Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Video Diklaim Aksi di Bandung pada 6 Oktober 2020

Baca di App
Lihat Foto
Facebook
Tangkapan layar video yang diklaim sebagai video aksi di Bandung 6 Oktober 2020.
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

KOMPAS.com - Beredar video di media sosial dengan narasi aksi unjuk rasa di Bandung pada 6 Oktober 2020.

Dalam video yang banyak diunggah berbagai akun itu, terlihat seorang demonstran menendang sebuah benda yang mengeluarkan asap putih.

Dari penelusuran digital, video tersebut dipastikan bukan video aksi unjuk rasa di Bandung, Jawa Barat.

Video itu pernah beredar pada Mei 2020 yang dikaitkan dengan protes di Lebanon.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Habibah Qotrunnada pada Kamis (8/10/2020) menggungah sebuah video berdurasi 9 detik dengan narasi bahwa video itu merupakan aksi di Bandung, Jawa Barat, yang terjadi pada 6 Oktober 2020.

Berikut isi lengkap statusnya:

"Video best moment aksi kemarin 6/10/20 di Bandung. Msh percaya messi & CR7 lebih jago dr dia..?? ??????????? Allahu Akbar..."

Video yang diunggahnya menayangkan situasi sejumlah orang berada di sebuah ruas jalan yang dikerubungi asap.

Seseorang dalam video itu terlihat menendang benda yang mengeluarkan asap putih. Unggahannya mendapat 35 komentar dan dibagikan ulang 61 kali.

Penelusuran Kompas.com

Dari penelusuran digital, tim Cek Fakta Kompas.com menemukan video yang diunggah akun Facebook Habibah Qotrunnada sama dengan video yang pernah beredar pada Mei dan Juni 2020.

Video tersebut dibahas oleh media sepakbola, The18, dalam artikel bertajuk "Viral Video Shows How To Protest Like A Footballer" yang dipublikasikan pada 30 Mei 2020.

Artikel tersebut mengulas sebuah video yang merekam aksi seorang pengunjuk rasa melakukan tendangan untuk mengembalikan tabung gas air mata ke arah polisi.

Konteks artikel itu yakni peristiwa tewasnya warga kulit hitam Amerika Serikat (AS), George Floyd, setelah ditindih polisi di Minnesota, AS.

Sejak kematian Floyd, sejumlah aksi protes terjadi di banyak negara bagian AS, mulai dari Los Angeles, Atlanta, Houston, hingga Minneapolis.

Artikel tersebut menyebut bahwa video pengunjuk rasa yang menendang tabung gas air mata ke arah polisi itu viral di media sosial, terbukti dari banyak akun Twitter yang mengunggah video itu.

Salah satu akun pengunggah yakni akun Twitter @sa0un.

Pada 30 Mei 2020, dia mengunggah video itu dengan narasi panduan singkat untuk rakyat AS agar tetap aman dalam melakukan aksi unjuk rasa.

Video yang sama juga dimuat di channel YouTube Alejandro cerdas pada 31 Mei 2020. Judul videonya yakni "Protester kicks tear gas." Channel YouTube Muthui Mkenya pun mengunggahnya pada 7 Juni 2020.

Kesimpulan

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, video yang diklaim sebagai rekaman aksi di Bandung pada 6 Oktober 2020 sama dengan video yang beredar pada Mei 2020

Bisa dipastikan bahwa video yang diunggah akun Facebook Habibah Qotrunnada bukanlah video yang merekam aksi di Bandung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi