Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Bentuk Surat Suara di Pemilu Amerika Serikat?

Baca di App
Lihat Foto
AP/Scott Eisen
Seorang pria menghitung suara dari lima surat suara tepat setelah tengah malam, Selasa, 3 November 2020, di Dixville Notch, calon presiden dari Partai Demokrat sekaligus mantan Wakil Presiden Joe Biden menerima semua lima suara.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Hari pemilihan atau election day untuk menentukan Presiden Amerika Serikat digelar pada Selasa (3/11/2020) waktu setempat.

Dua kandidat bersaing untuk memperebutkan suara elektoral terbanyak untuk menduduki kursi kepresidenan AS selama empat tahun mendatang.

Dilansir dari live count The Guardian, Kamis (4/11/2020) pukul 19.23 WIB, Joe Biden dari Partai Demokrat sementara ini unggul dibanding petahana Donald Trump dari Partai Republik.

Biden sementara ini memperoleh 238 suara elektoral, sedangkan Trump mendapat 213 suara. Kedua kandidat butuh 270 suara elektoral untuk memenangi Pemilu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di setiap negara bagian, kecuali Maine dan Nebraska, kandidat yang mendapatkan suara terbanyak dari pemilih sama dengan memenangi semua suara elektoral dari negara bagian itu.

Baca juga: Update Pemilu AS: Wilayah-wilayah yang Diamankan Biden dan Trump

Bagaimana cara memilih?

Dilansir dari AS, Selasa (3/11/2020) pemilih di Amerika Serikat menggunakan ballot atau kertas suara untuk menentukan hak pilihnya.

Namun, ballot tidak hanya akan berisi nama Donald Trump dan Joe Biden saja. Akan tetapi ada juga nama lain yang merupakan perwakilan dari partai-partai lain.

Selain itu, pemilih juga akan memilih wakil yang akan menempati Senat, Dewan Perwakilan, atau Mahkamah Agung negara bagian tergantung jabatan mana yang tersedia untuk dipilih.

Berikut adalah contoh ballot yang akan diterima oleh pemilih yang beralamat di New York City, negara bagian New York dilansir dari Ballotpedia.org, Rabu (4/11/2020).

Berikut ini adalah contoh ballot yang memperlihatkan daftar kandidat Jaksa Agung Wilayah New York.

Baca juga: Tidak Menang dengan Suara Terbanyak, Bagaimana Memenangi Pemilu AS?

Proses pemilihan dari masa ke masa

Proses pemungutan suara di Amerika Serikat terus berkembang dari masa ke masa. Berikut adalah beberapa proses pemilihan yang pernah atau masih digunakan di AS:

1. Viva voce

Pada tahun 1800-an, metode pemungutan suara disebut "viva voce" yang berarti "dengan suara". Pemilih akan pergi ke panitera pemilihan dan meneriakkan nama kandidat pilihannya, panitera akan mendengar dan mencatat suara itu.

2. Kertas suara

Pemungutan suara menggunakan kertas suara pertama kali dilakukan di beberapa negara bagian pada tahun 1840-an. Kertas suara berbentuk pamflet dan dicetak oleh partai-partai yang berkompetisi, sehingga pemilih cukup mengambil pamflet dari partai yang didukung.

3. Mail-in ballot

Metode mail-in atau surat pertama kali digunakan saat terjadi perang saudara di Negeri Paman Sam. Metode ini diperuntukkan bagi tentara, agar mereka tetap bisa memberikan suara saat berperang.

Dalam pemilu tahun 1862 dan 1864, ada catatan tentang penggunaan metode ini.

4. Ballot rahasia

Pemungutan suara rahasia yang menyerupai sistem yang sekarang digunakan adalah ide dari Australia. Pada akhir 1800-an AS mengadopsi metode tersebut, yang memberikan kerahasiaan bagi pemilih untuk memilih dari daftar kandidat yang tertera di kertas suara.

Baca juga: Pilpres Amerika: Daerah Kunci, Daerah Rebutan hingga Penentu Kemenangan

5. Mesin tuas

Mesin tuas merupakan metode pemungutan suara mekanis pertama, yang ditemukan di AS pada abad ke-19. Mesin tersebut dilengkapi dengan tirai untuk privasi, dan setelah pemilih menekan tombol untuk menunjukkan kandidat yang dipilih, pemilih cukup menarik tuas untuk mengirimkannya.

Negara Bagian New York masih mengoperasikan mesin tuasnya sampai tahun 2010.

6. Surat suara yang dipindai secara optik

Surat suara yang dipindai secara optik sekarang menjadi sistem pemungutan suara yang dominan.

Pemilih mengisi lingkaran kosong yang terletak di sebelah nama kandidat yang dipilih dengan pena hitam, dan mesin akan hanya membaca titik hitam serta menghitung surat suara dengan sangat cepat.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Sistem Pemilihan Presiden di Amerika Serikat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: AS, The Guardian
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi