Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Indomaret Bagikan 5.000 Voucher Gratis Senilai Rp 2 Juta

Baca di App
Lihat Foto
Thinkstock
Hoaks/Hoax
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

KOMPAS.com - Beredar lagi di media sosial informasi Indomaret memberikan 5.000 voucher gratis senilai Rp 2 juta dalam rangka merayakan ulang tahun ke-31.

Informasi tersebut disertai tautan ke situs web tertentu yang meminta pengisian data pribadi berupa nama dan nomor ponsel.

Indomaret dalam situs webnya menegaskan pihaknya tidak memberikan 5.000 voucher senilai Rp 2 juta dalam rangka perayaan ulang tahun ke-31.

Sebelumnya, pesan pemberian 5.000 voucher senilai Rp 2 juta pernah beredar pada Maret 2020.  

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Reinkarnasi Regeneration pada Sabtu (24/10/2020) melayangkan status berisi pemberian 5.000 voucher Indomaret senilai Rp 2 juta dalam rangka perayaan ulang tahun ke-31.

Berikut isi statusnya:

"*Indomaret* memberikan 5000 voucher gratis senilai Rp 2.000.000 untuk merayakan ulang tahun ke-31. Saya baru saja menerima voucher saya. *Disini:*"

Akun tersebut juga menyertakan tautan situs web IG7.XYZ Indomaret: Ulang Tahun Rp 2.000.000.

Saat tautan tersebut diklik, muncul laman bertuliskan:

"Selamat! Anda telah dipilih untuk berpartisipasi dalam survei singkat, di mana Anda akan menerima voucher gratis senilai Rp. 2juta. Voucher gratis ini berlaku untuk seluruh jaringan Indomaret."

Di bawahnya, termuat tiga pertanyaan: Pernahkan Anda berbelanja di supermarket Indomaret? Anda puas dengan harga kami? Apakah Anda merekomendasikan "Indomaret" kepada teman-teman Anda?

Setelah menjawab tiga pertanyaan tersebut muncul kalimat "Anda memenangkan (1) voucher gratis Indomaret"

Pesan itu diikuti permintaan untuk membagikan tautan ke 20 teman atau grup WhatsApp dengan cara mengklik tombol WhatsApp.

Setelah berbagi, pengguna akan secara otomatis diarahkan ke halaman kupon gratis Indomaret dan menerima voucher dalam waktu 5 menit.

Informasi pembagian 5.000 voucher senilai Rp 2 juta pernah beredar sebelumnya. Akun Facebook Pedang Agama pernah mengedarkan informasi ini pada 13 Maret 2020, sedangkan akun Orang Ketiga melayangkannya pada 3 Juli 2020

Bantahan Indomaret

Indomaret menegaskan tidak memberikan 5.000 voucher gratis senilai Rp 2 juta untuk merayakan ulang tahun ke-31.

"Info resmi Indomaret hanya ada di www.indomaret.co.id dan sosial media official Indomaret," tulis Indomaret dalam situs webnya

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, tidak benar informasi Indomaret memberikan 5.000 voucher gratis senilai Rp 2 juta dalam rangka merayakan ulang tahun ke-31.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi