Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung Perunggu Anime Attack on Titan Selesai Dibangun, Ini Penampakannya...

Baca di App
Lihat Foto
DOK ELEX MEDIA KOMPUTINDO
Kengerian juga merupakan salah satu faktor yang membuat pembaca terpaku pada kisah Attack on Titan.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Eren Jaeger, Mikasa Ackerman, dan Armin Arlert merupakan tokoh utama dari serial manga populer berjudul Attack on Titan karya Hajime Isayama. 

Serial manga ini pertama kali terbit pada 2009 dan masih berlanjut sampai sekarang. Manga ini juga telah diadaptasi menjadi serial animasi (anime) dengan judul yang sama pada 2013.

Baru-baru ini di media sosial Twitter, beredar gambar patung perunggu dari tiga tokoh utama serial tersebut yang disebut berada di Jepang.

Dilansir dari Nishinippon Shimbun, Minggu (8/11/2020) patung perunggu Eren, Mikasa, dan Armin diresmikan di sebuah taman di dekat Bendungan Oyama, Kota Hita, Prefektur Oita.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketiga patung itu berdiri menghadap ke arah tembok bendungan setinggi 94 meter, yang merupakan referensi dari adegan dalam manga dan anime Attack on Titan, ketika tiga sahabat itu menyaksikan Titan menyerang tempat tinggal mereka.

Baca juga: Fakta-fakta Season Terakhir Anime Attack on Titan

Kota kelahiran sang mangaka

Bendungan Oyama di Kota Hita dipilih sebagai lokasi beridirinya ketiga patung itu karena pelukis manga atau mangaka dari Attack on Titan, Hajime Isayama, lahir di kota itu.

Selain itu, Bendungan Oyama juga merupakan tempat Isayama mendapatkan inspirasi untuk mulai mengerjakan serial populer itu.

Sebelumnya peresmian patung-patung itu akan dilaksanakan pada April 2020, namun karena situasi pandemi Covid-19 dan pemberlakuan Darurat Nasional oleh pemerintah Jepang, maka acara itu harus diundur.

Upacara peresmian baru bisa digelar pada Minggu (8/11/2020) dan dihadiri oleh sang mangaka, editor serial Attack on Titan, dan juga sekitar 200 orang penggemar.

"Hari ini, saya merasa sangat terkesan," kata Isayama, saat memberi sambutan. 

Baca juga: Hajime Isayama Ikut Tuangkan Ide dalam Anime Attack on Titan Musim Terakhir

Berkat penggalangan dana

Berdirinya ketiga patung tersebut juga tidak terlepas dari upaya crowdfunding atau penggalangan dana yang dilakukan pada 2019.

Dilansir dari Oita Press, 15 Februari 2020, upaya penggalangan dana dimulai pada Agustus tahun lalu dan sukses meraih banyak dukungan.

Pada Oktober 2019 telah terkumpul dana sebesar 29 juta yen atau setara dengan Rp 3,9 miliar, jauh melebihi jumlah target awal yang diharapkan.

Pemerintah Kota Hita juga turut mendukung rencana tersebut dengan memberi izin pendirian dan memasang plakat-plakat informasi di sekitar taman tempat patung berdiri.

Dilansir dari Crunchyroll, Senin (9/11/2020) berikut adalah pesan yang tertulis di plakat informasi yang berada di tempat patung itu berdiri.

"Sejak memulai serialisasi pada 2009, Attack on Titan telah meninggalkan kesan bagi orang-orang di seluruh dunia. Kota Oyama adalah kota kelahiran penciptanya, Hajime Isayama, serta tempat di mana dia pertama kali mendapatkan ide untuk ceritanya.

Dalam salah satu adegan Attack on Titan chapter pertama, Eren, Mikasa, dan Amin, menatap ke arah Colossus Titan. Patung perunggu ini adalah bukti untuk menciptakan kembali adegan ini, menyatukan fiksi dan kenyataan, dan ditempatkan di sini berkat upaya crowdfunding yang dibuat dari banyak penggemar yang berbagi keinginan agar anak-anak dan orang-orang di tempat ini memiliki keberanian yang dibutuhkan untuk menghadapi ketidakpastian dan mengatasi kesulitan.

Diproduksi oleh Dewan Revitalisasi Hita

Dengan dukungan dari banyak penggemar yang berkontribusi pada upaya crowdfunding".

Baca juga: Attack on Titan, Kisah Raksasa Penebar Benih Putus Asa!

Tentang Attack on Titan

Serial komik Jepang (manga) berjudul Attack on Titan merupakan salah satu manga yang populer, tidak hanya di Jepang tapi juga di seluruh dunia.

Manga karya Hajime Isayama ini pertama kali terbit di Jepang pada 2009 dan masih berlanjut sampai sekarang. Manga ini juga telah diadaptasi menjadi serial animasi (anime) dengan judul yang sama pada 2013.

Versi anime dari Attack on Titan juga tidak kalah populer dibanding manganya, dan sampai saat ini telah ditayangkan sebanyak tiga season dengan season final direncanakan tayang pada akhir 2020.

Dilansir dari MyAnimeList, baik versi manga maupun anime Attack on Titan, mengangkat kisah tentang perjuangan manusia melawan Titan, makhluk raksasa yang gemar memangsa manusia.

Agar bisa tetap bertahan hidup, manusia berlindung di balik tiga tembok raksasa yang didirikan untuk menjaga kota tempat mereka tinggal dari serangan Titan.

Kisah Attack on Titan dimulai ketika Eren, Mikasa, dan Armin menyaksikan Colossus Titan meruntuhkan Wall Maria, dinding yang melindungi Shiganshina District, tempat ketiga sahabat itu tinggal.

Eren, Mikasa, dan Armin harus menyaksikan kekejaman Titan yang memangsa setiap manusia yang ada, termasuk ibu Eren. Sejak hari itu, ketiganya bertekad untuk berjuang dan memusnahkan semua Titan.

Baca juga: Bisa Bergerak, Gundam Setinggi 18 Meter Akan Dipamerkan 19 Desember

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi