Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya untuk Bayi, Ini Beragam Manfaat Tidur Siang Semua Umur

Baca di App
Lihat Foto
Tidur siang membuat badan segar
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Tidur siang bukan hanya untuk bayi. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang juga bagus untuk orang dewasa.

Dikutip WebMD, (13/6/2020), tidur siang singkat di siang hari dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan kinerja pekerjaan, meningkatkan suasana hati, membuat lebih waspada, dan mengurangi stres.

Penelitian menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan.

Sementara tidur siang dapat membantu Anda mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari, seperti halnya tidur malam yang nyenyak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur siang berfungsi agar Anda tidak melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indra, dan juga ingatan verbal.

Tidur siang tidak hanya membantu Anda mengingat hal-hal yang baru saja Anda pelajari, tetapi juga dapat membantu otak Anda menarik hubungan antara hal-hal yang Anda temukan.

Baca juga: Kapan dan Berapa Lama Waktu yang Baik untuk Tidur Siang?

Manfaat tidur siang

Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang tidur siang merasa lebih mudah untuk mengumpulkan informasi yang mereka dapatkan pada hari sebelumnya.

Ketika Anda melakukan tugas berulang-ulang sepanjang hari, tidak menutup kemungkinan kinerja Anda dapat menurun seiring berjalannya waktu. Studi menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu Anda lebih konsisten.

Jika Anda merasa sedih, cobalah tidur siang untuk mengangkat kembali semangat Anda. Tidur siang atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat mencerahkan pandangan Anda.

Para ahli mengatakan relaksasi yang berasal dari berbaring dan istirahat adalah pendorong suasana hati, baik Anda tertidur atau tidak.

Jika Anda mulai merasa sedikit mengantuk setelah makan siang, Anda tidak sendirian. Tidur siang 20 menit dapat membantu Anda melawan kelopak mata yang berat.

Durasi tidur siang

Tidur siang selama 10 menit bisa bermanfaat, tetapi usahakan tidur siang hingga 30 menit atau kurang agar Anda tidak bangun dengan perasaan lebih lelah.

Rasa pusing yang bisa Anda rasakan setelah tidur siang disebut inersia tidur. Semakin lama Anda tidur siang, semakin besar kemungkinan Anda merasakannya.

Semakin buruk, semakin banyak waktu yang Anda perlukan untuk bangun dan kembali bekerja.

Baca juga: Jangan Tidur Siang Lebih dari 1 Jam, Berisiko Buruk untuk Kesehatan

Jika Anda merasa lelah tetapi harus menyelesaikan pekerjaan atau belajar, Anda mungkin lebih baik tidur siang daripada minum kopi.

Tidur siang dapat meningkatkan memori dan pembelajaran lebih baik daripada kafein.

Jika Anda tahu Anda tidak akan cukup tidur untuk satu atau dua malam (karena bepergian, misalnya), lebih baik Anda mempersiapkan dengan tidur siang sebelumnya daripada mengonsumsi kafein.

Semakin lama tidur siang, semakin baik. Jika Anda harus menggunakan kafein, minum sedikit lebih baik daripada satu cangkir besar.

Jika Anda berada di bawah banyak tekanan, tidur siang dapat melepaskan stres dan meningkatkan kesehatan kekebalan Anda. Para ahli percaya bahwa tidur siang selama 30 menit bisa membantu.

Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 45 hingga 60 menit mengalami penurunan tekanan darah setelah mengalami tekanan mental.

Jadi tidur siang dapat membantu tubuh Anda pulih dari situasi yang penuh tekanan.

Pernah mendapat ide bagus saat bangun tidur? Tidur REM (kondisi normal dari tidur yang ditandai dengan gerakan cepat dan acak dari mata), yang biasanya dimulai 70 hingga 90 menit setelah Anda tertidur, mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan perumpamaan dan mimpi.

Tidur siang dengan tidur REM dapat membantu Anda menggabungkan ide dengan cara baru untuk mendapatkan jawaban.

Baca juga: Benarkah Tidur Siang Bikin Gemuk?

Meskipun tampaknya tidak masuk akal, tidur siang dapat membantu orang dewasa yang lebih tua meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Studi menunjukkan tidur siang 30 menit antara jam 1 siang dan 3 sore dikombinasikan dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki dan peregangan di malam hari, membantu meningkatkan kualitas tidur malam. Selain itu kesehatan mental dan fisik juga bisa lebih baik.

Tidur siang bagi anak-anak

Banyak anak usia prasekolah berhenti tidur siang jauh sebelum mereka memasuki taman kanak-kanak.

Faktanya, tidur siang sangat penting untuk pembelajaran dan perkembangan pada usia tersebut. Anak-anak yang tidur siang secara teratur lebih mampu mengingat hal-hal yang mereka pelajari.

Karena simpanan memori jangka pendek terbatas pada usia tersebut, anak-anak perlu lebih sering tidur. Itu adalah bagian penting dari bagaimana otak bergantung pada ingatan.

Meskipun manfaat tertentu dari tidur siang dapat diperoleh oleh siapa saja, ada beberapa bukti bahwa tidur siang hanya meningkatkan jenis pembelajaran tertentu jika orang tersebut rutin melakukannya.

Baca juga: Manfaat Tidur Siang untuk Perkembangan Otak Anak yang Sayang Diabaikan

Ini termasuk kemampuan untuk membedakan antara hal-hal serupa seperti gambar atau tekstur.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tidur siang, Anda harus mengatur waktu dengan benar. Kebanyakan orang akan menganggap tidur siang sebagai cara yang paling alami dan bermanfaat.

Beberapa orang mengatakan tidur lebih baik antara jam 2 dan 3 sore, ketika manusia secara alami mengalami penurunan kewaspadaan.

Waktu yang paling cocok untuk Anda akan bergantung pada seberapa istirahat Anda untuk memulai.

KOMPAS.com/Dhawam Pambudi Infografik: 8 Manfaat Tidur Siang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi