Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Corona Membuktikan Masuk Angin Ada

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/ PAULAPHOTO
Ilustrasi.
Editor: Heru Margianto

SHAKESPEARE melalui Romeo ketika merayu Julia di Verona mempertanyakan “What is in a name?”.

Ternyata Departemen Kesehatan (Depkes) Orde Baru (Orba) di Indonesia meyakini bahwa nama sangat amat penting untuk dilarang. Terutama nama warisan kearifan leluhur Nusantara yang dianggap takhayul atau klenik bahkan hoaks oleh kaum penjajah yang berasal dari peradaban bukan Nusantara.

Para petinggi Depkes Orba terdiri dari para dokter dan apoteker yang dididik berdasar kaidah peradaban Barat mewarisi hobi kaum penjajah yaitu melecehkan kearifan leluhur Nusantara maka serta merta juga memandang rendah jamu dan penyehat Nusantara.

Meski de facto sebelum para dokter dan apoteker datang ke Nusantara, jamu dan penyehat Nusantara sudah terbukti mampu menjaga kesehatan dan kebugaran nenek moyang bangsa Indonesia pada masa kerajaan Sriwijaya, Majapahit dan Demak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk angin

Maka Depkes Orba giat menyelenggarakan aksi memusnahkan segala sesuatu yang beraroma asli Nusantara seperti nama istilah masuk angin.

Ketika dipertanyakan kenapa harus dilarang maka dengan tegas para petinggi Depkes Orba represif menegaskan bahwa istilah masuk-angin tidak masuk akal sehat para ilmuwan kesehatan Barat yang yakin bahwa tidak ada orang sakit akibat kemasukan angin.

Tidak ada masuk angin sebab yang ada cuma keluar angin dalam bentuk kentut atau bersendawa lewat mulut. (Padahal logikanya apabila ada yang keluar pastinya ada yang masuk. Jika tidak ada yang masuk maka tidak ada yang keluar).

Maka hukumnya wajib bahwa istilah masuk angin harus dimusnahkan dari kamus kesehatan Indonesia akibat sama sekali tidak saintifik! Bahkan apa yang disebut sebagai jamu modern harus disantifikasikan sesuai kaidah sains bukan Timur tapi Barat.

Namanya juga negara bekas terjajah maka masih harus tunduk kepada peradaban penjajah meski sebenarnya Indonesia sudah merdeka.

Karena tidak berani akibat tidak boleh melawan Depkes Orba yang memang sangat diktator mirip penjajah, maka terpaksa saya tunduk dan manut mengikhlaskan nama produk Tujuh Angin yang sejak 1918 diwariskan oleh kakek saya TK Suprana untuk wajib dimusnahkan untuk diganti menjadi Sriangin dan Basmingin di mana kata “angin” tidak jelas tampak.

Syukur Alhamdullilah, Orde Baru diganti oleh Orde Reformasi di mana wewenang pemberian izin produksi termasuk izin nama produk ditangani oleh BPOM yang lebih berjiwa demokratis ketimbang Depkes Orba.

Dr Handrawan Nadesul 

Lalu tiba pula masa pagebluk Corona di mana sang begawan informasi kedokteran Dr Handrawan Nadesul nan tersohor itu sibuk bermurah hati berbagi informasi termutakhir tentang ilmu kedokteran terkait virus Corona.

Dr Nadesul memberikan informasi tangan pertama langsung kepada saya bahwa virus Corona bisa menular bukan hanya lewat sentuhan ragawi atau semprotan batuk atau bersin belaka.

Ternyata penyakit akibat virus Corona juga bisa menular secara jarak jauh sampai lebih dari 10 meter melalui udara yang hanya bisa bergerak apabila ada hembusan angin.

Pernyataan Dr Nadesul dibenarkan Prof DR Chairil Anwar Nidom dari Universitas Airlangga sebagai peneliti virus Corona terkemuka bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia kontemporer.

Seiring sejalan dengan keyakinan bijak Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia merangkap calon doktor filsafat jamu pertama di dunia Dr Inggrid Tania.

Berarti ilmu kedokteran termutakhir kini sudah terpaksa mengakui bahwa fenomena yang disebut masuk angin sama sekali bukan omong kosong atau hoaks bikinan kakeknenek moyang bangsa Indonesia!

Virus Corona membuktikan fenomena yang disebut sebagai masuk-angin bukan cuma khayalan romantisme namun memang benar-benar nyata hadir pada kenyataan kehidupan umat manusia.

Ternyata para leluhur bangsa Indonesia sejak dahulu kala sebelum peradaban Barat memaksakan diri masuk ke persada Nusantara sudah terlebih dahulu sadar bahwa sumber penyakit bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui angin.

Melalui istilah masuk angin terbukti bahwa peradaban Nusantara sudah lebih terlebih dahulu menyadari adanya penyakit akibat masuk angin ketimbang peradaban Eropa yang diberhalakan sebagai yang lebih “modern”.

Maka sudah tidak ada lagi alasan untuk melecehkan istilah masuk angin yang telah dibuktikan kemodernannya oleh virus Corona. Insya Allah, sudah tidak ada lagi alasan untuk melarang nama jamu Basmi Masuk Angin. Merdeka!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi