Macmillan menaiki tangga di tengah jalan.

Setelah selesai dengan beberapa jepretan foto, Paul McCartney melihat lembar kontak dan diputuskan bahwa frame lima adalah yang terbaik, dengan keempat musisi berbaris dengan berani di seberang jalan.

Baca juga: Siapa Personel The Beatles yang Menulis Lagu Terbanyak, John Lennon atau Paul McCartney?

Alasan Paul McCartney bertelanjang kaki di sampul Abbey Road

Desainer John Kosh mengungkapkan, Paul tidak memakai alas kaki karena dia menendang sepatunya terlalu kuat.

Saat itu, 8 Agustus 1969, hari yang sangat cerah dan Macca tinggal di sudut St John's Wood, jadi dia berjalan-jalan ke studio dengan memakai sandal.

Tempat ziarah

 

Meskipun Abbey Road menjadi yang terakhir kali The Beatles berada di studio bersama, pemotretan sampul album bukanlah bagian terakhir dari bisnis bergambar The Beatles.

Keempatnya berkumpul dua minggu kemudian, pada hari Jumat 22 Agustus 1969 di rumah John di Tittenhurst Park di Ascot, Berkshire untuk satu pemotretan terakhir.

Saat itu, Yoko Ono (pasangan John Lennon) dan Linda McCartney (pasangan Paul) bergabung dalam pemotretan tersebut.

Salah satu fotonya kemudian digunakan di sampul album kompilasi Hey Jude.

Karena sampul album ini, lokasi zebra cross di Abbey Road menjadi tempat yang dikunjungi oleh jutaan penggemar untuk melakukan ziarah dan berfoto.

Baca juga: Sisi Lain The Beatles, Sang Legenda

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi