Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Ledakan Gas Hancurkan Tambang Batu Bara di Inggris, 439 Tewas

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi ledakan.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Sebuah ledakan gas menghancurkan tambang batu bara milik Universal Colliery, di kota Senghenydd, Inggris pada 14 Oktober 1913, atau 107 tahun lalu. 

Dilansir BBC, Jumat (14/10/2011), ledakan besar terjadi pukul 08.00 pagi pada hari Selasa, 14 Oktober 1913.

Kejadian ini disebut-sebut menjadi bencana pertambangan terburuk dalam sejarah Inggris. Sebab pabrik tersebut memiliki pekerja paling besar di daerah itu.

Dilaporkan BBC, Minggu (18/9/2011), bencana itu menewaskan 439 pria dan anak laki-laki yang bekerja di kota Senghenydd yang letaknya di sebelah utara Caerphilly.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: 18 Tahun Tragedi Bom Bali I

Kronologi

Pada pagi itu hampir 950 orang bekerja di bawah tanah dan banyak dari mereka terbunuh atau terluka bahkan sebelum mereka tahu apa yang sedang terjadi.

Ledakan yang menyebabkan bencana tersebut diduga disebabkan oleh percikan listrik dari benda seperti peralatan sinyal listrik yang menyalakan gas metana. Ini kemudian dikenal dengan istilah fireamp.

Tak hanya itu, ledakan fireamp menyebabkan debu batu bara yang tergeletak di lantai tambang naik dan ini juga terbakar lalu meledak dalam suara gemuruh yang dahsyat.

Gelombang kejut segera menyebabkan lebih banyak debu batubara naik ke udara dan ini juga kemudian tersulut. Akibatnya, yang terjadi adalah serangkaian ledakan dengan bahan bakar sendiri.

Kebakaran menyebar melalui sebagian besar pekerjaan bawah tanah, dengan cepat diikuti oleh kelembaban setelahnya. Itu adalah gas yang dibentuk oleh ledakan, gelombang karbon monoksida.

Hal itu mengakibatkan para penambang yang lolos dari ledakan mati lemas karena kekurangan oksigen kecuali mereka dapat dengan cepat naik ke permukaan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Badai Dahsyat Landa Karibia, 22.000 Orang Tewas

Evakuasi korban

Tim penyelamat datang dari tempat-tempat seperti Crumlin dan Aberdare. Upaya untuk mengeluarkan orang-orang itu terhalang oleh puing-puing yang jatuh. Salah satu penyelamat terjebak di salah satu atap yang runtuh.

Para penyelamat berhasil menemukan pria dan anak lelaki yang masih hidup di reruntuhan. Namun, seiring waktu, korban yang selamat semakin sedikit.

Upaya penyelamatan berlangsung selama tiga minggu meskipun pada saat itu, peluang untuk menemukan seseorang yang hidup sudah makin kecil.

Beberapa mayat kondisinya mengenaskan, sehingga mereka hanya dapat diidentifikasi dengan pakaian tertentu yang mereka kenakan.

Salah satunya seorang pria yang dikenali dari sepatu yang dipakai untuk pertama kalinya hari itu.

Ada juga seorang anak laki-laki yang dikenali dari tambalan yang dijahit ibunya ke jaketnya beberapa hari sebelumnya.

Penyelidikan terkait ledakan itu menemukan banyak kesalahan yang dilakukan pemilik dan manajer. Namun kompensasi yang diberikan tidak banyak, totalnya hanya 24 pound (sekitar Rp 456.022) saat itu.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tragedi Semanggi II

Kembali beroperasi

Universal Colliery kembali digunakan pada akhir November 1913 dan produksi penuh kembali dicapai pada 1916.

Tambang tersebut tidak bertahan lebih lama. Para pekerja dan staf diberi pemberitahuan penutupan pada Maret 1928.

Tragedi Senghenydd sebenarnya tidak hanya terjadi pada 1913. Hal itu membuktikan bahwa pepatah lama "petir tidak menyambar dua kali di tempat yang sama" adalah kesalahan belaka.

Dua belas tahun sebelumnya, pada hari Jumat tanggal 24 Mei 1901, kapal tambang yang sama mengalami bencana pertamanya.

Pada pukul 5 pagi pada hari itu sebuah ledakan menghancurkan ranjau tersebut dan menewaskan 81 orang. Hanya ada satu orang yang selamat yang ditarik dari poros tambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi