Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Genetik Disebut Bisa Menentukan Tingkat Keparahan Virus Corona

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/CI PHOTOS
Ilustrasi sel dan gen DNA kanker.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 masih terus diteliti. Para ilmuwan masih mencari tahu sifat-sifat virus yang saat ini masih banyak yang belum diketahui dibanding yang telah diketahui.

Baru-baru ini para ilmuwan sedang meneliti perbedaan kecil dalam DNA untuk menjelaskan mengapa penyakit Covid-19 memiliki efek yang berbeda-beda.

Para ilmuwan berpendapat bahwa perbedaan genetik kecil menyebabkan beberapa orang dapat terinfeksi dan meninggal, sementara banyak lainnya terhindar.

Pengobatan

Perbedaan dalam DNA ini sekarang dilacak oleh para peneliti yang percaya bahwa mereka menawarkan cara untuk mengembangkan obat baru yang dapat menghentikan banyak konsekuensi terburuk dari penderitaan akibat Covid-19.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkembangan utama termasuk penelitian yang menunjukkan bahwa interferon, pembawa pesan molekuler yang merangsang pertahanan kekebalan terhadap virus, dapat berperan dalam imun tubuh.

Baca juga: Virus Corona di Inggris Menyebar Lebih Cepat dari Skenario Terburuk Pemerintah

Para ilmuwan telah menemukan bahwa mutasi langka pada beberapa orang mungkin membuat mereka tidak dapat membuat pasokan interferon yang memadai yang mereka butuhkan untuk memicu respons kekebalan terhadap Covid-19.

Percobaan menggunakan interferon sebagai pengobatan Covid sekarang sedang dilakukan di beberapa pusat.

“Temuan genetik ini memberi kami wawasan yang sangat jelas,” kata Martin Hibberd, profesor penyakit menular di London School of Hygiene and Tropical Medicine dikutip dari Guardian (1/11/2020).

“Eksperimen menunjukkan bahwa orang yang membuat lebih banyak interferon saat terinfeksi memiliki respons yang lebih baik terhadap penyakit. Dan hal itu memberi tahu kami bahwa pasien dapat memperoleh manfaat dari pengobatan dengan interferon," lanjut Martin.

Baca juga: WHO: Eropa Kembali Jadi Episentrum Virus Corona

Varian gen

Penelitian juga berfokus pada gen yang dikenal sebagai TYK2. Beberapa varian gen ini terlibat dalam memicu beberapa penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis (RA) dan juga tampaknya terlibat dalam menyebabkan Covid yang parah.

Obat yang dikembangkan untuk mengobati RA, baricitinib, memiliki denominator genetik yang sama dengan Covid dan ini telah menyebabkannya digunakan dalam jalur klinis melawan virus.

Bulan lalu, perusahaan farmasi Eli Lilly mengumumkan bahwa hasil awal menunjukkan obat tersebut membantu pasien Covid pulih.

“Poin krusialnya adalah dengan memahami dampak varian gen dalam tubuh kita sekarang dapat berpikir tentang menemukan obat yang dapat menghalangi jalur mereka dan membantu pasien,” kata Jeffrey Barrett, dari program pengawasan genomik Covid-19 dari Wellcome Sanger Institute.

Penelitian lain - dipelopori oleh Kenneth Baillie, dari Universitas Edinburgh, dan digarisbawahi dalam edisi terbaru Science - telah menemukan beberapa gen lain yang tampaknya penting.

Ini termasuk gen OAS yang dipicu oleh interferon dan kode untuk protein yang terlibat dalam memecah RNA virus, dari mana virus Covid-19 dibuat.

Penelitian Baillie belum ditinjau sejawat dan dia telah menasihati dengan hati-hati dalam menafsirkan pekerjaan ini.

Namun demikian, dia mengatakan kepada Science bahwa dia berharap hasilnya akan mempercepat perkembangan pengobatan.

Baca juga: Sederet Studi Terbaru tentang Virus Corona

Efek gen pada Covid-19

Selain itu, peneliti lain menunjukkan bahwa ada cara lain menggunakan genetika untuk memerangi Covid.

Dr Dipender Gill dari Imperial College London, bersama rekannya, menggunakan data genetik untuk memprediksi bagaimana intervensi yang berbeda dapat memengaruhi reaksi penyakit.

“Kami melihat lima ciri yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko menjadi Covid-19 yang parah: obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol buruk, merokok dan diabetes. Kemudian kami melihat apakah ciri-ciri ini dapat dimodifikasi untuk mengurangi risiko infeksi yang parah,” kata dia.

Gill bekerja dengan tim ilmuwan Inggris, Norwegia dan Amerika - menganalisis data dari ribuan pasien, menggunakan varian genetik yang meningkatkan risiko individu tertular kondisi ini.

Mereka kemudian dapat melakukan studi yang akan menunjukkan jika tindakan yang diambil untuk memodifikasi sifat-sifat ini akan mengurangi kerentanan terhadap Covid-19 yang parah.

Tim tersebut membuat dua penemuan kunci. Mereka menemukan ada hubungan kausal antara obesitas dan risiko memiliki [reaksi] Covid-19 yang parah.

"Kami juga menemukan efek yang sama untuk merokok. Ini menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dan berhenti merokok akan berdampak langsung dalam meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup dari Covid-19. Itulah kekuatan studi genetik seperti ini," jelas Gill.

Baca juga: Gen: Pengertian, Fungsi, dan Simbol-Simbolnya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Guardian
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi