Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Uni Soviet Kirim Anjing Jadi "Astronot" ke Luar Angkasa

Baca di App
Lihat Foto
@thebigissue/twitter
Laika, anjing yang dikirim Uni Soviet ke luar angkasa
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

 

KOMPAS.com - Hari ini 63 tahun yang lalu, tepatnya pada 3 November 1957, Uni Soviet untuk pertama kalinya menerbangkan seekor binatang ke luar angkasa.

Dilansir dari History, binatang itu adalah seekor anjing betina yang bernama Laika. Anjing itu terbang ke luar angkasa menggunakan pesawat Sputnik 2.

Laika adalah anjing liar yang berkeliaran di jalanan Moskow, sebelum akhirnya diikutsertakan dalam program antariksa Uni Soviet.

Perjalanan Laika ke luar angkasa, memberi gambaran bagi para ilmuwan saat itu, yang memungkinkan mereka untuk akhirnya mengirim manusia pertama ke luar angkasa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski demikian, Laika tidak berumur panjang. Dalam penerbangannya ke luar angkasa, ia hanya mampu bertahan beberapa hari, sebelum sistem penopang kehidupannya kehabisan baterai.

Baca juga: 6 Bulan di Luar Angkasa, 3 Astronot Kembali ke Bumi

Dilatih menjadi kosmonot

Dilansir dari Britannica, Laika adalah seekor anjing dengan tubuh kecil (6 kilogram), cukup jinak, dan merupakan keturunan campuran.

Ia merupakan salah satu dari sekian banyak anjing liar yang diikutsertakan oleh Uni Soviet dalam program luar angkasa mereka.

Pada waktu itu Soviet hanya menggunakan anjing betina, karena mereka secara anatomis dianggap lebih cocok untuk tinggal di ruangan roket yang sempit dibanding anjing jantan.

Laika bersama kawan-kawannya dilatih untuk menjadi kosmonot. Ia dibiasakan untuk hidup dalam ruangan sempit, agar terbiasa dengan ruangannya ketika berada di dalam roket.

Laika juga mendapat latihan khusus untuk beradaptasi dengan perubahan gravitasi. Selain itu, anjing betina itu juga dilatih untuk mengonsumsi makanan dalam bentuk gel, yang mudah disajikan di luar angkasa.

Ketika penerbangannya diumumkan, Laika mendadak menjadi selebritis internasional. Para jurnalis saat itu memberinya julukan Muttnik, singkatan dari Mutt (anjing) dan Sputnik.

Baca juga: NASA Akan Kirim Astronot Perempuan Pertama ke Bulan pada 2024

Kebenaran tentang Laika

 

Pada waktu itu, pihak berwenang Soviet mengatakan bahwa Laika bertahan hidup selama enam hingga tujuh hari, sebelum akhirnya menerima euthanasia.

Euthanasia diberikan lewat makanan beracun, sebelum anjing itu kehabisan oksigen. Sputnik 2 sendiri hancur begitu memasuk atmosfer Bumi pada 14 April 1958.

Kematian Laika mengundang perhatian dan simpati dari khalayak internasional.

Namun pada 2002, seorang ilmuwan Rusia Dimitri Malashenkov mengungkapkan bahwa penyebab kematian Laika yang selama ini diyakini banyak orang ternyata palsu.

Dia menyebut, Laika sebenarnya hanya bertahan hidup selama lima hingga tujuh jam setelah pesawat diluncurkan. Anjing itu meninggal karena panik dan suhu yang terlalu panas.

Diketahui, bahwa detak jantung Laika, yang diamati menggunakan elektroda, melonjak tiga kali lipat saat lepas landas dan kemudian melemah saat mencapai luar angkasa.

Diduga, ilmuwan Soviet saat itu tidak memiliki cukup waktu untuk menyempurnakan sistem pendukung kehidupan bagi Laika.
Hal ini dikarenakan tekanan politik yang begitu kuat, untuk bisa meluncurkan Sputnik 2 tepat pada saat perayaan 40 tahun Revolusi Bolshevik.

Pada 2008, untuk mengenang jasanya, sebuah monumen kecil dengan patung Laika didirikan di Moskow, Rusia.

Baca juga: Astronot NASA Ungkap Pengalamannya Tunggangi Crew Dragon SpaceX

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi