Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Pertama Pembawa Turis Israel Mendarat di Uni Emirat Arab

Baca di App
Lihat Foto
KARIM SAHIB / AFP
Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan murah flydubai tengah bersiap mendarat di bandara internasional Dubai. Bandara ini kini menjadi yang terbaik di dunia menggeser bandara Heathrow, London.
|
Editor: Jihad Akbar

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, pesawat yang membawa turis asal Israel mendarat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada Minggu (8/11/2020).

Hal ini bisa terjadi setelah kedua negara mencapai kesepakatan normalisasi hubungan antarnegara.

Para turis itu terbang menggunakan maskapai bertarif rendah, FlyDubai, dengan nomor penerbangan FZ8194.

Diberitakan Associated Press, Senin (8/11/2020), penerbangan dari Israel menuju kota tempat gedung tertinggi di dunia terletak itu memakan waktu selama hampir 3 jam.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat melintasi Arab Saudi, kemudian perairan Teluk Persia, baru sampai di UEA.

Sebelumnya, FlyDubai mengirimkan salah satu Boeing 737 miliknya ke Bandara Ben-Gurion di Tel Aviv, Israel, pada Minggu pagi, guna menjemput para penumpang Israel yang hendak ke UEA.

Baca juga: PM Israel, Teman Dekat Trump, Beri Ucapan Selamat kepada Biden

Dikutip dari Arab News, Senin (8/11/2020), dalam penerbangan itu terdapat orang-orang Yahudi dan Arab yang berasal dari Israel.

Orang-orang Yahudi Israel banyak yang mengenakan penutup kepala yang disebut sebagai kippah, sejenis kopiah kecil yang menutup bagian ujung kepala.

Meski ini merupakan penerbangan pertama dari Israel ke UEA, namun kebanyakan penumpang di dalam pesawat itu mengatakan ini bukan kali pertama berkunjung ke UEA.

"Tidak diragukan, normalisasi antara Israel dan UEA akan membawa hal-hal baik dan bermanfaat bagi orang Arab di dalam Israel. Tidak ada keraguan tentang itu,” kata Kepala Delegasi Pengusaha Arab, Hussein Suleiman, yang juga turut dalam penerbangan itu.

"Kami mendukung kesepakatan dan normalisasi ini, dan kami di sini hari ini untuk mempraktikkan normalisasi dalam kenyataan,” lanjutnya.

Baca juga: Vaksin Corona asal Israel Mulai Diuji Coba pada Manusia

Penerbangan reguler

Kini, UEA dan Israel telah menyetujui untuk segera membuka penerbangan komersial reguler yang mengubungkan kedua negara.

FlyDubai berencana memulai penerbangannya ke Tel Aviv pada akhir bulan ini.

Sebelum kesepakatan normalisasi ini tercipta pada September 2020.

Selama bertahun-tahun, Israel dan UEA adalah dua negara yang tidak membuka hubungan diplomatik.

Kesepakatan ini pun menjadikan UEA sebagai negara Arab keempat yang berdamai dengan Israel. Ketiga negara yang lain adalah Mesir, Yordania, dan Bahrain.

Namun, dalam perjanjian itu tidak dibahas soal konflik antara Israel dan Palestina yang sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Baca juga: Turki Sebut Uni Emirat Arab Munafik karena Berdamai dengan Israel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi