Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] McDonald's Ciater Disebut Ditutup Paksa

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO
Ilustrasi klarifikasi
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

KOMPAS.com - Beredar narasi di media sosial bahwa restoran cepat saji McDonald's di Ciater, Serpong, Tangerang, ditutup paksa karena membuat kemacetan lalu lintas. 

Narasi itu tidak benar. Kepolisian menegaskan, pihaknya tengah mengurai kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Ciater, Serpong, pada Jumat (2/10/2020).  

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Bimo Ray pada Jumat (2/10/2020) menulis status bahwa McDonald's di Ciater Raya ditutup paksa. Berikut kalimat di statusnya:

"Mc.D Ciater Raya sampai di tutup paksa ????????????"

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dia juga mengunggah sebuah tangkapan layar yang menunjukkan situasi kendaraan mobil dan motor di sebuah jalan raya pada malam hari. Dua orang polisi tengah berdiri dekat mobil polisi yang lampu sirinenya menyala.

Tangkapan layar itu bertuliskan "MECDONALD CIATER RAYA. Ditutup paksa, gara2 bikin macet."

Penjelasan

Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Setiawan menyatakan, pihaknya tidak melakukan penutupan paksa rumah makan cepat saji McDonald's sebagai upaya mengurai kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (2/10/2020) malam.

Kemacetan tersebut terjadi karena antrean kendaraan konsumen yang bergiliran masuk drive thru untuk memesan makanan di McDonald’s Ciater dengan promo potongan harga.

“Bukan ditutup, kendaraan diurai agar tidak macet. Tidak ada penutupan,” jelas Iman, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (3/10/2020).

Selain di sekitar McDonald's Ciater, kemacetan lalu lintas juga terjadi di beberapa titik lain seperti di sekitar McDonald’s Alam Sutra dan BSD Plaza.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, narasi di media sosial bahwa restoran cepat saji McDonald's di Ciater, Serpong, Tangerang, ditutup paksa karena membuat kemacetan tidak benar. Faktanya, kepolisian tengah mengurai kemacetan di sekitar tempat itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi