Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Video Sapi Hanyut Saat Banjir di Kota Bekasi 25 Oktober 2020

Baca di App
Lihat Foto
Thinkstock
Hoaks/Hoax
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

KOMPAS.com - Sebuah video menayangkan sapi-sapi hanyut di air meluap yang diklaim peristiwa banjir di Kota Bekasi pada 25 Oktober 2020 beredar di media sosial.

BPBD Kota Bekasi menegaskan, video tersebut tidak terjadi di Kota Bekasi.

Sementara, dari hasil penelusuran digital didapati bahwa video tersebut pernah beredar pada Agustus 2020 di Uganda dan September di India.

Maka, video sapi hanyut yang diklaim merupakan rekaman banjir di Bekasi pada 25 Oktober 2020 itu tidak benar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang Beredar

Akun Twitter @FirzaHusain pada Selasa (27/10/2020) mengunggah sebuah video berdurasi 30 detik yang diklaimnya merupakan rekaman peristiwa banjir di Kota Bekasi pada 25 Oktober 2020.

Dia menulis twit sebagai berikut:

"Banjir kali Bekasi 25 Oktober 2020, sapi2nya pada hanyut ????????????"

Video berdurasi 30 detik yang diunggahnya menampilkan sejumlah sapi hanyut di luapan air. Kepala-kepala sapi bermunculan di permukaan air kecoklatan, terbawa air luapan yang cukup deras.

Di Facebook, akun Zacky Putra Tualang pada Selasa (27/10/2020), menulis status mengenai Bekasi siaga banjir. Statusnya memuat sebuah tautan video YouTube.

Video YouTube berjudul "banjir menghanyutkan ribuan sapi" berdurasi 30 detik itu dirilis channel Tina Tuuun pada Senin (26/10/2020) .

Lantas, benarkah video sapi hanyut merupakan peristiwa banjir di Bekasi pada 25 Oktober 2020?

Penelusuran 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Agus Harpa menegaskan, video yang diunggah dua akun di atas bukan terjadi di Kota Bekasi.

"Itu bukan di Kota Bekasi," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (29/10/2020).

Sebanyak sembilan kelurahan di Kota Bekasi terdampak banjir pada Minggu (25/10/2020). Dikutip dari Kompas.com, banjir tersebut dipicu derasnya hujan di Bogor yang mengakibatkan ketinggian air di jalur pertemuan Sungai Cileungsi dan Cikeas di atas normal hingga 740 centimeter.

Untuk memperkuat bantahan BPBD Kota Bekasi, penelusuran digital dilakukan. Penelusuran diawali dengan memasukkan potongan gambar video ke dalam situs pencarian gambar Yandex. Hasilnya, terdapat sejumlah situs memuat video yang sama.

Salah satunya, channel Martha Leah Nangalama mengunggah video sapi hanyut yang serupa dengan video yang diunggah dua akun di atas. Channel tersebut memberi judul unggahannya "UGANDA: Floods wash away cows off Bombo Road area."

Channel itu menyatakan peristiwa sapi hanyut itu terjadi di Jalan Bombo di sekitar desa dekat Matuga, Uganda. Video berasal dari Uganda, 15 Agustus 2020.

Sementara, channel YouTube Madhu Reddy pada 26 September 2020 mengunggah video sapi hanyut yang mirip dengan unggahan dua akun Facebook yang mengklaim banjir terjadi di Kota Bekasi. Channel tersebut menuliskan keterangan bahwa peristiwa itu terjadi di Telangana, India.

Channel Arwa Abdo juga mengunggah video tersebut pada 4 Agustus 2020, tanpa menyebut lokasi kejadian.

Kesimpulan

Dari penelusuran digital yang dilakukan tim Cek Fakta Kompas.com, video sapi hanyut yang diklaim sebagai peristiwa banjir di Kota Bekasi pada Minggu (25/10/2020) tidak benar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi