Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pemuda Berjalan Kaki 804 Kilometer Setelah Diterima Beasiswa di Kampus Impian

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Gordon Wayne berjalan sejauh 804 kilometer setelah diterima di Boston College dan untuk menggalan dana bagi tunawisma.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Seorang pemuda di Amerika Serikat melakukan aksi berjalan kaki sejauh 804 kilometer dari Virginia ke Massachusetts. 

Sebagai gambaran, jarak tersebut lebih panjang dari perjalanan Jakarta-Surabaya yang panjangnya sekitar 784.7 kilometer. 

Dilansir dari ABC News, Sabtu (24/10/2020) aksi itu dilakukan oleh Gordon Wayne dalam rangka mengumpulkan dana bagi The National Alliance to End Homelesness, sebuah kegiatan amal untuk pengentasan tunawisma di Amerika Serikat.

Selain untuk menggalang dana, aksi jalan kaki yang dilakukan oleh Wayne juga dia maksudkan sebagai bentuk rasa syukur karena telah diterima di kampus impiannya, Boston College, dengan beasiswa penuh.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah itu bermula setahun yang lalu. Pada saat itu, Wayne adalah seorang tunawisma yang bekerja di sebuah taman hiburan.

Wayne mendaftarkan dirinya untuk berkuliah di Boston College, kampus di Chestnut Hill, Massachusetts yang didirikan pada tahun 1863.

Baca juga: Mahasiswa Ini Nekat Gowes 3.500 km Selama 48 Hari untuk Pulang Kampung

 

Tidak disangka, pihak kampus menerimanya dan bahkan memberikan beasiswa penuh untuknya.

Sebagai wujud rasa syukur dan untuk mengampanyekan kesadaran tentang nasib tunawisma di Amerika Serikat, yang berjumlah sekitar 500.000 orang, Wayne kemudian memutuskan untuk berjalan kaki dari kampung halamannya di Caroline County Virginia menuju Boston College di Massachusetts.

Memulai perjalanan

Pada Agustus 2020, Wayne memulai perjalanannya. Dia berjalan kurang lebih 48 kilometer sampai 64 kilometer dalam sehari.

Dalam perjalanan itu, Wayne juga memulai penggalangan dana untuk The National Alliance to End Homelessnes melalui situs GoFundMe.

Meski perjalanan itu sangat melelahkan, namun Wayne tidak pernah menyerah. Dia juga mendapat uluran tangan dari orang-orang baik sepanjang perjalanannya.

"Setiap kali saya ingin berhenti, saya selalu memikirkan orang-orang yang menjadi alasan saya melakukan perjalanan ini. Saya juga berkeyakinan bahwa hal ini bermakna besar, dan saya harus terus melanjutkan perjalanan," kata Wayne dikutip dari World News Tonight.

Baca juga: Kisah Perjalanan Perempuan Yakuza Bertato menjadi Penulis dan Ibu Tunggal

16 hari perjalanan

Setelah melakoni perjalanan selama 16 hari, Wayne akhirnya berhasil tiba di Stadion Boston College.

"Saya ingin menyambut Anda di kampus terindah di alam semesta: Boston College," kata Wayne kepada "World News Tonight."

Sesampainya di kampus itu, Wayne berkata bahwa dia akhirnya merasa berada di rumah. Dia mengatakan kepada "World News Tonight" bahwa dia berharap orang lain akan mendapatkan kesempatan yang sama.

“Saya berharap bisa menginspirasi orang untuk terus berjalan. Anda tahu, terus mengambil langkah ekstra itu,” ujarnya.

"Bahkan ketika itu menyakitkan. Bahkan ketika itu sulit dan kamu tidak mau. Tidak ada pilihan lain. Kamu harus terus maju jika kamu ingin mencapai apa yang kamu inginkan dalam hidup," katanya melanjutkan.

Berkat aksinya itu, Wayne sukses mengumpulkan uang sebesar 100.000 dollar AS atau setara dengan Rp 1,4 miliar untuk The National Alliance to End Homelessness. 

Baca juga: 25 Daerah di Indonesia yang Masih Nol Kasus Corona, Mana Saja?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: ABC News
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi