Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Vs Ekonomi: Dua Isu Besar Pemilu AS 2020, Siapa yang Unggul?

Baca di App
Lihat Foto
AFP/MANDEL NGAN AND JIM WATSON
Calon Presiden Partai Demokrat Joe Biden (kiri) dan Calon Presiden Partai Republik Donald Trump
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020 mempertemukan Joe Biden dari Partai Demokrat, dan petahana dari Partai Republik, Donald Trump.

Keduanya bersaing memperebutkan suara elektoral terbanyak untuk menduduki kursi kepresidenan AS selama empat tahun mendatang.

Dilansir dari AP News, Rabu (4/11/2020) tidak hanya memilih presiden, rakyat AS juga akan memilih orang yang mereka percaya bisa menyelesaikan dua isu besar yang tengah melanda Negeri Paman Sam.

Dua isu itu adalah pandemi Covid-19 dan masalah perekonomian.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Covid-19 dan ekonomi

Berdasarkan jajak pendapat yang digelar AP VoteCast, sebagian besar pemilih percaya bahwa Joe Biden dipercaya akan lebih mumpuni mengendalikan pandemi Covid-19 dibanding Donald Trump.

Isu pandemi menjadi perhatian utama sekitar 4 dari 10 pemilih. Saat ini AS menjadi negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak di dunia.

Baca juga: Pilpres Amerika: Daerah Kunci, Daerah Rebutan hingga Penentu Kemenangan

Namun di bidang ekonomi, para pemilih percaya bahwa Donald Trump akan bisa membangun kembali perekonomian AS yang dilanda masalah pengangguran dan kesulitan dunia usaha.

Sekitar 3 dari 10 pemilih menganggap bahwa masalah ekonomi adalah masalah genting yang harus diselesaikan. Saat ini AS dirundung sekitar 11 juta pengangguran dan pelaku usaha kecil yang mengalami keterpurukan menjelang musim dingin.

AP VoteCast adalah survei nasional yang menjaring lebih dari 132.000 pemilih dan non-pemilih dan dilakukan untuk The Associated Press oleh NORC, University of Chicago.

Masalah ekonomi

Pertanyaan apakah pandemi atau ekonomi lebih penting bagi para pemilih menjadi perdebatan sengit dalam kampanye.

Trump berpendapat bahwa ekonomi seharusnya tidak menjadi korban dari virus corona dan mempertahankan argumen, tanpa bukti, bahwa AS tengah membalikkan keadaan.

Di sisi lain, Biden telah memperingatkan bahwa ekonomi tidak akan pernah dapat sepenuhnya pulih kecuali virus corona diatasi terlebih dahulu sehingga bisnis dapat dibuka kembali sepenuhnya.

Mayoritas pemilih menerima argumen dari Biden. Sekitar 6 dari 10 pemilih mengatakan pemerintah harus memprioritaskan untuk membatasi penyebaran virus corona, bahkan jika hal itu membawa dampak negatif bagi perekonomian.

Sementara itu, selama masa kampanye Trump mencoba menjadikan penanganan ekonomi sebagai isu utama untuk pemilihannya kembali.

Namun, Trump harus melakoni perjuangan berat karena angka pengangguran melonjak dua digit pada musim semi lalu.

Selain itu, kegagalan Trump untuk mencapai kompromi dengan fraksi Demokrat di DPR mengakibatkan bantuan sosial dari pemerintah federal terhenti.

Berdasarkan jajak pendapat, hanya sekitar 4 dari 10 pemilih yang mengatakan ekonomi baik atau sangat baik, sedangkan sisanya menggambarkan kondisi tidak begitu baik atau buruk.

Baca juga: 6 Hal Penting soal Pilpres AS 2020, Pertarungan Donald Trump Vs Joe Biden

Kondisi pandemi AS

Wabah virus corona telah merenggut lebih dari 230.000 nyawa warga Amerika dan penularan telah melonjak di seluruh negeri dalam beberapa pekan terakhir.

Namun, para pemilih terbagi tentang apakah negara telah berhasil menahan penyebaran virus.

Sekitar setengah dari pemilih mengatakan virus setidaknya agak terkendali, sementara sekitar setengahnya menggambarkan virus corona sebagai di luar kendali.

Di negara bagian Wisconsin, yang mengalami lonjakan kasus pada Oktober, hampir setengah dari pemilih mengatakan pandemi adalah masalah utama yang dihadapi negara itu dan sekitar 6 dari 10 mengatakan pandemi tidak terkendali.

Sekitar dua pertiga mengatakan pemerintah harus memprioritaskan penghentian penyebaran virus corona, bahkan jika hal itu akan menyebabkan kesulitan ekonomi.

Sekitar setengah dari pemilih Wisconsin mengatakan bahwa Biden akan melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memerangi virus.

Pendapat hampir serupa juga diperoleh dari pemilih di Michigan, North Carolina, Ohio dan Pennsylvania.

Namun, para pemilih percaya bahwa Trump memiliki keunggulan dalam mengatur ekonomi.

Sekitar setengah dari pemilih di negara bagian tersebut mengatakan Trump akan melakukan lebih baik daripada Biden di bidang ekonomi.

Baca juga: Tanya Jawab Pemilu AS, dari Malam Pemilihan hingga Penentuan Pemenang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: AP News
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi